Sponsors Link

14 Cara Mengobati Pilek Bertahun- Tahun Secara Alami

Sponsors Link

Pilek merupakan jenis penyakit ringan yang umumnya dialami oleh segala usia, baik anak-anak hingga dewasa. Pilek atau bisa disebut juga nasofaringitis atau selesma biasanya diidentikan dengan keadaan cuaca yang dingin serta orang yang terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi es. Sebenarnya, pilek sendiri merupakan penyakit menular yang penyebabnya adalah virus Human rhinovirus (HRV) yang berinkubasi sinusitis kambuh setelah operasi  dalam tubuh penderitanya.

ads

Seseorang yang sedang pilek, berarti sedang mengalami infeksi pada beberapa saluran pernafasan seperti hidung, tenggorokan serta saluran pernafasan bagian atas. Penyembuhan untuk pilek biasanya cukup dengan mengkonsumsi obat atau mengoleskan obat luar hangat pada tubuh. Namun, ternyata pilek juga bisa menjadi parah, bahkan tidak kunjung sembuh hingga waktu bertahun-tahun. Jika hal ini terjadi pada Anda, bisa jadi ini merupakan gejala penyakit lainya yang perlu diwaspadai.

Pilek dan Gejala Awalnya

Seseorang yang sedang pilek, awalnya mengalami beberapa gejala khusus. Ketika sedang pilek, orang tersebut cenderung sulit untuk bernafas atau merasa sesak. Tidak hanya dalam kegiatan sehari-hari, sulit bernafas juga dirasakan orang yang pilek ketika hendak tidur. Berikut ini gejala- gejala gejala batuk rejan yang biasanya muncul sebelum pilek seperti :

  • Pasien akan bersin terus menerus
  • Pasien juga mengalami batuk-batuk
  • Hidung akan mengeluarkan cairan (ingus) setiap kali bersin
  • Mengalami hidung tersumbat
  • Keadaan badanya menjadi kurang sehat
  • Terkadang suara menjadi parau atau serak

Pilek yang umumnya dialami sebagian besar orang dan sembuh dalam waktu yang cukup singkat, memiliki siklus tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini siklus masa inkubasi virus hingga menjadi pilek:

Virus HRV masuk ke tubuh manusia – berinkubasi selama 2 hingga 3 hari – Muncul gejala pilek – Pilek mengalami keadaan parah (setelah 2 hingga 3 hari) – gejala berangsur akan pulih – sembuh total (waktu penyembuhan bervariasi).

Gejala-gejala pilek lainya juga dapat muncul pada penderita, namun jarang dialami. Gejala pilek yang jarang dialami pasien, namun bisa saja dialami oleh Anda,  seperti berikut:

  • Mengalami demam
  • Mengalami sakit kepala
  • Indera penciuman dan pengecapan menjadi kurang maksimal
  • Merasakan nyeri tenggorokan
  • Merasa gatal di area tenggorokan
  • Membuat mata berair ketika berusaha menghirup nafas
  • Kehilangan nafsu makan

Pilek Bertahun- Tahun

Umumnya penyakit pilek yang dialami pada masa tertentu hidung tersumbat saat tidur  akan segera pulih dalam waktu 3 hari hingga 1 minggu setelah mengkonsumsi obat. Namun, pilek juga bisa menjadi penyakit yang cukup berbahaya, jika ternyata setelah bertahun-tahun tidak kunjung sembuh. Pilek yang menahun biasanya tidak dialami pasien setiap hari, namun pilek akan menyerang semaunya. Jika hampir setiap bulan Anda mengalami pilek, bisa jadi ini merupakan tanda penyakit lain.

Penyakit lain yang dimaksud merupakan suatu penyakit yang masih berhubungan dengan saluran pernafasan yang mengalami infeksi. Pilek seperti ini biasanya tidak kunjung sembuh hingga waktu 2 minggu bahkan lebih. Beberapa penyakit dibawah ini menjadi indikasi pilek makanan pencegah batuk  yang menahun, berikut ulasanya:

  • Alergi

Pilek yang menahun tidak kunjung sembuh, ternyata bisa disebabkan oleh alergi terhadap sesuatu. Seseorang yang memiliki alergi pada debu, kotoran hewan piaraan, makanan serta jenis alergi lainya berisiko terkena penyakit pilek menahun. Alergi terjadi karena sistem imun seseoran bereaksi dengan allergen. Kemudian, sel akan melepas zat histamine dan menimbulkan gejala pilek.

Pilek yang penyebabnya adalah alergi biasanya akan diawali dengan bersin-bersin yang cukup sering, batuk hingga hidung meler. Beberapa gejala tersebut muncul secara langsung, bila orang tersebut terkena atau bersentuhan dengan objek penyebab alergi secara langsung.

  • Sinusitis

Orang yang mengalami pilek yang cukup lama dan efek samping minum susu saat batuk  tidak kunjung sembuh, biasanya sering divonis memiliki penyakit Sinusitis. Sinusitis sendiri merupakan peradangan yang terjadi pada pembengkakan suatu jaringan dinding pada saluran pernafasan yang saling terhubung. Sinusitis akan menyebabkan hidung tersumbat serta berisi cairan karena bakteri, jamur serta virus yang menyebabkan infeksi.

Orang yang mengalami penyakit Sinusitis merasakan sakit di sekitar hidung dan matanya. Hidung juga akan berlendir dan mengeluarkan cairan berwarna kekuningan. Gejala sinusitis di awal sama dengan gejala pilek biasa, hanya saja durasi waktu pileknya lebih lama.

Sponsors Link

  • Polip di Hidung

Polip merupakan suatu penyakit pilek yang kronis, sebab bukan anak makan es krim saat batuk pilek hanya hidung yang mengalami infeksi, tetapi ada pembengkakan juga di bagian saluran antara sinus dan hidung. Untuk mengetahui apakah kita terkena polip hidung, yaitu kita akan mengalami hidung tersumbat disertai lendir yang menetes ke bagian belakang tenggorokan. Jika saat tidur seseorang mendengkur, hal itu juga merupakan gejala awal dari polip hidung.

Polip hidung juga akan membuat hidung tersumbat dalam waktu lama, sehingga menimbulkan pilek menahun. Gangguan lainya yang muncul berupa indera penciuman yang terganggu, sleep apnea hingga merasakan seperti penuh pada rongga kepala.

Pilek menahun yang dialami seseorang, bisa diindikasikan merupakan gejala penyakit seperti di atas. Pilek yang muncul di saat –saat tertentu dalam jangka waktu bertahun-tahun cukup mengganggu orang yang mengalaminya. Sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk selalu flu saat menstruasi  penanganan medis lebih lanjut.

Cara Mengobati Pilek Bertahun-Tahun

Pilek ringan maupun pilek yang bertahun-tahun dialami, dapat diatasi dengan beberapa cara alami. Hal ini dapat menjadi alternatif, jika pengobatan secara medis belum bisa maksimal. umumnya, jika seseorang terkena pilek biasa, dari mulai hidung tersumbat hingga mengeluarkan lendir, dapat diatasi dengan cara:

  • Konsumsi Obat Bebas Untuk Pilek

Untuk meredakan pilek yang membuat nafas nafas menjadi kurang nyaman, kita bisa membeli obat pilek untuk dewasa hingga anak-anak dari apotek atau warung tertentu yang menjual obat tersebut secara bebas. Umumnya, jenis obat yang dikonsumsi adalah yang memiliki kandunga Ibuprofen dan Paracetamol. Sebaiknya, bacalah dengan teliti petunjuk pemakaian dari obat-obat tersebut, agar tidak membuatnya semakin parah.

  • Konsumsi Suplemen yang Mengandung Vitamin C dan Zinc

Vitamin C serta Zinc, biasanya menjadi alternatif cara untuk membantu menyembuhkan pilek yang sedang dialami. Vitamin C dapat meningkatkan sistem imun tubuh, serta zat zinc yang dapat membantu untuk membunuh virus di area tenggorokan dan di bagian saluran pernafasan lain, agar tidak mudah terkena pilek dan hidung tersumbat.

  • Teteskan larutan Garam

Anak-anak serta bayi yang mengalami gejala hidung tersumbat dan pilek ini, ternyata dapat diatasi juga dengan menggunakan larutan garam. Caranya, larutan garam ini diteteskan ke area hidung.

  • Konsumsi Permen Menthol

Pilek juga secara perlahan dapat diobati dengan mengkonsumsi permen menthol. Menthol yang terdapat pada permen tersebut  berfungsi untuk melegakan pernafasan. Dengan begitu, bernafas akan jauh lebih baik meski sedang pilek.

Sponsors Link

Beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk membantu meringankan penyakit pilek bertahun-tahun yang dialami, sebagai berikut:

  • Penggunaan Saline (semprotan hidung) untuk saluran pernafasan di hidung. Saline biasanya memiliki kandungan berupa air sebanyak 400 ml, ditambahkan dengan 1 sendok garam, 1 sendok teh soda bikarbonat
  • Pada pilek bertahun-tahun yang disebabkan karena sinusitis,  Pasien juga ada yang membeli obat pereda nyeri, untuk meredakan nyeri karena infeksi di sekitar area hidung
  • Mengkonsumsi obat yang mengandung dekongestan tidak lebih dari seminggu
  • Mengkonsumsi obat Kortikosteroid, yang memiliki fungsi untuk mengurangi serta mencegah terjadinya peradangan
  • Melakukan Imunoterapi (bagi penderita pilek menahun karena alergi), untuk menghindari reaksi tubuh yang berlebihan terhadap zat penyebab alergi
  • Tindakan operasi kecil juga dapat dilakukan, jika keadaanya sudah cukup parah, sehingga harus dilakukan operasi agar pasien tetap dapat bernafas dengan baik

Masih ada cara alami lainya yang jauh lebih aman untuk mencegah dan mengobati pilek bertahun-tahun. Cara alami ini bahkan bisa dilakukan di rumah. Berikut ulasanya:

  • Manfaatkan Uap Air

Pilek menahun dapat diatasi dengan uap air. Uap air yang terhirup hidung tersumbat tapi tidak ada ingus  oleh hidung, dapat membersihkan kelebihan lendir penyebab pilek menahun. Uap air yang disarankan adalah air panas yang sudah dicampur dengan tetesan minyak kayu putih seta mentol.

  • Manfaatkan Kunyit

Kunyit banyak ditawarkan sebagai obat alami yang ampuh mengatasi berbagai keluhan penyakit, termasuk pilek yang menahun. Kunyit sebagai anti inflamasi, anti oksidan serta antivirus dan bakteri untuk penderita. Kunyit dapat dicampurkan pada susu panas dan uap airnya dihirup langsung.

  • Manfaatkan Jahe

Jahe yang sering dijadikan bagian dari bumbu masak ini, juga memiliki manfaat sebagai antioksidan dan antivirus juga antitoksik untuk membantu meredakan hidung yang sedang pilek. Gunakan potongan kecil jahe yang sudah ditaburi garam, lalu kunyah langsung beberapa kali.

  • Manfaatkan Bawang Putih

Bawang putih juga merupakan bumbu masak untuk masakan yang bersifat antibakteri serta antiseptic. Hal tersebut tentunya cocok untuk penderita pilek yang sudah menahun. Siapkan 4 siung bawang putih, lalu cincang dan rebus bersama sedikit air gula. Konsumsi secara teratur untuk hasil maksimal.

Ketika terserang pilek, kita seharusnya segera mendeteksi mengenai gejala awal terjadinya pilek tersebut. Jika ternyata pilek dan hidung tersumbat yang dialami tidak kunjung sembuh setelah lebih dari 2 minggu, maka langkah selanjutnya adalah memeriksakan hal tersebut pada dokter ahli. Pilek yang cukup lama dialami, dapat dicegah dan di atasi secara alami. Pilek bertahun-tahun merupakan tanda penyakit saluran pernafasan yang berbahaya jika dibiarkan.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan