Sponsors Link

4 Khasiat Lemon untuk Sinusitis Sembuh Tanpa Kambuh

Sponsors Link

Penyakit sinusitis merupakan penyakit pernafasan yang mengganggu organ pernafasan utama, yaitu hidung. Sinusitis menyebabkan rongga hidung mengalami peradangan, sehingga banyak tertutupi cairan dan membuat pernafasan terganggu. Ketika mengalami sinus, pasien biasanya akan merasakan sakit di area mata serta dahinya. Selain itu, tidak sedikit juga pasien yang mengeluh karena merasakan sakit di area wajah dan mengalami pusing. Kita bisa manfaatkan khasiat madu untuk sinusitis agar segera sembuh.

Dalam artikel kali ini, kita akan mengetahui khasiat binahong untuk sinusitis  serta membahas tentang khasiat lemon untuk sinusitis yang dapat membantu pasien sinus agar segera pulih. Lemon merupakan buah yang dikenal banyak mengandung vitamin C tinggi serta banyak manfaatnya bagi tubuh manusia.  Khasiat tersebut, salah satunya adalah untuk mengurangi peradangan pada hidung sebagai penyebab dari sakit sinus muncul. Timbul pertanyaan, bagaimana lemon bisa berkhasiat untuk sinusitis?

Khasiat Lemon untuk Sinusitis

Buah lemon yang digunakan untuk mengobati penyakit sinus memang tidak bisa dikonsumsi secara langsung, tetapi harus diolah terlebih dulu menjadi satu ramuan yang lebih mudah dikonsumsi oleh pasien. Selain itu, agar manfaat yang didapatkan untuk kesembuhan semakin maksimal, diperlukan tambahan beberapa bahan alami lainya, misalnya seperti manfaat kencur untuk sinusitis yang alami.

Umumnya, pasien hanya perlu menyiapkan air perasan lemon ke dalam cangkir, kemudian tambahkan air panas. Tunggu hingga air lemon tersebut agak dingin. Tambahkan bahan tambahan seperti madu (satu sendok), (dua tetes) cuka apel. Setelah ramuan tercampur, minum air tersebut secara rutin minimal 3 kali sehari. Selain itu, orang yang terkena sinus juga dapat melakukan terapi dengan menghirup uap panas, agar lubang hidungnya lebih lega dan sakit karena sinus lebih berkurang.

Adapun beberapa khasiat lemon untuk sinusitis sebagai berikut:

  • Melawan Bakteri dan Virus

Dengan mengkonsumsi ramuan vitamin C tadi, maka bakteri penyebab sinus yang jika dibiarkan akan terus menginfeksi kondisi rongga hidung akan dilawan oleh vitamin C. Vitamin C juga membantu melawan virus penyebab sinus yang dapat mengganggu pernafasan pasien. Hasilnya, sakit yang disebabkan karena sinus akan berkurang, seiring dengan berkurangnya infeksi atau peradangan yang terjadi.

  • Mengurangi Peradangan dan Alergi

Awalnya, sinus mulai menyebabkan sakit dan mengganggu pernafasan ketika peradangan semakin hebat terjadi di dalam rongga hidung, atau pasien yang bersangkutan ternyata memiliki alergi terhadap sesuatu yang tidak sengaja tercium oleh hidungnya, sehingga membuat sakit sinusnya semakin menjadi. Dengan konsumsi ramuan lemon yang tinggi vitamin C, dapat membantu mengurangi peradangan yang semakin parah karena alergi.

  • Mencegah Bakteri dan Virus Penyebab Sinus

Seperti kita ketahui bahwa seseorang yang terkena sinus, mungkin saja dalam kondisi sistem imun yang sedang menurun, sehingga rentan sekali terkena virus dan bakteri  yang masuk pada area rongga hidung. Dengan rajin mengkonsumsi ramuan lemon, Anda mendapatkan khasiat untuk mencegah bakteri serta virus penyebab sinus datang kembali. Kandungan vitamin B1 dalam buah lemon, dapat mencegah penyebaran bakteri.

  • Melegakan Pernafasan

Dengan berbagai kandungan seperti vitamin C, kalsium, vitamin B1 dan zat penting lainya yang terkandung dalam buah lemon, pasien akan merasa lebih bebas saat bernafas dan pernafasan jauh lebih lega dibandingkan saat sinusitis masih melanda serta mata bengkak karena sinus yang juga menyebabkan sakit.

Pengobatan alami untuk sinusitis memang cukup efektif dan dapat mencegah agar sakit sinusnya tidak kambuh lagi. Dengan mengambil khasiat lemon untuk sinusitis secara alami, hasil yang didapatkan juga akan maksimal dan pasien mengalami kesembuhan secara bertahap dengan lebih aman dan nyaman.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan