Sponsors Link

4 Cara Memijat Hidung Bayi Yang Tersumbat yang Aman dan Benar

Sponsors Link

Saat bayi susah bernafas dan tidak dapat tidur, sebaiknya segera atasi dengan cara memijat hidung bayi yang tersumbat. Karena saat saluran pernafasan terganggu, tentu ini otomatis mengganggu waktu tidur bayi juga. Padahal bayi membutuhkan banyak waktu untuk tidur. Namun akibat batuk pilek serta hidung tersumbat, acara tidur bayi tidak dapat berjalan nyenyak dan membuat bayi berulang-ulang terbangun lantas rewel dan menangis.

ads

Cara Memijat

Kondisi tersebut di atas tentunya bukan kondisi yang baik bagi bayi dan harus segera diatasi. Namun memang bisa dilihat bahwa tidak banyak informasi yang menyediakan cara dan teknik yang tepat untuk memijat hidung bayi yang sedang mengalami sumbatan. Sehingga seringkali banyak orang tua yang bingung serta tidak memahaminya.

Akhirnya memilih menggunakan jasa terapis pijat khusus bayi untuk melakukan hal tersebut dengan harga yang lumayan mahal. Padahal sebenarnya hal ini bisa dipelajari dengan mudah. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini cara memijat hidung bayi yang tersumbat paling efektif beserta manfaatnya jika dilakukan saat bayi sedang menderita penyebab flu tidak kunjung sembuh termasuk gangguan hidung tersumbat.

1. Menggunakan Tangan

Apabila hidung bayi yang tersumbat ternyata tidak seberapa parah, maka dapat dilakukan pemijatan secara langsung tanpa bantuan alat apapun. Dengan kata lain dapat dipijat langsung dengan tangan supaya sumbatan pada hidung bayi dapat terurai dengan baik.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan jika memijat hidung tersumbat tapi tidak ada ingus. Pertama gosok perlahan hidung bayi dari arah atas ke bawah. Usahakan bahwa posisi bayi bukan dengan posisi telentang melainkan dalam posisi tengkurap. Sehingga ingus dapat lebih mudah turun saat dipijat. Lakukan pijatan dengan perlahan dan hati-hati agar tidak melukai kulit dan hidung bayi. Lakukan berulang hingga seluruh ingus sudah dikeluarkan.

2. Dengan Alat Bantu

Jika bayi mengalami hidung tersumbat sebelah parah, sebaiknya bantu juga dengan menggunakan alat penyedot ingus yang ada banyak di pasaran. Caranya dengan menyedot ingus dengan alat sambil kemudian memijat pelan hidung bayi dari arah atas ke bawah.

Hal ini dapat dilakukan dengan posisi bayi sedang duduk. Supaya lebih mudah untuk memasukkan lat dan memijat ke bawah. Lakukan dengan sangat hati-hati atau sebaiknya saat bayi sedang tidur. Supaya tidak beresiko melukai lapisan dalam hidung bayi. Dengan demikian maka batuk pilek serta flu pada bayi dapat segera diatasi.

3. Dibantu Terapi Uap

Cara memijat hidung bayi yang tersumbat selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan dibantu oleh terapi uap. Cukup tuangkan minyak kayu putih di baskom dan campur dengan air panas. Biarkan bayi menghirup uap tersebut hingga ingus keluar dengan perlahan.

Lantas pijat perlahan untuk membantu mempermudah ingus keluar. Jika bayi terbatuk jangan lupa juga untuk memijat bagian punggung bayi untuk membantu mengeluarkan dahak secara maksimal. Sehingga dengan demikian batuk berdahak hanya malam hari dan sumbatan hidung bayi dapat segera berlalu.

4. Dengan Bantuan Minyak 

Sponsors Link

Cara lain bisa dengan menggunakan bantuan minyak pijat. Untuk bayi sebaiknya gunakan minyak telon yang hangat atau minyak bayi yang lembut dan tidak beresiko. Usapkan minyak di punggung dan dada bayi terlebih dahulu. Lantas pijat bagian tubuh bayi tersebut dengan perlahan hingga bayi terasa nyaman. Langkah terakhir biarkan bayi dalam posisi telungkup dan pijat area dahi hingga hidung ke bawah. Dengan demikian maka batuk berdahak disertai hidung tersumbat dapat berkurang secara perlahan-lahan.

Manfaat Memijat Hidung Bayi

Dengan melakukan pemijatan pada hidung bayi, maka ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh, antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Melakukan terapi alami yang lebih aman dan tanpa efek samping, sehingga tidak membahayakan kondisi bayi yang masih rentan mengalami alergi atau efek samping dari obat-obatan tertentu. Dengan memijat maka dapat dilakukan tanpa bantuan obat-obatan keras sehingga akan menjadi lebih aman pada bayi.
    Sponsors Link

  • Dapat bekerja langsung sebagai cara mengatasi hidung bayi tersumbat. Sehingga bayi dapat segera bernafas lega dan tidak menangis atau rewel kembali. Karena pijatan yang dilakukan umumnya dapat membantu segera mengeluarkan ingus yang tersumbat atau mampet di hidung supaya tidak menghambat jalannya pernafasan.
  • Bayi dapat tidur dengan nyenyak kembali karena proses bernafas kembali normal. Sehingga asupan oksigen juga tidak mengalami gangguan yang dapat membuat bayi rewel tidak bisa tidur nyenyak. Dengan pijatan sekaligus membantu memberikan kualitas tidur bayi yang lebih nyenyak dan tenang sehingga bayi dapat memiliki waktu tidur yang lebih panjang sesuai yang dibutuhkan.
  • Dengan pijat alami maka membantu supaya tumbuh kembang bayi tidak mengalami hambatan. Karena hidung yang tersumbat otomatis membuat asupan oksigen ke otak bayi berkurang. Jika terjadi terus menerus akibatnya tumbuh kembang termasuk pertumbuhan otak bayi mengalami gangguan dan tidak dapat berjalan dengan maksimal.

Demikian beberapa cara memijat hidung bayi yang tersumbat yang dapat dengan mudah diterapkan saat bayi sedang mengalami gangguan batuk yang menyebabkan sesak nafas. Jika berbagai macam cara untuk mengatasi hal tersebut telah dilakukan namun tidak berhasil, segera bawa bayi ke dokter untuk mendapat pengobatan yang lebih optimal. Sehingga tidur bayi kembali nyenyak dan tidak ada resiko mengganggu tumbuh kembang bayi setiap harinya.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan