Sponsors Link

Kenapa Bersin Setiap Pagi dan Malam? Bagaimana Pengobatannya?

Sponsors Link

Kondisi pagi dan malam hari merupakan kondisi yang memiliki kelembaban rendah dan bersuhu dingin. Kondisi seperti ini memang rentan terhadap terkena flu atau sejenisnya. Bersin adalah gejala dari penyakit flu. Bersin ini dapat terjadi di pagi hari, sore hari dan malam hari. Setiap penyakit pasti terdapat penyebab dan cara pengobatan yang berbeda – beda, termasuk bersin – bersin setiap pagi dan malam. Pada artikel ini akan dibahas tuntas dan mendalam tentang pertanyaan kenapa bersin setiap pagi dan malam? bagaimana pengobatannya?.

ads

Kondisi sistem kekebalan tubuh yang menurun merupakan faktor yang bisa menjadikan mudah bakteri atau virus masuk ke tubuh manusia. Untuk menjaga kesehatan harus meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti mengkonsumsi makanan bergizi secara teratur, beroloahraga secara teratur dan istirahat yang cukup. Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap penyebab dan cara mengobati bersin setiap pagi dan malam hari.

Kenapa bersin setiap pagi dan malam ?

Banyak faktor yang menyebabkan bersin – bersin di pagi dan malam hari. Pada umumnya kondisi ini disertai dengan pilek, hidung berair dan mampet, mata berair dan hidung gatal – gatal. Beberapa faktor yang menyebabkan bersin – bersin setiap pagi dan malam, antara lain:

1. Rhinitis vasomotor

Kondisi ini terjadi saat sistem saraf dan otot yang mengatur pembuluh darah untuk melebar dan menyepit mengalami pembengkakan yang disebabkan oleh pengaruh udara yang terlalu kering, perubahan suhu drastis, suhu udara dingin, perubahan kelembangan, pemanas ruangan, terlalu kecapekan dan stres.

2. Reaksi alami tubuh

Kondisi malam dan pagi hari saat tubuh tertitur maka suhu pada tubuh akan menurun, sehingga seseorang ketika bangun akan mengalami bersin – bersin dan hal ini merupakan suatu kondisi tubuh yang normal.

3. Tubuh terlalu sensitif

Setiap orang memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda – beda. Salah satunya ada orang yang sensitif terhadap suhu udara dingin. Hal ini berakibat ketika udara malam dan pagi hari di sekeliling orang tersebut bersuhu dingin maka orang tersebut berpotensi untuk bersin – bersin.

4. Silia

Atau yang dikenal sebagai bulu hidung ini bertugas untuk mengeluarkan kotaran beserta lendir akan memperlambat pergerakannya pada saat orang tertidur. Ketika orang tersebut bangun pada malam dan pagi hari maka berpotensi untuk bersin – bersin sebagai upaya untuk mengeluarkan kotoran dan lendir tersebut.

5. Rhinitis alergi

Kondisi ini dipengaruhi oleh genetik alias keterunan. Seseorang yang memiliki garis keturanan yang alergi terhadap alergen tertentu maka dia berpotensi untuk bersin – bersin. Contoh, orang tersebut alergi terhadap debu, tungau debu atau bulu binatang ketika terhirup maka orang tersebut akan bangun dan bersin – bersin. Alergen tersebut bisa terhirup karena menempel di kasur, selimut, bantal atau guling. Pada kondisi tertidur tidak sadar bahwa orang tersebut mengirup alergen yang telah menempel tersebut.

Pada dasarnya jika bersin – bersin pada pagi dan malam hari berlangsung 1 sampai 2 kali ini merupakan hal yang normal. Namun jika kondisi bersin – bersin ini terlalu sering atau bahkan lebih dari 5 kali maka ini merupakan sistem peringatan dalam tubuh memberikan sinyal bahwa tubuh mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. Banyak cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh, diantaranya mengkonsumsi makanan dengan kadar gizi yang optimal, perbanyak makan buah dan sayuran segar, perbanyak minum air putih, rutin berolahraga, kurangi mengkonsumsi makanan berlemak dan rendah serat, jauhi minuman berakohol, istirahat yang cukup serta hindari stres.

Artikel lainnya:

Bagaimana pengobatannya?

Kondisi bersin setiap pagi dan malam ini dapat diobati dengan beberapa cara, antara lain:

  1. Rutin membersihkan kamar tidur, melalui rutin menjemur bantal, guling dan kasur dengan maksud untuk membunuh tungau atau kutu – kutu kasur.
  2. Rutin menganti dan mencuci spei, selimut, sarung bantal dan guling serta korden kamar.
  3. Sesuaikan suhu kamar dengan kondisi tubuh, agar tidak terlalu kedinginan sehingga Anda tidak bersin – bersin
  4. Mandilah dengan air hangat ketika kondisi udara sekitar bersuhu dingin.

Apabila cara pengobatan diatas belum juga mengahasilkan hasil yang optimal. Sebaiknya Anda kunjungi dokter untuk melakukan beberapa pemeriksaan medis sehingga dpketer dapat menentukan tindakan medis yang tepat. Dokter dapat meresepkan beberapa jenis obat seperti antihistamin dan dekongestan, atau obat nasal spray atau semprot hidung. Pemberian obat medis tersebut bertujuan tidak menyembuhkan bersin setiap pagi dan malam hari akan tetapi dapat mengurangi gejala bersin yang dialami.

Artikel lainnya:

Nah, demikianlah penjelasan secara singkat dan lengkap tentang pertanyaan kenapa bersin setiap pagi dan malam? bagaimana pengobatnnya?. Bagi Anda yang sekarang mengalami hal serupa seperti bersin – bersin setiap pagi dan malam maka Anda dapat mengikuti cara pengobatan diatas. Lakukan cara pengobatan diatas secara rutin maka gejala bersin yang Anda alami pasti mengalami penurunan. Apabila bersin – bersin Anda tidak kunjung sembuh atau setidaknya tidak berkurang maka sebaiknya Anda konsultasikan kepada dokter atau petugas medis.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan