Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan Karena Flu dengan Cepat

Sponsors Link

Flu atau influenza sejatinya bukan sebuah penyakit yang parah tetapi memang cukup mengganggu. Ketika seseorang terserang flu, hampir seluruh badan menjadi tidak enak sehingga mengganggu rutinitas sehari-hari. Beberapa hal yang merupakan gejala dan juga efek samping ketika terserang flu adalah sakit kepala bahkan radang tenggorokan. Radang tenggorokan ini sendiri lebih menyakitkan karena menyulitkan penderitanya untuk makan dan minum. Maka tak heran bila kemudian penderitanya berusaha mencari cara menghilangkan sakit tenggorokan karena flu dengan cepat.

ads

Mengapa flu terkadang disertai dengan sakit tenggorokan yang begitu mengganggu? Hal ini mungkin menjadi pertanyaan beberapa orang yang merasa begitu tersiksa karena setiap kali menderita flu harus merasakan sakit tenggorokan yang tak kunjung sembuh.

Hal ini terjadi karena virus influenza itu sendiri sebenarnya langsung menyerang sistem pernafasan kita yang terhubung dengan area THT, yaitu telinga, hidung, dan tenggorokan. Virus ini akan memasuki tubuh melalui jaringan halus yang ada di hidung serta bagian belakang tenggorokan dan mungkin menimbulkan batuk berdahak hijau. Akibatnya, di area tenggorokan inilah terjadi iritasi hingga peradangan yang membuat penderitanya menjadi sulit menelan dan akhirnya turun nafsu makan. Ditambah, ketika penderita tidak melawan rasa sakit tersebut untuk makan dan minum, otomatis tenggorokannya menjadi semakin kering dan gatal, sehingga rasa sakit di tenggorokan untuk menelan justru semakin menjadi-jadi.

Mengatasi Radang Tenggorokan akibat Flu

Kondisi ini tentunya sangat mengganggu, bahkan untuk beberapa orang sampai membuat tubuh terasa lemas dan akhirnya tidak produktif mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Maka dari itu, flu ini harus segera ditangani. Memang ada dua alternatif, menggunakan cara alami (dari bahan-bahan alami) atau obat dokter bila ingin menghasilkan hasil yang cepat. Akan tetapi, mengonsumsi obat yang diberikan dokter pun tidak akan memberikan hasil yang optimal bila dalam diri sendiri tidak didukung untuk melawan penyakit itu, sehingga lebih baik jika Anda mengonsumsi obat batuk gatal tenggorokan tradisional plus perbaikan dari diri sendiri. Sehingga, selain meminum obat dokter sesuai anjuran, ada baiknya penderita juga melakukan beberapa penanganan pribadi sebagai berikut:

1. Banyak minum air hangat

Meskipun sakit, penderita harus berusaha sebisa mungkin untuk memperbanyak asupan cairan dalam tubuh dan usahakan meminum air hangat. Ini akan membuat tubuh terhindar dari dehidrasi sekaligus memastikan tenggorokan tetap basah sehingga mengurangi rasa gatal yang berujung pada perih. Selain itu, asupan cairan ini juga berfungsi dalam men-support organ tubuh untuk bekerja mengeluarkan racun sesuai fungsinya masing-masing. Perlu diingat juga bahwa ketika Anda mengonsumsi obat dokter untuk menyembuhkan flu, Anda juga harus semakin banyak minum guna menunjang fungsi ginjal tetap baik.

2. Kumur dengan air garam

Untuk membantu meredakan rasa sakit di tenggorokan yang sangat mengganggu. Air garam ini sudah dikenal mampu meredakan rasa gatal, meluruhkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan, dan juga mengurangi timbulnya iritasi oleh bakteri pada tenggorokan yang radang. Tetap gunakan air hangat ketika melarutkan garam untuk digunakan berkumur. Setidaknya lakukan ini dua kali sehari, apabila memang sangat mengganggu Anda bisa mengulangi seperlunya.

  • Campuran madu, lemon, dan jahe

dengan air hangat untuk alternatif penyembuh sakit tenggorokan akibat flu. Lemon kaya akan vitamin C yang akan membantu melawan bakteri dan virus yang menyebabkan flu maupun radang. Jahe akan berfungsi menghangatkan tenggorokan sehingga lebih menekan rasa gatal dan perih. Sedangkan madu dikenal sebagai peningkat imunitas tubuh sehingga penderita dapat segera memulihkan diri dari flu maupun radang tenggorokan. Campuran ini juga dikenal sebagai salah satu alternatif obat batuk terus-menerus pada anak maupun obat batuk berkepanjangan pada orang dewasa.

Sponsors Link

  • Merebus rempah-rempah untuk dihirup

Rempah-rempah yang digunakan bisa berupa cengkeh, jahe, kayu manis, dan rempah lainnya yang diinginkan seperti manfaat kencur untuk batuk berdahak. Setelah rempah-rempah direbus, gunakan uapnya untuk dihirup. Ini akan melegakan saluran pernafasan sekaligus mengatasi iritasi tenggorokan yang menyebabkan rasa gatal hingga perih.

Cara menghilangan sakit tenggorokan karena flu dengan ramuan tradisional untuk batuk berdarah ini memang tergolong cara-cara alami namun memiliki efek yang relatif cepat. Selain itu, alternatif ini tidak membawa dampak ketergantungan sehingga lebih aman dikonsumsi bahkan oleh anak-anak. Biasanya, alternatif alami ini lebih cepat menyembuhkan ketika Anda baru memasuki tahap awal flu dan sakit tenggorokan. Sehingga penting bagi Anda untuk sedini mungkin menyadari bila Anda sedang tertular flu untuk mendapatkan penanganan tepat secara alami daripada harus menggunakan obat-obatan kimia.

Pencegahan Radang Tenggorokan

ads

Perlu diketahui bahwa cara menghilangkan sakit tenggorokan karena flu ini sebenarnya juga merupakan bagian dari pencegahan radang tenggorokan yang mungkin muncul akibat penyebab lain. Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Selain melakukan alternatif di atas untuk mengobati radang tenggorokan, ada baiknya Anda juga menjaga kesehatan diri agar tidak tertular flu yang menjalar pada sakit tenggorokan. Beberapa hal berikut sekiranya penting untuk Anda lakukan agar terhindar dari flu maupun sakit tenggorokan.

1. Istirahat yang cukup

Tubuh Anda juga memerlukan waktu untuk beristirahat setidaknya 7 sampai 8 jam tidur malam dalam sehari. Ini bukan hanya soal mengumpulkan energi lagi untuk bekerja esok hari tetapi juga sebagai kesempatan tubuh dalam memperbaiki sel-sel yang rusak didukung oleh pola makan yang baik dan olah raga teratur.

2. Minum air mineral yang cukup

Sering kali dilupakan bahwa air mineral sangat penting dan sangat dibutuhkan tubuh. Maka setidaknya penuhi kebutuhan 2 liter air mineral setiap hari untuk menunjang aktivitas Anda melalui tubuh yang sehat dan fit. Konsumsi air mineral yang cukup juga akan membantu kinerja ginjal menjadi lebih optimal dan merawatnya tetap baik untuk investasi jangka panjang. Air mineral juga berfungsi sebagai cara meredakan hidung mampet dengan cara dihirup uapnya.

3. Perbanyak sayur dan vitamin, terutama di musim pancaroba

Flu kerap menjadi penyakit langganan ketika pergantian musim berlangsung. Maka Anda harus sigap dalam mengonsumsi makanan bergizi termasuk sayur dan vitamin dan makanan untuk penderita flu singapura. Penting bagi Anda mengeetahui dan menghindari daftar pantangan makanan saat batuk berdahak untuk tidak memperparah kondisi. Anda juga bisa meminum multivitamin bila diperlukan untuk menunjang aktivitas harian Anda.

4. Rebusan rempah-rempah untuk konsumsi harian

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Anda juga bisa meminum rebusan rempah-rempah setiap hari. Rempah-rempah tersebut bisa berupa jahe, cengkeh, atau kayu manis.

Ada banyak cara melindungi diri kita dari serangan flu terutama di musim pancaroba ini. Anda tinggal memutuskan apakah Anda lebih memilih untuk mencegah dan tetap sehat sehingga aktivitas harian tetap berjalan lancar atau harus menderita dulu untuk diobati dengan segala obat-obatan kimia yang berpotensi membuat Anda ketergantungan. Semuanya tergantung Anda. Tetapi ingat bahwa cara menghilangkan sakit tenggorokan karena flu ini diberikan hanya untuk membantu mengurangi rasa sakit yang mungkin muncul karena flu itu sendiri.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan