Sponsors Link

5 Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Daun Sirih Wajib Anda Coba

Sponsors Link

Batuk berdahak adalah salah satu batuk yang paling sering dialami oleh manusia. Batuk ini disebabkan oleh virus sehingga menghasilkan produksi lendir yang berlebihan atau yang dikenal dengan dahak. Selain itu dahak juga diakibatkan oleh kebiasaan buruk manusia yaitu terbiasa mengkonsumsi gorengan yang banyak mengandung minyak. Kandungan minyak ini dapat mengakibatkan radang tenggorokan sehingga memungkinkan menghasilkan lendir atau dahak pada tenggorokan.

ads

Dahak ini membuat pendertia merasa tidak nyaman dalam menjalankan aktifitas sehari – hari. Oleh sebab itu cara menyaembuhkan batuk berdahak salah satunya dengan mengeluarkan dahak. Ada beragam cara dalam mengelurkan dahak seperti cara tradsional yaitu dengan memanfaatkan daun sirih. Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap dan mendalam tentang cara mengeluarkan dahak dengan daun sirih.

Artikel terkait:

Daun sirih merupakan salah satu tumbuhan antibakteri karena daun ini mampu membunuh bakteri atau kuman. Daun sirih ini biasanya digunakan untuk pembersih organ intim wanita. Selain itu, daun sirih juga digunakan untuk membersihkan rongga mulut dari bakteri penyebab bau mulut atau penyakit mulut dan gigi lainnya. Namun, satu manfaat daun sirih yang sering dilupakan setiap orang yaitu mampu mengencerkan dahak dan mengeluarkan dahak. Manfaat inilah yang perlu Anda sosialisakan kepada semua orang sehingga mereka dapat mengeluarkan dahak saat mereka mengalami batuk berdahak.

Kandungan nutrisi daun sirih

Kemanfaatan suatu tanaman yang digunakan untuk pengobatan secara herbal maka harus mengetahui terlebih dahulu kandungan didalamnya. Oleh sebab itu untuk melihat manfaat daun sirih untuk kesehatan terutama dalam membantu mengeluarkan dahak, Anda harus memahami kandungan nutrisi daun sirih. Berikut ini kandungan nutrisi daun serih dalam setiap 100 g daun sirih, antara lain:

  • Energi 44 kkal
  • Air 85 g
  • Protein 3 g
  • Karbohidrat 6 g
  • Mineral 2 g
  • Serat pangan 2 g
  • Lemak 1 g
  • Potasium 550 mg
  • Kalsium 230 mg
  • Fosfor 40 mg
  • Zat besi 11 mg
  • Sodium 7 mg
  • Vitamin B1 (Tiamina) 0,15 mg
  • Vitamin B3 (Niasin) 0,7 mg
  • Vitamin B12 (Riboflavin) 0,25 mg
  • Vitamin C (Asam Askorbat ) 3 mg

Manfaat daun sirih untuk mengeluarkan dahak

Kandungan nutrisi daun sirih tersebut dipercaya mampu mengatasi batuk dengan cara mengeluarkan dahak. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi daun sirih maka dapat memenuhi asupan nutrisi tersebut untuk tubuh. Daun sirih memang telah terbukti dalam proses mengobati batuk dengan mengencerkan dahak, mengurangi produktifitas lendir sehingga lendir atau dahak mudah dikeluarkan dari tenggorokan.

Sponsors Link

Daun sirih ini juga mampu mengobati sakit tenggorokan seperti radang tenggorokan. Radang tenggorokan ini dapat mengakibatkan timbulnya dahak, sulit menelan makanan, sulit berbicara dan suara menjadi serak. Apabila dengan mengkonsumsi daun sirih maka akan dapat menghilangkan radang tenggorokan yang berujung pada hilangnya dahak atau keluarnya dahak dari tenggorokan.

Anda harus membaca artikel ini:

Cara mengeluarkan dahak dengan daun sirih

Dalam mengobati batuk dengan daun sirih harus diperhatikan beberapa hal agar dahak cepat keluar dan tidak menimbulkan efek samping, seperti takarannya atau ukurannya dan frekuensinya ( misal sehari 3 x). Oleh sebab itu, perlu cara khusus dlaam mengeluarkan dahak dengan daun sirih. Berikut ini cara mengeluarkan dahak dengan daun sirih, seperti dibawah ini.

ads
  • Pilih daun sirih yang segar dan bersih

Langkah dalam mengeluarkan dahak yaitu pertama – tama cari dan pilih daun sirih yang masih segar dan bersih. Apabila daun sirih tersebut belum bersih maka Anda dapat bersihkan dengan air mengalir dan yang penting adalah daun sirih tersebut masih segar dan tidak layu. Daun sirih yang masih segar dimaksudkan agar ramuan daun sirih ini tidak menimbulkan rasa yang terlalu pahit.

  • Gunakan air mendidih

Dalam mengeluarkan dahak maka masukan beberapa lembar daun sirih yang telah di pilih tadi ke dalam wadah yang berisi air dengan volume air kira – kira 500 ml. Selanjutnya nyalakan kompor dan rebus air yang berisi daun sirih tersebut. Pastikan air tersebut bersih sehingga tidak akan menyebabkan batuk Anda lebih parah lagi. Apabila airnya telah menunjukan mendidih dengan titik didih tertentu ( ditunjukan dengan warna air berubah menjadi kecoklatan ) maka Anda matikan kompor dan biarkan beberapa saat.

  • Saring air rebusan

Setelah air mendidih dan berubah warna menjadi coklat maka sebaiknya Anda tunggu beberapa menit agar air rebusan tersebut menjadi dingin. Apabila dirasa sudah dingin maka saring air rebusan tersebut ke dalam wadah yang lain. Hal ini dikarenakan agar sisa daun atau sisa – sisa kotoran yang menempel pada daun saat dibersihkan tersebut tidak ikut tercampur saat diminum. Baca juga  batuk pilek disertai diare.

  • Tambahkan madu dan lemon

Agar khasiatnya bertambah dan cepat sembuh batuknya atau dahaknya cepat keluar maka air saringan tersebut tambahkan denan madu dan lemon secukupnya. Seperti yang Anda ketahui bahwa madu sangat baik untuk kesehatan.  Madu membantu tubuh agar dapat melawan virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit karena madu mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Setali tiga uang dengan madu, lemon yang terkenal dengan kandungan vitamin C ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh terhindar dari penyakit akibat virus, bakteri dan kuman. Selain itu, madu dan lemon juga mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Oleh sebab itu, dengan menambahkan madu dan lemon pada air saringan daun sirih tersebut diharapkan mampu mempercepat mengeluarkan dahak dari tengggorokan

  • Minum segera selagi hangat

Setelah langkah cara mengeluarkan dahak dengan daun sirih diatas dijalankan, langkah yang terakhir adalah minum segera selagi hangat, karena dalam keadaan hangat kandungan daun sirih masih baik dan terasa tidak terlalu pahit. Apabila air rebusan daun sirih tersebut tidak langsung diminum maka rasa air rebusan tersebut menjadi sangat pahit. Selain itu dalam keadaan hangat akan mampu mempercepat dahak keluar dari tenggorokan karena air hangat mampu melegakan tenggorokan. Kami sarankan Anda untuk membaca  obat herbal batuk sesak nafas.

Demikian penjelasan singkat namun mendalam tentang cara mengeluarkan dahak dengan daun sirih. Bagi Anda yang sekarang terkena batuk berdahak dan dahak sulit keluar maka sebaiknya Anda mengikuti langkah cara tersebut agar dahak Anda mudah keluar. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan