Sponsors Link

34 Cara Mengobati Batuk Pada Ibu Menyusui Dengan Alami (#Terampuh)

Sponsors Link

Siapa sih yang tidak pernah terserang batuk? Pastinya hampir semua orang pernah mendapatkan dan merasakan bagaimana ribetnya jika terkena batuk apalagi jika terkena batuk kering,bukan? Ya, jenis batuk kering ini adalah batuk yang sangat menyiksa, dimana batuk akan terasa sangat sakit, kerongkongan gatal dan terasa nyeri. Apalagi jika di alami seorang ibu yang sedang menyusui. Apalagi jika mengalami batuk kering terus menerus yang akan mengkhawatirkan bila sang buah hati juga ikut terinfeksi.

ads

Masalah penanganan dan pemilihan obat batuk kering ibu menyusui juga tidak bisa di sepelekan sang ibu. Inilah mengapa ibu menyusui akan menjadi sangat selektif tentang apapun yang ia konsumsi termasuk masalah pengobatan yang ia lakukan. Sedangkan ciri-ciri batuk kering yang sering muncul adalah batuk yang disertai rasa gatal tanpa adanya atau sangat sulit dalam pengeluaran dahak. Sebelum kita membahas tentang pegobatan yang aman dan biasa di gunakan bagi ibu menyusui, terlebi dahulu kita mengenali tentang beberapa jenis batuk kering sebagai berikut:

  • Batuk Kering Biasa

Ini adalah jenis batuk kering yang sering kali terjadi akibat infeksi dari virus yang biasanya cara mengobati batuk pada ibu menyusui berasal dari hidung yang menjalar ke tenggorokan. Anda akan mengalami ransangan batuk secara berepanjangan dan mendapatkan perasaan seperti adanya ganjalan pada tenggorokan. Biasanya jenis batuk ini akan segera sembuh dengan sendirinya selama 7 hingga 14 hari.

  • Croup atau Batuk Menggonggong

Ini merupakan jenis batuk yang sangat sering dan suara batuknya pun menyerupai lolongan atau gonggongan. Batuk kering jenis ini akan lebih parah terutama ketika terdapat pembengkakan atau radang di pita suara atau laringitis. Akan ada terasa sakit tenggorokan ketika anda batuk dan di sertai dengan kesulitan dalam bernafas.

  • Batuk Rejan

Ini juga di namai dengan batuk pertusis atau batuk 100 hari yang di akibatkan oleh bakteri. Waluapun angka kejadiannya sudah semakin jarang saat ini. Biasanya batuk kering jenis ini mngeinfeksi anak-anak, biasanya di tandai dengan suara mengi dan batuk yang berkepanjangan.

Pengobatan Batuk Kering Untuk Ibu Menyusui

Agar aman di konsumsi oleh ibu menyusui, berikut 34 obat batuk kering untuk ibu menyusui yang merupakan obat tradisional batuk kering yang telah kami rang kum di bawah ini:

1. Jus Jeruk

Salah satu minuman lezat menyehatkan yang bisa mengatasi dalam mengurangi dan menyembuhkan gejala batuk kering pada ibu menyusui adalah jus atau perasan air jeruk dengan campuran air hangat. Jeruk yang mengandung vitamin C ajan baik untuk mengembalikan keadaan sistem imun yang melemah.

2Bawang Putih

Siapa sangka air rebusan bawang putih bisa mengobati batuk kering? Ya, anda tinggal merebus putongan bawang putih dan merebusnya dengan air, setelah itu saring dan minumlah ramuan ajaib tersebut.

3. Bawang Merah

Seperti halnya bawang putih, bawang merah juga ampuh dalam mengatasi batuk kering. Caranya cukup mudah yaitu dengan memblender campuran bawang merah beserta air dan beberapa sendok madu. Karena kandungan anti bakteri yang terkandung di dalam bawang merah sangat ampuh menyembuhkan penyakit batuk kering tersebut.

4. Perasan Air Lemon

Lemon memang terkenal cukup asam dan tidak terlalubersahabat dengan lidah, namun lemon memiliki zat antioksidan dan kandungan dari vitamin C yang tinggi yang mampu mengembalikan kebugaran dan sisitem imun juga ampuh melawan infeksi bakteri yang menyerang saat terjadi batuk kering pada ibu menyusui

5. Air garam

Siapa yang meragukan khasiat dari larutan garam? Garam memiliki sifat anti bakteri, anda cukup melarutkan garam kedalam larutan air hangat dan berkumur menggunakan larutan tersebut. Jangan sampai tertelan dan buang kembali setelah anda melakukan aktifitas berkumur dengan larutan garam.

6. Penguapan

Sponsors Link

Coba lakukan terapi uap agar batuk kering anda terobati dan menghilang. Masukkan air panas kedalam sebuah ember dan campurkan dengan garam. Cara mengobati batuk pada ibu menyusui dengan tutup muka anda dengan handuk hingga uap terfokus dan berkumpul di sekitar anda.

7. Daun Kemangi

Rutin meminum air rebusan kemangi juga merupakan obat tradisional penghilang batuk untuk ibu menyusui loh. Bahkan beberapa penyebab batuk saat tidur bisa teratasi hanya dengan meminum rebusan kemangi 3 kali setiap harinya.

8. Jahe

Potong-potong jahe setelah di bersihkan dan masukkan keladam air hingga anda bisa merebusnya sampai mendidih. Air rebusan jahe ini dipercayai ampuh melawan bakteri penyebab batuk dan menghilangkan peradangan di tenggorokan.

9. Kencur

Seperti halnya ramuan jahe, kencur yang di rebus dan di saring airnya juga bisa mengobati batuk kering. Batuk kering akan sembuh secara perlahan jika rutin meminum ramuan ini.

10. Daun Sirih

Daun sirih di kenal ampuh mengatasi beragam penyakit termasuk batuk kering yang di derita oleh ibu yang sedang menyususi. Anda hanya pelu meminum rebusah air sirih yang masih hangat secara teratur.

11. Belimbing

ads

Belimbing wuluh tidak hanya menjadi salah satu bahan masakan, tapi juga bisa mengobati penyakit batuk kering. Anda hanya perlu mengambil sari belimbing wuluh yang telah di tumbuk halus, minum menggunakan sedikit campuran madu.

12. Jeruk Nipis

Pernah mendengan tentang ramuan sari jeruk nipis dengan kecap? Ya, ramuan tradisional ini dapat mengatasi rasa gatal dan menyembuhkan batuk kering yang anda derita.

13. Jahe Bakar

Tidak hanya air rebusan yang telah disaring anda bisa menggunakan obat tradisional dari jahe yang telah di bakar kemudian seduh dengan air hangat. Larutan ini sangat ampuh melegakan tenggorokan anda.

14. Kangkung

Sayuran seba guna yang sering menjadi bahan masakan satu ini juga baik untuk mengatasi batuk kering. Walaupun ada banyak makanan yang di larang saat batuk namun tidak halnya dengan sayuran ini. Kandungan antihistamin yang dimiliki oleh sayuran kangkung dapat membantu anda mendapatkan kenyamanan di saat tidur dan terbebas dari gangguan batuk.

15. Kunyit

Kunyit di kenal sangat baik mengatasi peradangan dan bertindak sebagai obat alami batuk kering. Caranya hanya dengan meminum sari pati kunyit yang telah ditumbuk halus dan di saring, tambahkan beberapa tetes madu agar rasanya tidak terlalu aneh.

16. Lada Hitam

Lada hitam terbukti bagus untuk memperbaiki sirkulasi peredaran darah dan dapat meningkatkan sistem pencernaan dan mengatasi selulit, mengurangi resiko untuk anda terkena kanker usus dan berperan sebagai anti depresi. Rasa pedas yang menyengat yang terkandung di dalam lada hitam dapa mengurangi produksi dahak ketika anda batuk dan juga memberikan efek untuk memberikan rasa lega pada tenggorokan yang terserang batuk.

17. Permen Pelega Tenggorokan

Ada banyak jenis dari brand permen pelega tenggorokan yang dapat di temukan di pasaran maupun langsung di apotik terpercaya. Permen yang mengandung papermint, mentol, jahe akan lebih baik dalam melegakan saluran pernafasan dan mengurasi rasa gatal dan menyembuhkan batuk.

18. Asam Jawa

Asam jawa memang terkenal ampuh dalam mengatasi gejala batuk kering, namun agar penanganan yang optimal maka anda bisa menggunakan 2 bahan sekaligus yaitu campuran dari gula merah dengan asam jawa yang di seduh maupun di rebus hingga menghasilkan cara mengobati batuk pada ibu menyusui dengan ramuan anti batuk yang bisa anda konsumsi sebagai pengobatan alami batuk.

19. Cabe Jawa

Anda bisa membuat ramua alami anti batuk dari campuran madu beserta cabe jawa. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan 5 gr cabe jawa yang di keringkan dengan beberapa tetes madu, seduh dengan air hangat secukupnya.

20. Kapulaga

Rebus kapulaga yang telah di bersihkan sebanyak 5 buah dan air hasil rebusan kapulaga tersebut bisa anda minum sebagai ramuan alami pereda dan pengobat batuk berdahak.

21. Daun Kayu Putih

Seperti halnya ketika anda membuat ramuan dari buah kapulaga, maka anda sebelumnya harus menyiapkan beberapa lembar daun kayu putih dan bersihkan sebelum anda kemudian merebus daun kayu putih tersebut. Rebus hingga mendidih dan minumlah ramuan ini secara teratur hingga batuk berdahak anda sembuh.

22. Jahe Merah

Agar ramuan batuk tradisional kali inii berhasil maka anda perlu mencampurkan 2 dendok makan dari sari pati kunyi dengan 2 sendok makan air peasan dari jahe merah yang tentunya bisa anda tambahkan dengan beberapa tetes madu agar rasanya tidak terlalu aneh dan minumlah secara rutin hingga sembuh.

23. Daun Sirih

Rebusan air sirih sudah dari dahulu sangat di percaya dan terkenal dalam mengatasi berbagai masalah bahkan untuk masalah kewanitaan dan berbagai penyakit di dalam tubuh. Bahkan untuk meredakan gejala batuk, anda cukup merebus beberapa lembar daun sirih dan biarkan hingga mendidih kemudian meminum air perasan tersebut secara teratur.

24. Air Hangat

Ya, anda bisa mengatasi rasa gatal dan membantu mengencerkan dahak pada batuk kering hanya dengan bantuan air hangat. Saat anda terserang batuk sering-seringlah untuk meminum air hangat dan menjaga agr tubuh anda tetap terhidrasi dengan baik.

25. Cengkeh

Siapa yang meragukan khasiat cengkeh? Rempah satu ini sangat ampuh dalam mengatasi penyumbatan di saluran pernafasan dan tenggorokan. Pengobatan dasar ketika anda sedang terkena penyakit batuk kering adalah dengan meminum air campuran cengkeh dengan madu secara rutin dan teratur.

26. Teh Marshmallow

Sponsors Link

Siapa sangka marshmallow hanyalah produk yang berbentuk putih dan terasa manis saja? Sebenarnya ada tumbuhan yang memiliki nama yang sama. Tanaman marshmallow ini sejak dahulu telah di kenal sebagai pereda batuk dan mengurangi radang tenggorokan, jadi mengkonsumsi teh marshmallow tentunya akan menjadi solusi untuk masalah batuk keing anda.

27. Vapor Rub

Vapor rub atau balsam adalah salah satu jenis krim yang akan di gunakan untuk pemakaian luar di daerah tenggorokan dan dada ketika terserang batuk kering. Ini akan membantu melegakan tenggrokan dan saluran nafas serta membantu mangatasi adanya iritasi.

28. Ulmus Rubra

Ini merupakan salah satu tanaman ajaib untuk ramuan tradisional penyembuh batuk. Penyembuhan batuk kering dapat diatasi dengan tanaman ini dan akan membantu dalam meredakan radang di tenggorokan. Lozenge yang engandung ulmus rubra akan bisa membantu dalam melegakan tenggorokan.

29. Cuka Sari Apel

Walaupun mengkonsumsi cuka sari apel tidak senikmat apel biasa, namun cuka sai apel adalah bahan yang bagus dan efektif dalam pengobatan batuk kering yang sangat menggangu. Campurkan beberapa tetes cuka sari apel kedalam air hangat dan konsumsi secara teratur.

30. Ekspektoran

Salah satu jenis obat batuk yaitu ekspektoran terbukti bisa mengurangi dan mengencerkan produksi llendir ketika terserang batuk. Obat jenis ini bisa di beli bebas di apotik.

31. Humidifier

Gunakan alat ini untuk membersihkan dan menjaga kelembababan udara. Udara sekitar yang sangat kering dan kotor akan memicu reaksi batuk dan memperparah rasa gatal di tenggorokan.

32. Teh Thyme atau Timi

Rempah satu ini tidak hanya berfungsi sebagai obat batuk alami seperti kebanyakan rempah lainnya tapi juga bisa sebagai obat anti kejang. Caranya anda tinggal menyeduh dengan air panas maupun merebus dan meminum air rebusannya.

33. Licorice

Licorice atau yang lebih sering di kenal sebagai akar manis adalah salah satu rempah yang bisa membantu dalam melegakan dan menghilangkan lendir atau dahak pada saat terjadi reaksi batuk.

34. Mandi Air hangat

Langkah ampuh dalam mengatasi batuk kering adalah dengan mandi air hangat secara rutin.

Karena kebanyakan dari mereka akan sangat khawatir jika mengkonsumsi obat-obatan justru bisa mempengaruhi kesehatan sang bayi juga. Demikianlah 34 obat batuk kering dan cara mngeatasi batuk kering yang aman bagi ibu yang sedang menyusui.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan