Sponsors Link

Ketahui 4 Cara Mengobati Batuk Berdahak Hitam yang Mudah Diikuti

Sponsors Link

Ketika anda tiba – tiba mengeluarkan batuk berdahak hitam, maka tentu hal tersebut akan membuat anda takut dan berpikiran yang tidak – tidak bukan? Namun anda tidak perlu khawatir karena pada dasarnya batuk berdahak hitam jarang sekali ditemukan kasus yang bisa bedampak sangat berbahaya.

ads

Perlu anda tahu bahwa sebenarnya batuk berdahak hitam merupakan sebuah kondisi yang sering dialami oleh seseorang yang memiliki kebiasaan merokok, meskipun dalam beberapa kasus ditemukan bahwa kondisi ini juga bisa dialami oleh seseorang yang tidak memiliki kebiasaan merokok.

Penyebab Batuk Berdahak Hitam

Ketika kondisi ini dialami oleh orang awam, maka akan membuatnya sangat khawatir dan akan berpikir bahwa ia sedang menderita penyakit yang sangat parah. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan beberapa informasi mengenai apa saja hal – hal yang menjadi sebab batuk berdahak hitam serta bagaimana cara mengobati batuk berdahak hitam yang bisa anda lakukan sendiri.

1. Menelan Makanan Berwarna Gelap

Salah satu penyebab yang umum dimana seseorang tiba – tiba menderita batuk berdahak hitam adalah karena sebelumnya orang tersebut telah menelan makanan yang memiliki tekstur dan warna hitam. Mungkin anda akan melihat kondisi ini lebih sering dialami oleh anak – anak dimana mereka akan mengalami batuk berdahak dengan warna yang hitam sehabis mereka memakan coklat atau licorice maupun makanan lainnya.

Partikel kecil yang ada pada coklat tersebut nantinya akan menempel pada lendir atau dahak, sehingga ketika anak tersebut batuk maka lendir atau dahak yang dikeluarkan akan berwarna hitam.

2. Menghirup Kotoran Dan Debu

Penyebab lain dari batuk berdahak yang berwarna hitam adalah karena orang tersebut sebelumnya sudah menghirup kotoran dan juga debu. Kondisi ini sering dialami oleh seseorang yang bekerja di dalam tanah maupun mereka yang setiap hari berhubungan dengan debu dan kotoran.

Partikel – partikel yang ada pada kotoran ataupun debu tersebut nantinya akan menempel pada lendir sehingga kemudian pada saat orang tersebut batuk, maka dahak yang ia keluarkan akan berwarna hitam. Tentu sebenarnya masalah ini tidak perlu dikhawatirkan asalkan tidak sampai mengalami batuk kering terus menerus atau penyebab paru – paru sakit saat batuk.

Cara Mengobati Batuk Berdahak Hitam

Di bawah ini akan kami berikan beberapa informasi penting tentang bagiamana cara mengobati batuk berdahak hitam sehingga anda tidak terlalu larut menderita kondisi yang seperti ini.

1. Meminum Banyak Air Putih

Cara mengobati batuk berdahak hitam yang pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih. Air putih memang terkenal sangat efektif untuk membantu meredakan masalah yang berhubungan dengan saluran pernapasan, salah satunya untuk meredakan dahak.

Dengan membiasakan diri untuk meminum air putih sebanyak minimal 8 gelas setiap harinya, maka anda bisa meredakan dahak hitam yang anda derita tersebut. Kami sarankan anda membaca informasi lainnya tentang cara menghilangkan dahak dan juga cara mengobati dahak berdarah.

Sponsors Link

2. Berhenti Merokok

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu penyebab umum seseorang menderita batuk berdahak hitam adalah karena kebiasaan buruknya yakni merokok. Karena penyebabnya adalah masalah rokok, jadi untuk menghentikannya pun sederhana yakni anda hanya perlu berhenti merokok.

Ketika anda berhenti untuk tidak merokok, maka bukan hanya masalah lendir hitam yang bisa anda atasi, melainkan anda bisa terbebas dari berbagai macam penyakit yang siap menghantui anda karena dilihat dari sudut pandang manapun merokok tidak akan memberikan dampak positif bagi anda, terlebih kebiasaan ini juga akan menggangu orang lain.

3. Memakai Masker Wajah

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi batuk berdahak hitam adalah dengan memakai masker wajah. Anda harus membiaskan untuk memakai masker agar supaya anda terlindung dari partikel debu dan kotoran dimana seperti yang telah dijelaskan di awal bahwasanya debu dan kotoran merupakan penyebab utama anda mengalami batuk berdahak hitam.

Sponsors Link

Namun dalam memakai masker anda juga harus memperhatikan tentang aturan yang berlaku. Anda harus menggunakan masker yang memang terbukti ampuh melindungi anda dari terkena debu dan kotoran, dan juga anda harus menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut anda.

Jika anda membiasakan memakai masker, maka tentu anda akan terhindar dari batuk berdahak hitam maupun kondisi lainnya yang bisa mengancam kesehatan anda. Pengobatan ini juga ampuh sebagai cara mengobati batuk berdahak.

4. Menggunakan Obat Infeksi Jamur

Cara mengobati batuk berdahak hitam yang terakhir adalah dengan menggunakan obat infeksi jamur. Jika semua cara yang telah disebutkan sebelumnya masih belum menunjukkan tanda – tanda akan kesembuhan, maka yang harus anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi obat infeksi jamur.

Obat ini memang sudah dipercaya untuk membantu mengobati batuk berdahak hitam yang dalam beberapa kasus bisa mengakibatkan paru – paru anda mengalami infeksi. Adapun salah satu obat infeksi jamur yang kami rekomendasikan untuk anda yakni Caspofungsin.

Obat ini dapat membantu mengatasi infeksi jamur yang ada pada paru – paru anda, selain itu juga berfungsi untuk meningkatkan kembali sistem kekebalan tubuh anda. Konsumsi obat ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Hal ini juga telah disebutkan pada penjelasan

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa menambah wawasan anda tentang bagaimana cara mengobati batuk berdahak hitam. Terimakasih.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan