Sponsors Link

5 Obat Batuk Disertai Demam yang Ampuh

Sponsors Link

Obat batuk disertai demam biasanya diperlukan untuk langkah pengobatan penyakit pra flu atau influenza. Keluhan batuk disertai demam biasanya merupakan salah satu gejala dari ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) yang diakibatkan infeksi bakteri atau virus di area saluran pernafasan. Keluhan batuk disertai demam juga umumnya dialami anak-anak yang akan tenggorokan sakit saat menguap terserang sakit flu.

ads

Batuk disertai demam juga dapat dialami seseorang jika sedang mengalami daya tahan tubuh yang menurun. Menurunya daya tahan tubuh tersebut dapat diakibatkan  kelelahan , kekurangan nutrisi  hingga stress dan lain sebagainya. Batuk dan demam juga menjadi pertanda seseorang tenggorokan berlendir setelah makan  akan terserang sakit flu berat.

Penyebab Batuk dan Demam

Terjadinya perubahan cuaca yang ekstrem akhir-akhir ini dapat menyebabkan daya tahan tubuh sebagian orang  menurun dan cenderung merasa tidak sehat dan mudah terserang batuk dan demam. Batuk disertai demam biasanya muncul karena beberapa faktor. Penyebab yang dialami orang dewasa dan anak-anak bisa berbeda. Adapun penyebab batuk disertai demam vitamin untuk flu umumnya terjadi karena:

  • Sakit asma, asma yang dialami orang dewasa terjadi karena gangguan saluran pernafasan yang menyempit. Efek yang ditimbulkan berupa batuk mengi hingga demam
  • Alergi, seseorang yang mengalami alergi terhadap makanan atau suhu udara tertentu juga menimbulkan gejala demam juga batuk.
  • Influenza, merupakan gejala flu yang sudah akut dengan gejala batuk dan demam tinggi. Selain itu, influenza juga menyebabkan pilek dan hidung tersumbat
  • ISPA, infeksi saluran pernafasan juga menimbulkan gejala batuk dan demam karena serangan bakteri atau virus yang menginfeksi saluran nafas di area paru-paru

Cara Mengobati Batuk yang Disertai Demam

Batuk merupakan gejala penyakit ringan yang biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam hitungan hari. Jika batuk yang terjadi disertai demam yang cukup tinggi, maka kita masih bisa melakukan pengobatan sederhana dari rumah. Beberapa hal yang dapat cara mengatasi batuk saat puasa dilakukan seperti:

  • Berisitirahat denga cukup serta menghindari aktifitas fisik yang terlalu berat untuk menurunkan demam yang tinggi
  • Berikan obat untuk penurun demam yang disesuaikan dengan dosis yang dianjurkan
  • Banyak minum air putih sebagai pengganti cairan tubuh saat batuk dan demam
  • Menghindari hal-hal yang dapat memicu batuk alergi seperti debu dan asap rokok

Obat Batuk Disertai Demam

Setelah melakukan langkah pengobatan di rumah, namun gejala batuk disertai demam masih terjadi dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan medis untuk mengetahui penyebab utamanya. Dokter biasanya akan memberikan obat antibiotic pada pasien batuk setelah minum air dingin yang menderita keluhan batuk dan demam.

Jika Anda lebih suka melakukan pengobatan secara alami, maka beberapa obat herbal dibawah ini dapat direkomendasikan :

  • Jahe, tanaman obat ini dapat membantu mengobati demam dan batuk serta pilek karena mengandung minyak stsiri yang menjadi anti virus alami
  • Larutan garam, larutan mineral garam ini juga efektif untuk atasi batuk karena bakteri dan virus serta demam
  • Madu, madu cukup sering digunakan sebagai obat alami untuk penurun panas juga ampuh meredakan batuk
  • Jeruk nipis dan kecap, ramuan ini cukup efektif dalam membantu meredakan batuk serta menurunkan demam

Seseorang yang mengalami batuk disertai demam sebaiknya lebih banyak beristirahat di rumah. Selain itu, menghindari hal-hal pemicu batuk disertai demam juga dapat memaksimalkan proses penyembuhan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan