Sponsors Link

Pilek Menahun Apa Bisa Sembuh? Ketahui juga Cara Mengobatinya

Sponsors Link

Pilek merupakan sebuah gejala penyakit dari infeksi ringan pada saluran sinus, tenggorokan, hidung dan saluran pernafasan atas karena serangan dari virus. Pilek juga sering di kenal dengan istilah common cold. Walaupun sering di samakan dengan flu, namun sebenarnya pilek dan flu memiliki perbedaan, terdapat beberapa perbedaan flu dan pilek yang bisa di temukan.Pilek bisa menyerang siapa saja, dari anak – anak hingga orang dewasa. Gejala yang di timbulkan oleh seseorang yang terjangkit pilek sebagai berikut: sering bersin, sering batuk, hidung tersumbat karena itu akan ada sensasi pernafasan yang tak lancar, suara parau, hidung berlendir dan demam.

ads

Penyebab pilek yang paling umum adalah virus HRV atau human rhinovirus. Virus yang masuk dan menginfeksi tubuk dapat dengan tidak sengaja masuk dengan sistem penularan dari virus yang terbawa oleh seseorang penderita yang sedang batuk maupun mengalami bersin. Masuknya virus juga bisa karena kontak langsung dengan berbagai benda yang terrkontaminasi oleh virus tersebut. Dan jika anda telah terkontaminasi, tentunya anda harus mencari tau tentang cara mengobati pilek.

Gejala Pilek Yang Sering Dikeluhkan

Selain HRV ada beberapa virus lain yang kemungkinan menjadi penyebab terjadinya pilek seperti HPIV human parainfluenza virus, RSV respiratory syncytial virus, adenovirus dan coronavirus. Virus akan masuk melalui mulut, hidung dan bahkan melewati mata. Setelah virus tersebut berhasil masuk dan melakukan proses inkubasi, maka akan mulai menimbulkan berbagai tanda dan gejala, sebagai berikut:

  • Hidung Tersumbat

Siapapun yang terserang pilek pastinya selalu mengeluhkan tentang hidung yang tersumbat, gejala ini tentunya akan sangat menggangu. Karena adanya sumbatan di saluran pernafasan yang biasanya dapat berfungsi dengan normal. Setelah mengalami filek akan sangat terganggu apalagi ketika sedang berbaring dan hendak beristirahat. Tumbulnya pembengkakan di bagian pembuluh darah kapiler di rongga hidung menjadi penyebab umum adanya sumbatan di hidung yang di akibatkan oleh reaksi radang yang di sebabkan oleh infeksi virus.

  • Batuk

Batuk juga akan timbul bersaaman dengan gejala lain dari pilek. Apapun jenis batuknya, baik itu batuk kering atau batuk berdahak akan sangat menggangu tentunya dan ini juga termasuk kedalam daftar gejala yang sering di keluhkan. Dan akan lebih menggangu jika gejala batuk kambuh pada saat malam hari. Hal ini tentunya akan menggangu jam istirahat tidur malam anda. Kekurangan dan tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup merupakan dampak dari keluhan ini. Tubuh andapun akan menjadi mudah lemas, lesu dan imun akan lebih menurun fungsinya. Walaupun peranan batuk secara alamiah dapat membuang benda asing dari tenggorokan. Hanya saja penularan pilek dapat terjadi dengan adanyanya udara yang tekontaminasi saat seseorang penderita batuk.

  • Ingus atau Lendir

Gejala pilek yang tidak akan pernah ketinggalan adalah adanya hidung yang mengeluarkan ingus atau berlendir. Kegiatan sehari – hari pastinya terganggu akibat adanya ingus yang menumpuk di rongga hidung ini selama anda mengalami pilek. Walaupun produksi ingus sendiri merupakan salah satu proses pertahanan tubuh terhadap infeksi, namun tetap saja gejala ini menggangu keseharian anda.

Itulah ketiga gejala umum yang sering di keluhkan ketika seseorang terserang pilek. Walaupun pada dasarnya penyakit pilek dapat sembuh dengan sendirinya, namun sebagian orang akan tetap mencari tau tentang cara mengobati pilek pada bayi karena biasanya para orang tua akan lebih cemas jika bayi mereka terserang berbagai macam jenis penyakit. Walaupun pada orang dewasa gejala pilek akan berkurang dengan sendirinya ketika melakukan istirahat yang cukup, memenuhi kebutuhan gizi dan dipadukan dengan beberapa obat batuk dan pilek tradisional.

Sponsors Link

Penyebab Pilek Menahun

Pilek biasanya di anggap penyakit biasa dan tidak terlalu serius. Ini dikarenakan pilek yang biasanya akan sembuh dengan sendirinya dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Biasanya pilek hanya akan berlangsung selama 3 hingga 10 hari untuk orang dewasa. Pada anak – anak akan berlangsung lebih sedikit lama karena sistem imun mereka tidak terlalu baik pekembangannya jika di bandingkan dengan orang dewasa. Pilek pada anak dapat berlangsung hingga 3 minggu jika di sertai dengan gejala batuk. Namun, pada sebagian orang dapat mengalami gejala pilek yang berlangsung lama hingga menahun.

Tentu saja ini adalah kondisi dimana penderitanya akan merasa tidak nyaman sama sekali. Selain hal tersebut, adanya gejala pilek menahun tentunya butuh sebuah penanganan dan kewaspadaan, karena ini bisa menjadi sebuah indikasi adanya penyakit lain yang serius. Jika seseorang mengalami gejala tersebut pastinya akan terbesit pertanyaan tentang apakah pilek menahun apa bisa sembuh? Karena beragam gejala pilek yang mjungkin di timbulkan oleh pilek menahun, maka berikut ulasan beberapa penyebab terjadinya pilek menahun:

ads
  • Reaksi Alergi

Alergen merupakan penyebab tersering terjadinya pilek menahun pada manusia. Reaksi alergi penyebab terjadinya pilek menahun biasanya akibat dari alergen debu, tungau, tepung, serpihan kayu, serbuk sari dan bebagai alergen lainnya. Ketika reaksi alergi terjadi maka tubuh otomatis akan melakukan tidakan untuk mengeluarkan alergen atau benda asing tersebut. Pelepasan beberapa senyawa seperti histamin untuk mengatasi alergen tersebut akan memicu peradangan di daerah hidung hingga memberikan beberapa gejala dari pilek.

  • Sinusitis

Pembengkakan atau adanya reaksi radang di dinding jaringan sinus adalah pengertian dari sinusitis. Penyakit sinusitis merupakan penyakit dimana sinus tidak di isi oleh udara namun berisi tumpukan cairan atau lendir. Sehingga infeksi mudah terjadi karena adanya kuman, virus, jamur maupun bakteri yang menimbulkannya. Gejala pilek pada penyakit sinusitis akan mucul lebih lama daripada gejala pilek biasa.

  • Polip Hidung

Polip hidung adalah sebuah pembengkakan atau tumbuhnya jaringan yang tidak bersifat kanker di dalam sinus dan saluran hidung. Jika masih berukuran kecil, maka polip hidung tidak akan memberikan gejala apapun. Namun, ketika polip membesar maka bebagai gejala seperti berbagai gejala pilek akan mulai muncul. Dan selama polip tidak mengecil maka gejala akan tetap terus di rasakan bahkan berlangsung selama bertahun.

Jika anda mengalami gejala pilek yang berlangsung lama hingga bertahun, maka 3 penyebab tersebut adalah penyebab yang mungkin menyebabkan gejala tersebut. Dan jika anda sedang mencari cara mengobati pilek terus menerus, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dan mengobati penyebabnya terlebih dahulu.

Cara Mengobati Pilek Menahun

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya bahwa pengobatan dari pilek menahun akan bergantung pada penyebabnya, maka berikut kami rangkup beberapa penanganan sesuai dengan penyebabnya :

1. Sinusitis

Untuk mengatasi sinusitis anda bisa menggunakan beberapa ramuan herbal berikut ini :

  • Bawang Putih

Bawang putih telah lama di percaya dan di kenal sebagai obat anti radang. Jadi jika anda mengalami gejala pilek menahun akibat sinusitis, cobalah menggunakan pengobatan alami menggunakan bawang putih ini.

  • Pot Neti

Mungkin sebagian orang masih belum mengenal alat yang satu ini. Alat ini merupakan sebuah peralatan untuk menangani sinusitis, berbentuk seperti sebuah teko mini yang memiliki lubang kecil. Anda tinggal memasukkan ramuan garam yang diseduh dengan air hangat kemudian meletakkan ujung dari pot tersebut di dekat lubang hidung anda.

  • Cuka Apel

Agar lendir dan gejala gatal yang di timbulkan oleh sinusitis anda harus menggunakan cuka apel. Cara membuat ramuan ini pun tidaklah sulit. Anda hanya perlu mencampurkan cuka apel dengan iar hangat. Konsumsi ramuan ini secara rutin 3 kali per hari agar lendir padat akibat sinusitis dapat terkikis.

  • Ekstrak Biji Anggur

Terdapat beragam zat yang berguna di dalam ekstrak biji anggur, seperti anti radang, antibiotik, anti virus dan anti jamur. Dengan menggunakan obat herbal ini, maka infeksi akibat sinusitis akan berangsur hilang.

2. Polip Hidung

Sponsors Link

Berikut cara alami dalam mengatasi polip hidung :

  • Jeruk Nipis

Gunakanlah ramuan perasan air jeruk nipis dengan jahe secara rutin untuk mengatasi peradangan dan mengatasi pembengkakan yang terjadi.

  • Temu Putih

Gunakan secara rutin ramuan rebusan air temu putih dengan daun sambiloto dua kali sehari agar meredakan gejala polip hidung yang anda derita.

  • Daun Sirih

Seperti ramuan herbal sebelumnya, polip hidung dapat diatasi dengan ramuan rebusan air sirih yang telah di saring sebelumnya.

Sisitem imun lemah, jika penyebab pilek bertahun di sebabkan sistem imun yang lemah, maka penanganan nya adalah :

  • Berhenti dan jauhi rokok. Rokok tidak hanya mengancam kesehatan paru – paru, namun juga meningkatkan reaksi radang saluran pernafasan.
  • Kelola stres dengan baik, stres merupakan faktor yang bisa menurunkan sistem imun dan memicu berbagai macam penyakit.
  • Mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan, konsumsi yang cukup akan memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga bisa mengoptimalkan sisitim imun.
  • Dapatkan kebutuhan vitamin D dengan sinar matahari yang cukup. Kekurangan dari vitamin ini bisa mengakibatkan tingginya resiko terkena berbagai reaksi radang.
  • Perbanyak Konsumsi air putih untuk mengatasi masalah peradangan yang terjadi.

Demikianlah ulasan tentang pilek menahun apa bisa sembuh yang kami sajikan untuk anda. Pada sebagian orang gejala pilek menahun ini dapat datang hanya pada saat – saat tertentu. Namun, gejala – gejala tersebut bisa muncul kapan saja tanpa ada pertanda maupun aba – aba. Jika masih terjadi gejala yang berlanjut, maka di sarankan untuk berkonsultasi dengan pihak medis agar anda mendaptkan penanganan yang terbaik.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan