Sponsors Link

30 Cara Meredakan Pilek Pada Bayi Baru Lahir Dengan Bahan Alami

Sponsors Link

Bayi yang terserang pilek akan menjadi makin rewer dan sering menangis. Hal yang sangat memprihatinkan ketika bayi terserang pilek adalah bayi hanya bisa menangis tanpa kita mengetahui keluhan apa yang sedang melandanya. Terkadang bayi susah tidur karena pilek, dan tentunya ini akan membuat sang ibu menjadi resah. Walaupun penanganan medis akan lebih efektif dan mendatangkan respon yang cepat, nmun menggunakan obat tradisional masih di lakukan oleh para orang tua dengan alasan utama yaitu tidak berhubungan dengan bahan kimia berbahaya. Jika anda sedang mengalami masalah pilek pada bayi, berikut home remedies yang kami sarankan :

ads

Pengobatan Pilek Untuk Bayi Umur dibawah 6 Bulan

Mendapati gejala pilek petama kali pada bayi anda? Pada rentang usia ini bayi akan sangat sensitif dan lebih mudah terserang berbagai penyakit seperti demam, pilek maupun flu. Dan jika anda sedang mendapati anak berumur kurang dari 6 bulan terserang pilek maka penanganan yang tepat adalah :

1. ASI

Asi tidak hanya menjadi sumber makanan dan minuman pokok pada bayi juga sebagai obat mujarab yang bisa mengatasi hampir semua keluhan penyakit pada bayi. Bahkan ASI merupakan salah satu cara mengatasi hidung bayi tersumbat dengan cara meneteskan ASI tersebut kedalam lubang hidung bayi yang mengalami penumpukan lendir dan tersumbat. Jaga kepala bayi agar tetap miring agar asi tidak kembali keluar dari hidungnya.

2. Air Garam

Teteskan air garam yang telah anda buat ke dalam lubang hidung sang bayi, tapi anda harus tetap waspada dan berhati-hati agar bayi tidak tersedak atau mengalami gejala bahaya yang lain.

3. Bawang Putih

Cara herbal menghilangkan lendir adalah dengan cara mnggunakan bawang putih. Bawang putih yang telah dikenali dengan sifat anti virus dan anti bakteri ini bisa menyembuhkan dan meredakan pilek pada bayi. Masukan campuran bawang putih dan air hangat agar bayi bisa menghirup aroma bawang putih tersebut dan meredakan gejala pilek yang dialami serta memberikan kenyamanan saat beristirahat.

4. Minyak Mustar

Pnaskan 1/4 cangkir dari minyak mustard, campurkan dengan satu siung bawang putih yang telah di hancurkan dan dihaluskan dan setelah warna berubah menjadi kecoklatan maka padamkan api. Lakukan pemijatan di aera dada dan kaki bayi menggunakan ramuan ini, ini akan membantu melancarkan lendir yang terjadi dan mengatasi pilek tersebut.

5. Nasal Aspirator

Gunakan alat nasal aspirator yang ersedia di apotik untuk membantu bayi anda bernafas, menggunakan alat ini tidak hanya meredakan pilek, mengencerkan lendir dan merupakan salah satu cara meredakan batuk pada bayi.

6. Saffron

Saffron adalah bumbu yang berasal dari bunga krokus, memiliki citra rasa agak pahit dan sedikit manis. lakukan pengolesan dengan saffron yang dibentuk seperti pasta agar bisa di oleskan pada bayi saat malam hari dan akan membantu meredakan peradangan dan infeksi yang terjadi saat terserang pilek.

7. Gunakan Pakaian Sesuai dengan Kondisi Cuaca

Bayi harus terlindungi dari cuaca dingin, apalagi jika sedang terserang pilek maupun flu. Jika cuaca dingin kian buruk dan parah maka anda harus menjaga suhu tubuh bayi dengan tetap melapisi pakaiannya. Namun pastikan pakaian yang berlapis tersebut tidak membuatnya menjadi pengap dan sulit bernafas. Menggunakan selimut saat malam hari mungkin bukanlah ide bagus karena bayi bisa saja menarik selimut hingga menutupi kepalanya dan ini akan membuat mereka sesak nafas.

Sponsors Link

8. Sanitasi Anda dan Bayi

Tangan adalah daerah yang sangat sering mengandung kuman. maka anda harus menjaga sanitasi dengan selalu membersihkan tangan anda dan juga tangan bayi secara menyeluruh dengan menggunakan anti septik dan anti bateri atau tisu basah kusus bayi. Ini akan membantu menghentikan penyebaran cara meredakan pilek pada bayi dari kuman dan tidak memperburuk keadaaan.

9. Jaga Agar Kepala Bayi Tetap Lebih Tinggi dari Badan

Agar pernafasan bayi terjaga ketika terserang pilek maka anda harus menjaga agar kepala bayi memiliki posisi lebih tinggi dari badannya. Jangan dekatkan apapun kepada bayi yang terserang pilek yang nantinya dapat menggangu pernafasan mereka.

10. Gunakan Semprotan Nasal

Ini biasa di gunakan untuk menghentikan produksi lendir yang berlebihan hingga menutupi saluran hidung sang bayi. Gunakan alat ini saat menjelang waktu tidur sang bayi hingga mereka tidak terganggu dengan penyumbatan saluran nafas.

11. Humidifier

Alat ini sangat dianjurkan di gunakan agar udara di sekitar bayi yang terserang pilek menjadi lembaba dan akan membantu mempermudah pernafasan mereka.

Penanganan Bayi Diatas Umur 6 Bulan

ads

Walaupun anda tetap bisa menggunakan obat-obatan tradisional yang di khusukan pada bayi di bawah 6 bulan namun anda juga bisa menggunakan pengobatan berikut ini :

12. Kunyit

Hanguskan kunyit pada panggangan hingga sedikit kering dan hangus. Jadikan pasta kunyit dengan menggilingnya. oleskan pasta kunyit tersebut di bagian atas hidung agar hidung tersumbat pada bayi dapat teratasi dengan baik. Oleskan juga pasta kunyit ini pada bagian dahi, dada dan kaki. Agar panas dari pasta kunyit bisa mengencerkan dahak dan menghentikan produksinya.

13. Jus Wortel

Encerkan wortel yang diblender dan di jadikan jus dengan bantuan segelas air yang akan efektif jika anda minumkan pada bayi diatas 6 bulan.

14. Madu dan Air Hangat

Anda bisa mencampurkan madu beserta ai hangat atau hanya menggunakan salah satu secara terpisah. Apapun metode yang anda ambil akan tetap menghasilkan obat yang efektif untuk mengatasi pilek pada bayi tersebut. Hidrasi sangat penting ketika bayi terserang pilek. Air hangat akan membantu dalam pengenceran dahak dan madu efektif mengatasi infeksi.

15. Air Garam

Seperti halnya penanganan pilek pada bayi di bawah umur 6 bulan, anda bisa menggunakan larutan air garam dan air hangat untuk memandikan bayi tersebut atau hanya menguapi daerah wajah mereka dan ini akan sama-sama efektif dalam mengatasi pilek dan meringankan gejalanya.

16. Mencampurkan Sup

Sup adalah makanan yang terbukti ampuh dalam meringankan gejala pilek dan mengatasi beberapa gejala. Sediakan sup sayur atau sup tomat hangat agar bayi bisa memakan makanan mereka yang divampur dengan menu sup tersebut.

17. Minyak Kayu Putih

Selain minyak telon, penggunaan minyak kayu putih pada bayi yang sudah lebih dari 6 bulan sangat dianjurkan ketika terserang pilek. Ini bisa bekerja segai ekspektoran, meredakan gejala pilek dan sebagai pembersih sinus. Gosokkan secara lembut di daerah hidung, tenggorokan, dada dan kaki.

18. Ramuan Jaggery

Ramuan yang efektif untuk pilek pada bayi adalah campuran dari jeggery, lada hitam dan jinten yang semuanya di rebus hingga air mendidih. Karena jeggery memiliki efek panas alami maka batasi untuk di konsumsi para bayi yaitu cukup dengan2 sendok teh per harinya.

19. Minyak Kelapa

Salah satu jenis minyak esensial lainnya yang sangat bagus dalam meredakan dan mengatasi pilek pada bayi adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Dimana anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa dari daerah leher, lengan bawah hingga di bagian punggung. Ini akan membantu melegakan pernafasan, mengurangi rasa nyeri dan mengurangi produksi lendir.

20. Madu

Jika bayi anda menjadi sangat rewel dan menangis terus menerus, bahkan bayi tidak bisa beristirahat dengan tenang dan selalu mengalami gangguan maka usahakan anda menggunakan bahan alami sperti madu murni untuk mengatasi keluhan ini. Biarkan bayi anda menjilati 1 sendok teh madu dan ini akan membantu mengatasi peradangan yang menggangu mereka.

21. jahe

Ramuan tradisional lainnya yang tak kalah efektif adalah menggunakan jahe, penggunaan air rebusan jahe bercampur madu akan lebih mudah dalam meredakan gejala batuk, menenangkan radang tenggorokan dan melegakan saluran pernafasan.

22. Air Kapur

Gunakan campura air kapur, madu dan air hangat untuk membantu melegakan pernafasan, cara meredakan pilek pada bayi dan membersihkan tenggorokan beserta hidung. Sama seperti ketika anda melakukan kumur-kumur dengan air garam, air kapur juga memberikan dampak dan keefektifitasan yang sama.

23. Pot neti

Ini adalah alat yang beupa sebuah panci atau pot kecil yang tipis dan lurus. Ini di gunakan dalam terapi infeksi sinus. alat ini akan sulit di gunakan pada bayi di bawah umur karena tidak kooperatif. Neti pot dapat di isi dengan larutan air garam atau larutan obat lainnya dan biarkan larutan tersebut mengalir kedalam hidung bayi dengan bantuan alat neti pot tersebut.

24. Penggunaan Saputangan

Sponsors Link

Jangan biarkan bayi anda mendapatkan sanitasi yang buruk, selalu bersihkan tangan mereka dan tangan anda dan juga gunakanlah saputangan untuk membersihkan lendir.

25. Jauhkan Dari Asap Rokok

Asap rokok memang sangat berbahaya apalagi untuk bayi yang masih rentan. Asap rokok tidak hanya memperburuk pilek namun juga memperparah dan menyebabkan komplikasi beragam penyakit saluran pernafasan lainnya yang pastinya berbahaya bagi sang bayi

26. Istirahat Yang Cukup

Jangan biarkan bayi anda mengalami kelelahan dan akan memperparah penyakit pilek yang mereka derita. Sistem imun mereka yang lemah harus di perkuat dengan memperbanyak istirahat. Jam minimal istirahat bayi sat terserang pilek adalah 8 jam sehari. Memastikan mereka mendapatkan istirahat total adalah salah satu usaha yang akan mempercepat penyembuhan penyakit.

27. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan tempat tidur dan lingkungan bayi adalah hal yang harus di utamakan agar peyebaran pilek terhenti dan gejala tidak kian parah

28. Asupan Nutrisi

Bagi bayi berumur di atas 2 tahun yang telah bisa makan, maka anda harus tetap menjaga asupan nutrisi mereka agar bisa dengan mudah menyembuhkan tubuhnya sendiri dari serangan penyakit.

29. Vitamin

Vitamin sangat berperan dan membantu agar badan bayi tetap sehat maka cobalah berikan cara meredakan pilek pada bayi dengan asupan vitamin terutama vitamin C.

30. Hindari Faktor Resiko

Jangan memperparah keadaan dengan membiarkan bayi anda tetap terpapar faktor resiko penyebab pilek.

Berkonsultasilah dengan dokter anak jika pilek maupun adanya gejala batuk yang bertahan selama lebih dari 14 hari pada bayi anda. Karena adanya infeksi serius adalah kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

, ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan