Sponsors Link

5 Cara Mengobati Pilek Bayi 2 Bulan Agar Cepat Sembuh

Sponsors Link

Pilek memang bisa dialami oleh siapapun dan tidak pandang usia, namun sering sekali terjadi pada bayi. Mengapa? Karena sistem kekebalan pada bayi masih belum sempurna jika dibandingkan dengan orang dewasa dan hal inilah yang membuatnya mudah terserang berbagai macam penyakit.

ads

Dan bahkan ada bayi yang baru berusia 2 bulan, namun sudah terkena pilek. Tentu perawatan untuk bayi akan berbeda dan cenderung lebih sulit dibandingkan dengan mengobati pilek pada anak – anak atau bahkan orang dewasa. Mengapa? Karena bayi yang berusia 2 bulan tidak bisa melakukan apapun dan sangat bergantung kepada orang lain, dalam hal ini yaitu orang tuanya.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda tentang bagaimana cara mengobati pilek bayi 2 bulan yang harus anda perhatikan dengan seksama karena cara ini akan sangat membantu ketika nanti anda menemukan bahwa anak anda menderita pilek sehingga anda tidak sampai kebingungan.

1. Memberikan ASI

Cara mengobati pilek bayi 2 bulan yang pertama adalah dengan memberinya ASI atau Air Susu Ibu. Perlu anda tahu bahwa ASI selain berfungsi sebagai asupan makanan bayi, namun air susu ibu juga memiliki manfaat lainnya yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga berfungsi sebagai obat alami.

Beberapa manfaat air susu ibu adalah mampu mengatasi dehidrasi bayi sehingga tidak akan menyebabkan pilek yang dialami bayi tersebut tidak sampai semakin parah. Selain itu itu, dengan kandungan antibiotik yang ada di dalam ASI, maka bayi akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang semakin lama semakin membaik. Maka dari itu, jika bayi anda mengalami pilek maka yang harus anda lakukan adalah dengan memberikan ASI secara eksklusif kepada bayi anda karena hal ini merupakan sebuah pengobatan alami sekaligus pertolongan pertama.

2. Memberikan Susu Formula

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan susu formula. Namun pengobatan ini hanya boleh dilakukan jika bayi anda memang sudah benar – benar bisa menerima susu formula. Perlu anda tahu bahwa susu formula memang di dalamnya tidak mengandung zat yang berfungsi sebagai antibiotik yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, namun dengan susu formula maka bisa mencegah bayi anda mengalami dehidrasi.

Ketika bayi anda mengalami dehidrasi maka bisa menyebabkan pilek yang ia alami akan semakin parah. Maka dari itu, pengobatan menggunakan susu formula jjuga merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan sehingga bayi anda tidak sampai menderita pilek yang parah.

3. Menggunakan Humidifier Pada Ruangan Bayi

Penggunaan humidifier memang sangat diperlukan agar supaya bisa membuat bayi anda tidur dengan nyenyak meskipun pada waktu itu kondisi bayi anda tidak dalam kondisiy yang baik. Kami juga menyarankan agar supaya anda menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih maupun juga bisa menggunakan minyak telon untuk humidifier.

Nantinya suhu hangat yang dikeluarkan dari humidifier serta aroma yang tentu sangat menenangkan bisa membuat bayi anda bisa tidur dengan nyenyak dan juga ia tidak sampai membuatnya menangis. Dan jika misalnya di ruangan bayi menggunakan AC, maka disarankan untuk mengatur suhu pada AC sehingga membuat bayi anda tidak sampai kedinginan.

Sponsors Link

4. Membersihkan Hidung Bayi Dari Lendir

Mungkin anda sudah mengetahui bahwa bayi yang masih berusia 2 bulan akan menggunakan hidung sebagai saluran utama pernapasannya. Ia masih belum bisa membiasakan diri untuk sementara menggunakan mulutnya sebagai cara bernapas ketika hidungnya sedang tersumbat atau mampet.

Dan ketika ia menderita pilek, maka kondisi ini akan membuatnya tidak bisa tidur. Sementara itu, bayi yang baru lahir memang harus disuruh posisi telentarang karena posisi ini memang merupakan posisi yang dianjurkan sementara berdsarkan 5 Posisi Tidur Saat Pilek, posisi telentaang merupakan salah satu posisi yang dilarang.

Oleh sebab itu, tidak ada cara lain lagi bagi anda kecuali harus membersihkan hidung bayi dari segala lendir atau ingus yang menyebabkan sulitnya bernapas. Jika kondisi ini dibiarkan malah akan membuat hidung bayi anda akan mengalami peradangan atau inflamasi yang nantinya juga khawatir akan menyebabkan Batuk Setelah Radang Tenggorokan.

Sponsors Link

Untuk caranya sendiri adalah anda harus meneteskan air secara perlahan dan sedikit ke dalam hidung bayi lalu posisikan bayi anda miring, atau lebih aman anda mengeluarkan ingus bayi menggunakan alat khusus yang memang berfungsi mengeluarkan ingus bayi.

5. Posisi Kepala Bayi Harus Agak Tinggi

Cara mengobati pilek bayi dua bulan yang terakhir adalah dengan memposisikan kepala bayi sedikit lebih tinggi ketika tidur. Hal ini sebenarnya memiliki kegunaan untuk membuat bayi anda lebih nyaman ketika tidur karena seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa bayi akan kesulitan untuk tidur ketika ia menderita pilek.

Posisi ini juga berfungsi untuk mengalirkan lendir atau ingus bayi sehingga akan membuat bayi anda bisa bernapas dengan baik.  Disarankan untuk mengganjal kepala bayi dengan handuk dan bukan dengan bantal. Mengapa? Karena hal tersebut malah membuat bayi tersebut tidak bisa bernapas dengan baik.

Demikian informasi yang bisa kami jelaskan. Untuk semakin menambah wawasan anda, maka kami sarankan agar supaya anda membaca cara mengobati ingus berwarna coklat, cara mengobai batuk darah, serta tentang bagaimana cara mengobati pilek berhatun – tahun.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan