Sponsors Link

Batuk Setelah Minum Susu Formula? Bagaimana Pengobatannya?

Sponsors Link

Tidak sedikit orang dewasa yang ketika masih kecil mengalami batuk alergi pada anak sehingga kemudian akan timbul suatu kondisi yang juga tidak kalah mengganggu, kondisi tersebut yaitu batuk setelah minum susu formula. Tentunya tidak semua anak mengalami hal tersebut, namun juga tidak sedikit anak – anak yang mengalami batuk setelah mereka mengkonsumsi atau meminum susu formula.

ads

Sebenarnya alergi yang dialami tersebut merupakan sebuah dampak dari sistem kekebalan tubuh atau imunitas anak tersebut yang masih dalam tahap menuju sempurna yang mana nanti sistem pertahanan atau kekebalan tubuhnya akan semakin lama mendekati sistem kekebalan tubuh pada orang dewasa. Ketika sistem imunitas tersebut belum sempurna, maka hal inilah yang akan menyebabkan anak tersebut mudah terkena berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu batuk setelah minum susu formula.

Penyebab Batuk Setelah Minum Susu Formula

Pada umumnya batuk yang dialami oleh anak – anak, baik itu batuk basah atau batuk berdahak disertai dengan nyeri dada maupun juga batuk kering atau yang juga disebut dengan batuk tidak berdahak disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut ini:

  • Alergi yang ditimbulkan dari sifat atau kandungan protein pada susu formula tersebut yang terbilang terlalu tinggi yang kemudian akan menyebabkan anak tersebut mengalami alergi terhadap susu sapi atau susu formula yang mana susu tersebut belum terhidrolisa secara sempurna.
  • Kandungan gula pada susu formula yang tidak murni cenderung akan menyebabkan anak anda mengalami batuk atau radang, atau juga bisa menyebabkan anak anda mengalami tenggorokan gatal terus – menerus.
  • Batuk yang dialami tersebut juga bisa disebabkan karena anak anda mengalami alergi terhadap kandungan lemak yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan anda tersebut merasakan sensasi yang kurang nyaman pada tenggorokannya yang kemudian akan menyebabkan anak tersebut mengalami batuk.

Cara Mengobati Batuk Setelah Minum Susu Formula

Setelah anda mengetahui penyebab dari kenapa anak anda mengalami batuk setelah minum susu formula, maka selanjutnya anda juga harus tahu tentang bagaimana cara mengobati kondisi yang dialami oleh anak anda tersebut.

1. Mengkonsumsi Obat

Anda disarankan untuk memberikan obat anti alergi maupun juga bisa anda berikan dengan obat anti histamin yang mana obat tersebut memiliki fungsi utama untuk membantu mengobati alergi seperti anak batuk pilek setiap bulan yang terjadi pada anak. Perlu anda tahu bahwa efek samping dari anti histamin masih ringan dan lebih berfungsi sebagai anti alergi.

2. Minum Air Putih

Cara pengobatan kedua yang bisa anda lakukan untuk anak anda adalah dengan memberinya air putih dengan banayak agar kemudian lendir yang sebelumnya berada di tenggorokan anaka anda yang mejadi penyebab batuk akan menyebabkan lendir tersebut menjadi lebih encer.

Ketika dahak atau lendir tersebut sudah mulai encer, maka anak anda tidak akan kesulitan untuk bernapas maupun menelan sesuatu. Dan juga lendir yang sudah encer tadi kemudian akan dilarutkan melalui urin sehingga tidak akan menyebabkan dampak atau efek apapun kepada anda.

Sponsors Link

3. Hindari Mengkonsumsi Olahan Susu

Cara pengobatan yang ketiga adalah anda harus menghindari makanan maupun minuman yang merupakan hasil olahan susu. Adapun beberapa makanan maupun minuman yang merupakan olahan susu seperti misalnya es krim, mayones, yogurt, dan lain sebagainya.

Mengapa anda harus menghindari mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut? Alasannya karena produk olahan susu bisa menyebabkan dahak yang anda alami akan semakin kental dan juga bisa menyebabkan tubuh anda nantinya akan memproduksi dahak yang lebih banyak.

Jika memang anda diharuskan untuk mengkonsumsi produk olahan susu, maka kemungkinan anda hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah sedikit dan tidak berlebihan. Jika misalnya anda mengkonsusminya dalam jumlah yang banyak, maka tentunya anda bisa mengalami kondisi yang telah dijelaskan sebelumnya.

Sponsors Link

4. Memperhatikan Kandungan Gula

Cara selanjutnya yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi batuk alergi susu formula adalah dengan memperhatikan kandungan gula pada susu yang ingin anda minum. Anda disarankan untuk menghindari mengkonsumsi susu yang memiliki kandungan gula yang terlalu banyak atau terlalu manis karena hal ini nantinya bisa menjadi sebab anak anda terkena batuk sampai keluar air mata.

Anda jangan khawatir karena dewasa ini sudah banyak dijual susu formula yang memiliki kadar kalori yang lebih rendah serta kadar gula yang rendah yang tentunya kondisi tersebut sangat bermanfaat untuk mengatasi batuk yang dilami oleh anak anda. Selain untuk mengatasi batuk, mengkonsumsi susu yang rendah gula juga bisa menghindarkan anak anda dari terkena resiko penyakit diabetes dikemudian hari.

5. Memberi Salep atau Bedak Gatal

Jika misalnya alergi yang dialami karena susu formula tersebut kemudian menyebabkan anak anda mengalami reaksi alergi berupa ruam. Maka anda disarankan untuk mengoleskan salep maupun juga bedak gatal kepada anak anda karena nantinya salep maupun bedak gatal tersebut akan sangat berguna untuk membantu mengatasi alergi yang disebabkan karena meminum susu formula.

Selain itu, dengan memberikan salep ataupun bedak gatal bisa membuat kulit anak anda tetap terjaga kelembapannya karena reaksi alergi yang ditimbulkan sering membuat kulit anak anda kemudian menjadi kering dan kasar.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan