Sponsors Link

Sering Bersin Dan Mata Gatal: Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Seseorang yang terindikasi mengalami ciri-ciri flu berat biasanya akan ditandai dengan sering bersin dan mata gatal. Dan terkadang dalam beberapa kasus juga ditemukan bahwa kondisi ini juga akan disertai dengan keluarnya lendir dari mulut. Meskipun sebenarnya bersin merupakan sebuah kondisi yang wajar karena sistem kekebalan tubuh kita akan mengeluarkan zat yang dianggap berbahaya, namun jika kita sering mengalami bersin maka hal ini mengindikasikan bahwa kemungkinan kita menderita penyakit tertentu.

ads

Penyebab Sering Bersin dan Mata Gatal

Perlu anda tahu bahwa sebenarnya ada banyak hal yang menyebabkan seseorang sering bersin da mata gatal dimana penjelasan ini sudah pernah kita bahas sebelumnya pada penyebab sering flu karena memang kondisi ini tidak jauh berbeda.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda tentang apa saja yang menyebabkan seseorang mengalami sering bersin dan mata gatal serta bagaimana langkah – langkah yang harus anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Kurang Minum

Penyebab pertama seseorang sering bersin dan mata gatal adalah karena kurang minum. Tubuh kita sangat memerlukan air karena akan membantu dalam proses metabolisme. Air juga merupakan komponen yang sangat penting untuk membantu melancarkan sirkulasi darah, pencernaan, dan juga membantu dalam sistem sekresi.

Seseorang yang kekurangan air akan menyebabkan ia mengalami beberapa kondisi yang tidak diinginkan, salah satunya adalah akan membuatnya mengalami dehidrasi. Jika seseorang mengalami dehidrasi maka dampaknya akan membuat racun yang ada di dalam tubuh akan sulit untuk dikeluarkan. Selanjutnya, kondisi ini akan membuatnya sering mengalami bersin dan juga mata gatal sehingga anda harus selalu memenuhi kebuthan cairan anda setiap hari dan jangan sampai mengalami kekurangan cairan yang hanya akan merugikan diri anda.

2. Mengkonsumsi Gula Secara Berlebihan

Penyebab yang kedua seseorang sering bersin dan mata gatal adalah karena mungkin saja dia sering mengkonsusmi gula dalma jumlah yang berlebih. Meskipun sebenarnya kebiasaan ini seoalah – olah biasa saja, namun jika anda lakukan dalam jangka waktu yang lama dan malah semakin sering, maka tentu bisa membuat anda mengalami penyakit tertentu yang tidak anda inginkan.

Beberapa penelitian juga sudah membuktikan bahwasanya mengkonsusmi gula dalam jumlah banyak akan membuat kemampuan sel darah putih menjadi menurun sehingga akan membuatnya mudah terkena bakteri, virus, maupun gangguan lainnya. Ada juga kasus yang menemukan bahwa akibat dari sering mengkonsumsi gula dalam jumlah berlebihan akan membuat orang tersebut sering bersin dan mengalami mata gatal. Maka dari itu, anda harus berhati – hati dalam mengkonsusmi gula dan jangan sampai berlebihan karena akan membahayakan kesehatan anda.

3. Sering Stres

Penyebab lain dari sering bersin adalah karena ia sering mengalami stres maupun depresi. Mungkin banyak dari anda yang belum tahu bahwasanya seseorang yang sering mengalami stres atau depresi akan membuatnya sering bersin dan juga mata gatal.

Alasannya karena stres dan depresi diketahui bisa membuat sistem kekebalan tubuh anda akan menurun sehingga membuat anda rentan terserang berbagai macam penyakit seperti suara hilang karena batuk berdahak dan juga penyakit lain yaitu batuk kering setelah flu.

4. Asma

Sponsors Link

Asma juga bisa menjadi salah satu penyebab seseorang menderita sering bersin dan mata gatal. Asma merupakan salah satu penyakit jangka panjang yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit ini ditandai dengan adanya penyempitan pada saluran pernapasan sehingga akan membuat seseorang yang menderita asma akan kesulitan untuk bernapas.

Meskipun penyebab pasti seseorang menderita asma masih belum diketahui, namun asma merupakan salah satu penyakit berbahaya yang harus anda waspadai karena bertahan dalam waktu yang lama dan pengobatannya pun juga lumayan sulit.

5. Sinusitis

Penyebab selanjutnya dari sering bersin dan mata gatal adalah karena kemungkinan anda mengalami sinusitis. Sinusitis merupakan sebuah penyakit saluran pernapasan dimana tubuh anda memproduksi lendir dalam jumlah yang banyak sehingga akan menumpuk pada rongga sinus yang aslinya berfungsi sebagai tempat pertukaran udara.

Lendir tersebut kemudian akan menginfeksi sehingga akan menyebabkan hidung anda terasa gatal. Jika sinusitis tersebut menyerang mata seperti sinusitis maksilaris, maka akan menyebabkan mata anda terasa gatal. Sinusitis juga tergolong ke dalam salah satu penyakit pernapasan yang berbahaya sehingga anda harus segera melakukan pengobatan secepatnya agar tidak semakin parah. Beberapa pengobatan untuk sinusitis seperti yang telah kita bahas bersama – sama pada pengobatan sinusitis akut atau sinusitis maksilaris.

Pengobatan Sering Bersin dan Mata Gatal

ads

Di bawah ini akan kami berikan beberapa informasi penting tentang bagaimana langkah – langkah yang harus anda lakukan untuk mengobati kondisi anda tersebut. Pengobatan yang akan kita berikan adalah menggunakan bahan – bahan tradisional sehingga tidak akan menimbulkan efek samping yang parah.

Akan tetapi, jika pengobatan yang kami berikan ini tidak kunjung menunjukkan hasil yang positif, maka kami sarankan agar supaya anda segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan secepatnya sehingga anda tidak sampai menderita kondisi yang lebih parah.

1. Perbanyak Minum

Pengobatan awal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sering bersin dan mata gatal adalah dengan memperbanyak minum air putih. Seperti informasi yang sudah kita jelaskan bahwa air putih memiliki fungsi untuk membantu mencegah terjadinya dehidrasi dan juga penumpukan lendir yang bisa menyebabkan anda mengalami sering bersin.

Selain itu, dengan memperbanyak minum air putih maka sistem kekebalan tubuh anda akan semakin lama semakin meningkat. Yang harus anda lakukan adalah dengan memperbanyak minum air putih minimal 8 gelas perhari tapi lebih disarankan untuk lebih dari 8 gelas. Meskipun akibatnya akan membuat anda sering pergi ke kamar mandi, namun kondisi ini tidak bermasalah karena hanya dilakukan sampai penyakit anda sembuh.

2. Minum Jahe

Pengobatan lain yang bisa anda coba adalah dengan memanfaatkan jahe. Jahe merupakan salah satu rempah – rempah yang khasiatnya sudah bisa kita ragukan lagi karena memiliki berbagai manfaat di dalam dunia kesehatan. Salah satu pengobatan yang sering memanfaatkan jahe adalah pengobatan yang berhubungan dengan saluran pernapasan seperti batuk, pilek, bersin, dan juga flu.

Pengobatan menggunakan jahe memang sudah dilakukan sejak jaman dahulu dan memang terbukti khasiatnya sampai saat ini. Untuk langkah – langkah pengobatan menggunakan jahe sangat mudah. Anda hanya perlu memotong jahe yang sebelumnya sudah anda cuci, kemudian anda masukkan ke dalam air panas. Aduk perlahan – lahan sampai airnya berubah warna.

Anda hanya perlu meminumnya secara rutin minimal dua kali dalam sehari untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

3. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C merupakan senyawa yang sangat anda butuhkan ketika anda mengalami masalah yang berhubungan dengan saluran pernapasan seperti bersin, pilek, maupun juga batuk. Vitamin C nantinya akan berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda sehingga akan mampu melawan penyabab dari kondisi yang anda alami tersebut.

Vitamin C juga akan bermanfaat untuk meredakan lendir yang menumpuk di tenggorokan maupun hidung anda yang menyebabkan anda mengalami sering bersin. Disarankan untuk mengkonsusmi buah – buahan seperti jeruk dan juga stroberi secara rutin guna semakin mendapatkan khasiatnya.

4. Istirahat Yang Cukup

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sering bersin juga bisa disebabkan karena anda mengalami stres dan depresi. Stres yang dialami bisa dikarenakan banyaknya pikiran atau kegiatan yang menguras tenaga dan konsentrasi anda sehingga membuat anda sering bersin.

Sponsors Link

Seseorang yang sering bersin akan membuatnya mudah lelah karena tenaganya sudah dikeluarkan untuk bersin sehingga membuatnya capek padahal tidak melakukan aktivitas yang berlebihan. Maka dari itu, biasanya untuk pengobatan awal selain disuruh banyak minum air putih, anda juga disarankan untuk banyak – banyak meluangkan waktu anda untuk beristirahat. Denga beristirahat, maka sistem kekebalan tubuh anda akan kembali pulih sehingga anda akan terlihat lebih segar dan tidak lesu.

5. Terapi Air Panas

Pengobatna terakhir yang bisa anda lakukan utnuk mengatasi sering ebrsin dan mata gatal adalah dengan memanfaatkan air panas. Cara ini sudha dilakukan sejak jaman dahulu untuk membantu mengobati berbagai masalah seperti pilek berkepanjangan, flu, dan juga sinusitis juga disarankan untuk diobati dengan terapi uap air panas tersebut.

Mungkin anda juga sudah tahu bahwa nanti air panas akan berperan dalam membuat badan anda menjadi hangat serta mampu meredakan lendir yang menyebabkan anda sering bersin. Disarankan untuk mandi air panas minimal satu kali dalam sehari. Dan juga terapi lainnya yang bisa digunakan yakni dengan meneteskan air hangat yang sudah anda campurkan dengan garam ke dalam hidung anda. Dan sebenarnya cara ini menggunakan alat yang berbentuk seperti ketel namun dalam ukuran yang kecil.

Yang harus anda lakukan adalah dengan memasukkan beberapa tetes air hangat yang sudah dicampur dengan garam ke dalam hidung anda. Lakukan minimal dua kali sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal. Jika anda ingin mengetahui cara lengkap tentang pengobatan dengan terapi ini, maka kami sarankan anda untuk membaca inforamsi seperti hidung tersumbat setelah operasi sinusitis.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semuanya. Jika belum menunjukkan tanda – tanda kesembuhan, maka anda harus segera menghubungi dokter untuk segera mendapatka penanganan secara intensif.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan