Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan Terbukti Paling Cepat

Sponsors Link

Dahak adalah zat kental dan lengket yang menempel di tenggorokan ketika kita sedang sakit, terutama ketika sedang sakit flu atau batuk. Namun sedikit orang yang mengetahui bahwa sepanjang waktu sebenarnya kita menyimpan lendir di tubuh kita. Membran mucus memproduksi lendir untuk melindungi antara lainsistem pernapasan, dan lendir tersebut ada di sekitar mulut, hidung, tenggorokan, saluran sinus dan paru – paru. Lendir berupa zat lengket yang bisa memerangkap debu, alergen, dan virus, sehingga ketika bersin keluar lendir dari mulut itu sangat mungkin terjadi.

ads

Ketika Anda sehat, lendir hanya berupa zat tipis dan hampir tidak terasa. Ketika Anda sakit atau terekspos terlalu banyak partikel pada sistem pernapasan, maka lendir bisa mengental dan lebih terlihat karena usaha tubuh untuk memerangkap partikel  – partikel asing tersebut, itulah yang disebut dahak. Lendir atau dahak merupakan bagian yang sehat dari sistem pernapasan kita, namun ketika kita sedang sakit memang dapat membuat tubuh terasa tidak nyaman. Untuk itu, harus dilakukan cara untuk mengeluarkannya dari tubuh kita.

Mengatasi Lendir Berlebih di Tenggorokan

Ketika produksi lendir sedang berlebih, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh infeksi pernapasan dan sinus, pilek dan flu, alergi atau zat iritan seperti asap, bahkan polusi lingkungan semuanya memicu perubahan pada lendir yang dapat membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari – hari. Lendir di tenggorokan akibat asam lambung juga bisa terjadi. Cara menghilangkan lendir di tenggorokan dan hidung dapat dilakukan untuk meringankan pernapasan. Beberapa bahan alami ini dapat membantu Anda untuk mengatasi hidung tersumbat karena lendir berlebih:

1. Meniup hidung

Ini tentunya cara yang paling sederhana yang diketahui semua orang untuk mengeluarkan lendir dari tenggorokan dan hidung. Namun Anda harus memastikan untuk melakukannya dengan benar atau cara ini akan menyebabkan beberapa masalah.

Bersihkan satu lubang hidung saja bergantian dengan meniupnya lembut. Meniup terlalu keras bisa menyebabkan pembukaan kecil pada sinus yang bisa mendorong iritan serta bakteri lebih jauh ke dalam tubuh. Gunakan tisu atau lap bersih dan cuci tangan Anda setelahnya.

2. Minuman hangat

Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan air minum yang hangat. Tidak saja membuat nyaman pada cuaca dingin, namun air hangat, teh herbal dan air lemon akan membantu melepaskan dahak di dada dan saluran hidung, juga menjadi cara mengeluarkan lendir di tenggorokan. Sebuah penelitian menyatakan orang yang mengonsumsi air hangat akan segera merasakan hidung dan tenggorokannya menjadi lega, berkurangnya batuk, bersin, sakit tenggorokan, kedinginan dan kelelahan.

3. Penguapan

Terapi uap telah digunakan selama bertahun – tahun untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan efektif serta aman. Bernapas dalam uap dapat mengencerkan lendir dan dahak sehingga bisa keluar dari tubuh lebih cepat, juga menjadi cara mengeluarkan lendir sinusitis. Rebus air di dalam ceret dan segera pindahkan ke dalam baskom tahan panas setelah mendidih.

Anda bisa menambahkan dua sendok herbal kering dan segar seperti rosemary, thyme, mint, lavender atau eucalyptus atau bahkan beberapa tetes minyak esensial murni. Selubungkan handuk ke atas kepala Anda lalu membungkuklah ke arah baskom, tutupi baskom dengan handuk untuk menahan uap tetap di tempat. Ambil  napas dan hembuskan di atas uap selama 10 menit.

4. Menjaga kelembaban ruangan

Menambahkan kelembaban ekstra di udara pada rumah Anda akan membantu untuk mengencerkan lendir di hidung dan juga menjadi cara mengeluarkan lendir di hidung bayi. Hal ini bisa dicapai dengan menggunakan humidifier. Memiliki mesin humidifier merupakan satu hal yang sangat penting karena penumpukan bakteri  di ruangan rumah hanya akan memperparah kondisi penyakit dan membuat pembentukan lendir semakin banyak, juga membuat batuk keluar lendir putih. Anda dapat membersihkan alat humidifier dengan cuka secukupnya, air dan tea tree oil.

5. Gunakan neti pot

Sponsors Link

Cara menghilangkan lendir di tenggorokan dan hidung ini bisa digunakan dengan pengobatan Ayurveda tradisional yang menggunakan teko kecil untuk melakukan irigasi saluran hidung untuk membersihkan sinus dan saluran pernapasan dengan air berbahan dasar air garam.

Cara membuat air garam yaitu dengan mencampurkan satu cangkir air mendidih atau air suling, setengah sendok teh garam dan setengah sendok teh baking soda. Gunakan larutan ini pada neti pot untuk mengeluarkan lendir dan iritan keluar dari lubang hidung.

6. Kompres hangat

Untuk cara menghilangkan lendir di tenggorokan dan hidung berikutnya, tempatkan kompres hangat pada area yang terkena. Basahkan handuk kecil dengan air hangat cenderung panas, peras lalu tempelkan di atas mata, hidung dan pipi lalu biarkan selama 3 menit. Ulangi cara ini 2-6 kali sehari sampai semua lendir sudah hilang.

7. Mengonsumsi pelega napas

Cobalah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung lemon, jahe dan bawang putih. Bahan – bahan ini adalah beberapa bukti  yang dapat membantu mengobati pilek, batuk dan kelebihan lendir. Makanan pedas yang mengandung capsaicin seperti cabai merah dan cabai rawit juga dapat membantu membersihkan sinus sementara dan mengalirkan lendir.  Beberapa bahan lain yang telah terbukti dapat mencegah atau mengobati penyakit pernapasan dan mengatasi lendir di tenggorokan susah keluar yaitu:

  • Akar manis (licorice)
  • Ginseng
  • Beri – berian
  • Delima
  • Teh jambu
  • Suplemen zinc
  • Echinacea

8. Mengubah posisi bantal

ads

Tidur dengan kepala dalam posisi lebih tinggi merupakan cara yang bagus untuk melegakan saluran hidung dan menjaga tidur malam tetap nyenyak, yang sangat penting untuk melawan infeksi. Dengan tidur meninggikan posisi bantal, Anda juga akan mencegah lendir masuk ke paru – paru yang dapat menyebabkan batuk yang mengganggu dan menyakitkan, juga mencegah tinnitus, yaitu penyumbatan sebelah lubang hidung.

9. Membatasi ekspos terhadap iritan

Hidung berair atau tersumbat bisa disebabkan oleh apa saja yang mengganggu dan memicu alergi atau peradangan pada jaringan hidung. Itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk waspada terhadap pemicunya dan menghindarinya jika memungkinkan. Untuk banyak orang, jenis iritan tersebut seperti asap dalam bentuk apapun, residu kimia, atau perubahan suhu yang tiba – tiba. Polutan lain yang bisa menyebabkan pertambahan dahak termasuk debu dari saluran udara, kabut, debu, bulu binatang dan kotoran lain.

10. Berkumur

Cara kuno untuk menghilangkan lendir di tenggorokan dan hidung adalah dengan berkumur air garam. Tambahkan setengah sendok garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur di kerongkongan Anda. Ulangi proses ini setiap jam untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Garam akan menarik air keluar dari membran mukus dan membantu membersihkan dahak atau lendir, juga menenangkan tenggorokan yang sakit. Anda juga dapat berkumur dengan teh sage. Rebus air secukupnya dan tambahkan 4 sendok makan sage kering. Biarkan menyerap selama 4 jam, saring dan gunakan untuk berkumur.

11. Akupresur

Dengan melakukan tekanan manual pada titik – titik tertentu di tubuh, para praktisi akupresur yakin bahwa titik energi tubuh akan terstimulasi dan mendorong penyembuhan. Anda bisa mencoba cara ini, namun ingatlah untuk melakukannya dengan bantuan ahli akupresur dan tidak dilakukan sembarangan.

12. Makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat dan menu seimbang akan membantu tubuh melawan infeksi apapun yang dapat menyebabkan pembentukan dahak, dan juga mengencerkan dahak dan melegakan pernapasan. Faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa menu makanan yang tinggi akan sodium, daging dan karbohidrat dapat meningkatkan lendir sementara makanan yang mengandung banyak serat, buah, sayur dan kedelai dapat membatasinya. Makanan yang harus dihindari antara lain:

  • Telur
  • Ikan
  • Daging dan unggas
  • Produk susu dan coklat
  • Alkohol
  • Garam dan makanan mengandung tinggi garam
  • Roti putih, pasta putih dan nasi putih
  • Cake dan pastry
  • Kopi dan soda

Sedangkan makanan yang aman untuk dikonsumsi adalah sup, air dan minuman hangat, kedelai, kacang – kacangan lain dan lentil, buah dan sayuran segar, gandum, pasta gandum, roti gandum dan produk mengandung gandum lainnya, bawang putih dan bumbu rempah serta herbal lainnya.

13. Menggunakan obat gosok

Sponsors Link

Obat gosok yang dioleskan ke dada dan tenggorokan juga dapat membantu sebagai cara menghilangkan lendir dari tenggorokan. Obat gosok berupa balsem atau minyak yang mengandung kayu putih atau eucalyptus dapat meringankan batuk serta menghilangkan lendir. Anda dapat menggosok tenggorokan dan dada tiga kali sehari.

14. Menggunakan dekongestan

Dekongestan merupakan obat yang dijual bebas yang dapat digunakan untuk cara menghilangkan lendir dari tenggorokan. Obat ini dapat menghilangkan lendir yang keluar dari hidung Anda yang dapat menyebabkan sesak pada dada. Dekongestan bekerja dengan mengurangi pembengkakan di hidung dan membuka jalan napas sehingga tenggorokan juga tidak tersekat dengan lendir. Dekongestan dapat Anda temukan dalam bentuk tablet, kapsul, sirup atau cairan, bubuk, dan semprotan hidung.

15. Mengonsumsi ekspektoran

Anda juga dapat mengonsumsi ekspektoran untuk menghilangkan lendir yang menempel di tenggorokan dengan menipiskan lendir dan menghilangkannya. Pengobatan ini biasanya bekerja untuk waktu 12 jam, namun Anda perlu mengikuti aturan pakai atau anjuran dokter.

Jika Anda memiliki masalah lendir berlebih yang berkelanjutan walaupun telah melakukan cara menghilangkan lendir dari tenggorokan dan hidung, misalnya lebih dari 7 hari dengan lendir atau dahak dan gangguan pernapasan parah. Mungkin Anda mengalami infeksi pada sinus atau dada. Dalam kasus ini tentunya sangat penting untuk segera menemui dokter dan mengetahui penyebabnya dengan pasti. Gejala lain dari infeksi termasuk demam atau lendir yang berwarna kehijauan dan berbau. Jika melihat darah pada lendir setiap kali batuk, itu adalah pertanda yang sangat jelas untuk segera mencari bantuan medis.

, , ,