Sponsors Link

8 Obat Tradisional Batuk Pilek dan Radang Tenggorokan Aman Digunakan

Sponsors Link

Penyakit demam yang disertai batuk pilek dapat diobati dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan obat tradisional demam batuk pilek pada anak. Karena biasanya anak kecil rawan terkena efek samping obat. Sehingga dengan obat herbal tradisional akan lebih aman dan berkhasiat jika diberikan pada anak-anak. Mungkin tidak semua tahu macam-macam obat tradisional yang sering diberikan jika anak demam disertai gejala anak susah makan akibat batuk pilek. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa macam obat tradisional demam batuk pilek pada anak yang aman digunakan.

ads

1. Uap Minyak Kayu Putih

Jika pernafasan anak tersumbat, coba berikan minyak kayu putih dalam baskom dan campur dengan air panas. Berikutnya minta anak menghirup uapnya selama beberapa menit. Biasanya cara ini efektif untuk mengeluarkan lendir dan batuk berdahak disertai nyeri dada sehingga saluran pernafasan dapat kembali lega dengan sendirinya.

2. Sari Kencur

Banyak yang tidak paham jika manfaat kencur untuk batuk berdahak dapat berguna untuk mengatasi batuk secara alami. Selain itu cara mengolahnya tidak susah. Dengan memberikan sari kencur maka gejala batuk berdahak yang dialami anak akan mereda dengan sendirinya.

3. Sop Ayam Jahe

Sop ayam jahe adalah salah satu jenis makanan yang dikenal dapat digunakan sebagai obat tradisional demam batuk pilek pada anak yang  lezat dan aman. Jahe dapat berfungsi sebagai antibiotik alami bagi tubuh anak dalam melawan ciri-ciri influenza. Sedankan ayam mengandung protein tinggi yang menutrisi otak sehingga tubuh cepat sehat dan pulih dengan segera.

4. Jeruk Nipis Hangat

Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu dengan memberikan jeruk nipis hangat dapat membantu pemulihan tubuh anak dari penyakit batuk karena masuk angin secara maksimal dan meningkatkan daya tahan tubuh secara optimal.

5. Air Putih

Minum air putih minimal delapan gelas sehari sangat berguna untuk membantu mempercepat pemulihan. Dengan jumlah cairan yang cukup maka tubuh akan terhindar dari dehidrasi serta virus flu disertai mata berair dalam tubuh akan dibuang melalui urin.

6. Parutan Bawang Merah

Jika anak batuk disertai demam tinggi maka cara tradisional yang dapat dilakukan yaitu dengan mengusapkan parutan bawang merah di punggung dan dada anak. Dengan demikian anak akan merasa hangat dan demam dapat turun secara alami.

7. Buah Lohan

Buah lohan telah dipercaya sejak lama dapat menyembuhkan batuk pilek disertai diare. Selain itu sari buah ini dapat membantu mengeluarkan dahak serta melegakan pernafasan karena gejala alergi dan hidung tersumbat. Konsumsi sari buah lohan sehari dua kali akan membantu mempercepat kesembuhan pada anak secara alami.

8. Daun Eukaliptus

Ekstrak daun eukaliptus dapat membantu meredakan gejala batuk sesak nafas dan hidung tersumbat. Aromanya yang mirip menthol akan membantu melegakan serta mengeluarkan dahak dari tenggorokan maupun paru-paru. Oleh sebab itu dengan memakai minyak ekstrak daun eukaliptus bermanfaat untuk kondisi demam yang disertai batuk pilek.

Demikian beberapa obat tradisional demam batuk pilek pada anak yang aman digunakan serta minim efek samping. Dengan memilih obat-obatan herbal, maka penyakit demam penyebab batuk pilek disertai mata belekan pada anak akan dapat mereda secara alami. Sehingga kesehatan anak akan pulih seperti sedia kala serta aktivitas anak sehari-hari dapat kembali normal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan