Sponsors Link

5 Cara Mengobati Flu Dengan Bawang Merah Agar Cepat Sembuh

Sponsors Link

Bawang merah merupakan salah satu jenis bumbu dapur selain bermanfaat untuk menambah citra rasa masakan juta mampu mengobati breragam penyakit. Salah satu penyakit yang bisa diobati dengan memanfaatkan bawang merah adalah penyakit flu. Flu memang penyakit sepele dan mudah sekali tertularnya namun penyakit ini jangan sampai dibiarkan brlarut – larut karena akan membawa dampak buruk bagi kesehatan.

ads

Hal ini dikarenakn flu dapat mengakibatkan beragam penyakit yang lebih fatal dan kronis. Tanpa disadari flu merupakan pintu masuk berbagai virus, kuman dan bakteri penyebab penyakit lainnya yang lebih bahaya. Oleh sebab itu penyembuhan segera harus dilakukan agar flu segera sembuh. Artikel ini akan membahas tentang cara mengobati flu dengan bawang merah.

Arikel terkait:

Berbagai lembaga penelitian menyebukan bahwa allium cepa L. atau yang dikenal bawang merah memang sangat ampuh dalam mengobati flu. Bawang merah terbukti berkhasiat dalam meredakan gejala flu seperti sakti kepala, batuk, hidung tersumbat, bersin- bersin dan demam. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu konsumsi bawang merah secukupnya agar tidak terjadi efek samping berlebih akibat mengkonsumsi bawang merah yang tidak sesuai dengan ketentuannya.

Kandungan Bawang Merah

Sebelum membahas tentang cara mengobati flu dengan bawang merah, sebaiknya Anda harus memperhatikan dan memahami kandungan apa saja yang berada di bawang merah yang membuat bumbu masakan satu ini berkhasiat bagi pengobatan flu. Berikut ini kandungan bawang merah, antara lain:

  • Minyak atsiri, sikloaliin, merilaliin dan dihidroaliin, dimana minyak atsiri ini sangat bermanfaat untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh
  • Ada pula senyawa flavonglikosida, senyawa ini berfungsi sebagai antiradang, antibakteri, serta dapat menurunkan panas secara cepat, sehingga tidak heran kalau bawang merah sangat ampuh dalam mengobati atau mengatasi sakit batuk dan flu secara cepat
  • Selain itu terdapat kuersetin, saponin, peptide, fitohormon, vitamin, protein, lemak, kalsium, fosfor dan zat pati seperti yang terkandung dalam lengkuas
  • Terdapat pula beberapa persen dari bawang merah yang mengandung senyawa sulfur yang mampu mengencerkan dahak dan mengobati batuk batuk yang merupakan gejala dari flu. Oleh sebab itu senyawa ini mampu memperlancar sistem pernapasan.
  • Bawang merah yang memiliki minyak akan bermanfaat untuk batuk berdahak yang merupakan gejala dari flu. Hal ini dikarenakan minyak bawang merah merupakan ekspektoran alami yang membantu mengencerkan dahak.
  • Bumbu masakan satu ini juga mengandung vitamin C, sulfur , selenium yang bersifat antimikroba, antivirus dan antibiotik sehingga membantu melawan flu.

Cara Mengobati Flu dengan Bawang Merah

Setiap pengobatan pasti memiliki cara yang tepat agar mendapatkan hasil yang akurat. Untuk memperoleh penyembuhan tepat dan cepat harus disesuikan dengan kondisi tubuh penderita. Cara pengobatan orang pun berbeda – beda disesikan dengan penderita dan tingkat keparahannya.

Sponsors Link

Begitu juga dengan mengobati flu dengan bawang merah harus dilakukan dengan cara tepat. Berikut ini cara mengobati flu dengan bawang merah, seperti dibawah ini.  Anda juga disarankan membaca informasi lain yang tidak kalah penting yakni cara mengobati pilek dan obat tradisional pilek tahunan.

  • Bawang Merah Secara Langsung

Cara ini dinilai praktis dan ekonomis. Bawang merah ditumbuk  satu atau 2 biji saja dan dimakan secara langsung setiap habis bangun tidur. Selain itu cara penggunaanya dengan menghirup tumbukan bawang merah tersebut selama minimal 15 menit. Cara ini terlihat tradisional namun cara ini ampuh untuk mengusir virus influenza penyebab penyakit flu.

  • Bawang Merah dengan Madu

Apabila Anda tidak dapat menggunakan cara diatas maka Anda bisa menambahkan madu secukupnya agar rasanya lebih manis. Caranya cincang bawang merah, buat roti bakar yang telah diolesi madu dan selanjutnya taruh bwah merah diatas roti bakar yang telah diberi madu tadi. Cara ini dipercaya mampu mengobati demam, dimana demam merupakan salah satu gejala penyakit flu.

  • Bawang Merah dengan Air
Sponsors Link

Cara selanjutnya adalah dengan cara cincang bawang merah dan selanjutnya masukan irisan bawang merah tersebut ke dalam segelas air putih serta minum segera. Cara ini dipercaya mampu mengusir rasa dingin pada penderita.

  • Bawang Merah dengan Jus Jeruk

Caranya cincang bawang putih dan biarkan selama 15 menit. Kemudian makan bawang merah tersebut dan minum jus jeruk segar yang telah disiapkan sebelumnya. Ulangi cara tersebut dan lakukan setiap hari menjelang tidur malam.

  • Bawang Merah dengan Teh Jahe

Cara terakhir ini dipercaya paling ampuh dalam mengusir virus influenza. Dimana caranya adalah dengan memasukan irisan bawang merah ke dalam wadah dan tambahkan segelas air putih serta 2 sendok makan teh jahe kemudian rebus segera. Setelah mendidih maka diamkan selama 5 menit selanjutnya saring. Hasil saringan tersebut tambahkan 2 sendok makan madu dan minum segera. Ulangi cara ini setiap bangun pagi sehingga mampu mengatasi batuk dan flu.

Demikian penjelasan singkat tentang cara mengobati flu dengan bawang merah. Cara ini bukan cara instan atau cara yang sekali dilakukan langsung terlihat hasilnya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan secara berkelanjutan dan rutin. Bagi Anda yang cenderung atau sering flu maka sebaiknya Anda perhatikan penjelasan diatas agar Anda dapat sembuh dari flu dengan memanfaatkan bawang merah secara tepat dan benar.  Untuk semakin menambah wawasan anda, maka kami sarankan anda untuk membaca penyebab batuk berdahak dan cara ampuh mengatasi batuk.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan