Sponsors Link

6 Cara Mengobati Pilek Pada Bayi 3 Bulan yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Keadaan bayi memang masih rentan terkena beragam penyakit terlebi lagi di usia yang masih belia sekitar 3 bulan. Kondisi sistem imun bayi yang belum terbentuk secara sempurna membuat bayi  masih sensitif terutama mudah tertular penyakit ringan seperti pilek. Meskipun secara medis, pilek adalah penyakit ringan dan mudah disembuhkan namun ini sangat membuat para ibu merasa khawatir dan kasian terhadap bayinya. Pilek membuat bayi sangat kesulitan dalam bernafas sehingga membuat bayi sering menangis.

ads

Hal ini yang membuat para orang tua untuk mencari solusi dalam mengobati bayi usia 3 bulan ketika terkena pilek. Pengobatan pada bayi tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena tubuh bayi masih dalam proses pembentukan. Apabila dilakukan pengobatan sembarangan atau disamakan dengan pengobatan kepada orang dewasa maka akan dampat berdampak domino berupa munculnya gangguan kesehatan lainnya. Artikel ini akan dibahas secara mendalam tentang cara mengobati pilek pada bayi 3 bulan.

Pada bayi memang mudah dalam terkena penyakit namun kewajiban orang tua harus mengetahui faktor pemicu pilek pada bayi sehingga orang tua dapat menghindari penyebab tersebut dari jangkauan bayi. Berikut ini faktor pemicu pilek pada bayi 3 bulan, seperti dibawah ini.

  1. Menghirup asap rokok
  2. Tertular dari orang yang pilek
  3. Tidak mendapatkan ASI ekslusif, kondisi seperti ini dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga bayi mudah tertular virus, bakteri atau kuman penyebab flu dari pendertita.

Artikel terkait:

  • Penyebab Sering Flu

Gejala Pilek pada Bayi 3 Bulan

Kondisi bayi 3 bulan yang belum dapat berbicara mengharuskan setiap orang tua untuk cerdas dalam menganalis apa yang dialami bayinya. Salah satu cara menganalisa kondisi kesehatan bayi di usia 3 bulan harus paham gejala dari suatu penyakit terssebut seperti gejala pilek pada bayi 3 bulan. Berikut ini beberapa gejala atau tanda – tanda bayi 3 bulan mengalami pilek, antara lain:

  • Bersin terus – menerus, keadaan bayi yang sering bersin- bersin sebagai tanda bahwa bayi tersebut akan muncul pilek. Bersin – bersin ini muncul sesaat sebelum bayi terkena pilek.
  • Batuk terus – menerus, selain sering bersin kondisi bayi 3 bulan juga sering batuk dengan durasi yang lama. Kondisi intensitas batuk yang tinggi mengakibatkan nafsu makan bayi berkurang. Hal ini dikarenakan batuk yang disebabkan radang tenggorokan akan membuat bayi sakit dalam menelan makanan.
  • Demam, salah satu gejala ini sangat berbahya karena bayi yang terkena pilek biasanya mengkibatkan suhu tubuh bayi meningkat dan menyebabkan demam tinggi. Keadaan ini juga mengakibatkan bayi susah bernafas serta terdengar suara seperti mengi ketika bayi bernafas.

Cara Mengobati Pilek Pada Bayi 3 Bulan

Dalam pengobatan bayi harus dilakukan secara hati – hati karena usianya masih 3 bulan yang secara medis masih rentan terhadap serangan virus, bakteri serta microorganisme lainnya yang mengancam bayi tersebut. Pengobatan yang tepat dan benar itulah yang harus dilakukan oleh setiap orang tua dalm mengobati pilek pada bayi 3 bulan, seperti dibawah ini:

1. Terapi uap alami

Diharapkan dengan menghirup uap pada makanan atau minuman panas akan mamapu meredakan pilek pada bayi usia 3 bulan. Caranya ambil makanan panas ( sup panas ) atau minuman panas ( air panas) dekatkan wadah yang berisi makanan atau minuman tersebut ke wajah bayi yang terkana pilek, namun jangan terlalu dekat yang akan berdampak pada kesehatan bayi tersebut. Selanjutnya biarkan bayi tersebut menghirup uap air tersebut yang dipercaya sebagai cara ampuh mengobati pilek. Terapi ini akan mampu melegakan hidung dan sistem pernapasan. Hal ini dikarenkan terapi uap ini dapat mengencerkan ingus sehingga ingus mudah keluar.

2. Menghangatkan tubuh bayi

Sponsors Link

Salah satu faktor pemicu pilek pada bayi 3 bulan yaitu alergi terutama alergi suhu dingin. Dalam megobati pilek karena alergi harus dilakukan menghilangkan atau mengurangi alergen penyebab alergi. Sebagai contoh, apbila bayi Anda mengalami alergi dingin maka Anda sebagi orang tua harus menghangatkan tubuh bayi seperti dengan memaikan pakaian tebal atau minuman yang dapat menghangatkan badan bayi Anda.

3. Mengatur posisi tidur bayi

Salah satu cara dalam mengobati pilek pada bayi 3 bulan yaitu memperbaiki paosisi tidur bayi Anda. Keadaan tidur yang nayaman akan membuat bayi mudah dan lancar dalam bernafas. Caranya ketika hidung bayi tersumbat bagian kiri maka Anda dapat hadapkan bayi ke arah samping kanan dan sebalinya. Cara ini dipercaya mampu meringakan pilek bayi.

4. Berikan ASI eklusif

Salah satu masukan makanan pada bayi 3 bulan yaitu ASI. Apabila bayi mengkonsumsi cukup ASI akan dapat meningkatkan daya tahan bayi sehingga bayi tidak mudah terkena penyakit pilek.

Sponsors Link

5. Bersihkan lingkungan dan cuci bersih benda bayi

Virus atau bakteri penyebab pilek ini sangat senang di lingkungan atau tempat yang lembab dan kotor. Cara yang tepat dalam menjaga kesehatan terutama pada bayi 3 bulan yaitu bersihkan lingkungan serta cuci bersih benda yang berhubungan dengan bayi seperti alat makan bayi, pakaian bayi, tempat tidur bayi bahkan mainan bayi. Cara ini akan menghindarkan dari perkembangan virus dan bakteri penyebab pilek.

6. Orang tua harus juga menjaga kesehatan

Memang tidak dipungkuri kondisi kesehatan bayi terletak pada kesehatan orang terdekatnya seperti orang tuanya. Oleh sebab itu, dalam mengobati pilek pada bayi 3 bulan mengharuskan orang tua tetap menjaga kesehatan.

Kami juga sarankan Anda membaca tentang:

Demikian penjelasan secara singkat namun mendalam tentang cara mengobati pilek pada bayi 3 bulan. Apabila Anda memiliki bayi yang masih 3 bulan mengalami pilek maka sebaiknya Anda sebagai orang tua dapat mencoba mengobati pilek bayi 3 bulan seperti penjelasan diatas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (baca juga: Penyebab Pilek Berkepanjangan Pada Anak –  Cara Mengobati Pilek Pada Bayi).

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan