Sponsors Link

5 Cara Mengobati Pilek Bayi 1 Bulan Sampai Sembuh

Sponsors Link

Ketika bayi mengalami pilek, maka akan membuatnya kesulitan bernapas sehingga membuatnya kesulitan tidur. Kondisi ini tentunya akan membuat setiap orang tua merasa khawatr, terlebih lagi jika bayi tersebut masih berusia 1 bulan karena penanganannya pun sedikit berbeda dibandingkan dengan mengatasi pilek yang dialami oleh anak – anak maupun orang dewasa.

ads

Mengapa bayi terkena pilek? Sebenarnya pilek bisa menyerang siapa saja, baik bayi maupun orang tua sekalipun tidak lepas dari terkena pilek. Meskipun sebenarnya pilek bisa sembuh dengan sendirinya, namun karena sistem kekebalan tubuh pada bayi masih belum sempurna, maka pilek yang dialami tersebut juga lumayan membutuhkan waktu agar bisa sembuh.

Pengobatan alami untuk Pilek Bayi 1 Bulan

Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda penjelasan tentang bagaimana cara mengobati pilek bayi 1 bulan yang bisa anda lakukan dengan mudah tanpa harus membuat bayi anda menderita karena cara – cara yang akan kami jelaskan ini memang kerap dilakukan oleh ibu sesuai dengan saran medis.

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengobati pilek bayi 1 bulan, kami menganjurkan anda membaca beberapa informasi yang juga tidak kalah penting seperti pilek pada bayi lama sembuhpenyebab bayi susah tidur karena pilek, serta cara mengobati pilek pada bayi secara alami.

1. Memberikan ASI

Cara mengobati pilek bayi 1 bulan yang pertama adalah dengan memberikan ASI secara ekslusif. ASI atau Air Susu Ibu memang merupakan sebuah pengobatan alami yang dilakukan untuk membantu mengatasi berbagai masalah bayi, salah satunya adalah digunakan untuk mengobati pilek.

ASI memang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga nantinya akan membuat tubuh bayi menjadi tahan terhadap berbagai macam penyakit. Oleh sebab itulah banyak ahli medis menganjurkan bahwa lebih baik bayi yang masih berusia 1 bulan itupun untuk diberikan ASI secara ekslusif karena lama kelamaan kondisi bayi tersebut akan semakin membaik. Anda harus ingat bahwa ketika bayi tersebut tidak bisa diberikan ASI secara langsung, maka anda bisa melakukan cara lain adalah dengan memerah ASI tersebut menggunakan tangan.

2. Memberikan Susu Formula

Untuk cara ini merupakan sebuah cara pilihan yang bisa anda lakukan ketika bayi anda kesulitan untuk menerima ASI. Meskipun susu ini tidak memiliki kandungan antibodi seperti yang ada pada air susu ibu dimana kandungan inilah yang akan berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan bayi, namun susu formula akan sangat berguna untuk mencegah bayi agar tidak sampai terkena dehidrasi.

Seperti yang juga telah dijelaskan pada postingan sebelumnya bahwa bayi cenderung akan mengalami dehidrasi ketika mereka pilek. Maka untuk mencegah hal tersebut, susu formula bisa menjadi salah satu langkah yang tepat yang bisa dilakukan oleh ibu.

Selain itu memang susu formula mengandung vitamin, protein, dan juga mineral yang sangat bermanfaat untuk mencegah bayi agar tidak sampai mengalami kondisi lemah sehingga akan menyebabakan pilek yang dialami terkesan semakin parah. Maka dari itu, penting untuk memberikan susu formula ketika bayi anda tidak bisa atau belum bisa menerima air susu ibu dikarenakan kondisi pilek tersebut. Dan anda juga harus ingat bahwa segera hentikan penggunaan susu formula ini jika pilek yang dialami bayi disertai dengan diare.

Sponsors Link

3. Menggunakan Humidifier

Cara lain yang juga bisa anda lakukan untuk mengobati pilek bayi adalah dengan humidifier untuk ruangan bayi anda. Humidifier berguna untuk membuat bayi anda agar supaya bisa tidur dengan tenang dan nyaman meskipun dalam keadaan pilek.

Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minnyak telon atau juga bisa minyak kayu putih untuk alat tersebut. Suhu hangat serta aroma yang dikeluarkan oleh humidifier tersebut nantinya akan membuat bayi anda bisa beristirahat dengan nyaman dan tenang dan yang terpenting tidak menangis.

Adapun jika pada waktu itu anda menggunakan AC, maka kami sarankan untuk menurunkan suhunya agar supaya udara yang dikeluarkan AC tersebut tidak membuat bayi anda kedinginan yang hanya akan membuat lendir atau ingusnya semakin mengental.

4. Penguapan Alami

Sponsors Link

Cara selanjutnya yang bisa menjadi pilihan bagi ibu untuk mengobati pilek pada bayi usia 1 bulan adalah dengan melakukan penguapan alami. Cara ini juga disebut sebagai inhalasi dimana sudah dilakukan secara bertahun – tahun oleh masyarakat jaman dulu dan memang terbukti bisa membantu mengencerkan dahak atau lendir yang menyebabkan bayi anda menderita pilek.

Uap panas yang keluar dari inhalasi inilah yang nantinya akan dihirup oleh bayi anda. Selain itu, air hangat tersebut akan membuat tubuh bayi anda tetap segar dan tidak lemas mesksipun sedang dalam keadaan pilek. Untuk cara melakukannya pun sangat mudah karena anda hanya perlu meyipakan ember berukuran sedang kemudian anda masukkan air hangat ke dalamnya.

Pastikan airnya benar – benar hangat agar bayi anda tidak sampai kepanasan. Anda juga disarankan untuk menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau juga bisa minyak telon. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

5. Mengatur posisi bayi

Cara lain yang kami sarankan untuk anda lakukan adalah dengan mengatur posisi bayi, terutama untuk posisi ketika ia sedang tidur. Memang sebenarnya bayi disarankan untuk posisi telentang, namun karena bayi sedang dalam kondisi pilek, maka tentu posisi ini tidak dianjurkan sebagaimana yang dijelaskan posisi tidur saat pilek.

Ketika bayi anda sedang tidur, maka posisinya harus dimiringkan. Hal ini bertujuan agar supaya ingus atau lendir yang ada di dalam hidung bayi anda semakin banyak. Kami juga menyarankan anda untuk melakukan cara menyedot ingus bayi dengan mulut.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan