Sponsors Link

13 Cara Mengobati Batuk Dengan Daun Saga Secara Efektif Tanpa Efek Samping

Sponsors Link

Mungkin sebagian besar dari kalian masih asing tentang tanaman saga. Saga merupakan salah satu jenis tanaman pagar yang sering tumbuh dan berkembang di area perdesaan. Tanaman ini memiliki ciri – ciri seperti daunnya ynang bulat kecil dan bijinya berwarna merah. Meskipun ukuran daun saga kecil namun daun saga ini memiliki manfaat kesehatan bagi manusia. Salah satu khasiat dari daun saga adalah mampu mengobati batuk. Mayoritas orang mempercayai bahwa daun saga sangat ampuh dalam mengobati batuk. Pada kesempatan ini di artikel ini akan dibahas secara lengkap dan mendalam tentang cara mengobati batuk dengan daun saga.

ads

Artikel terkait:

Mayoritas orang sering meremehkan batuk karena mereka menganggap batuk akan mudah sembuh dengan sendirinya tanpa harus diobati. Anggapan ini salah besar karena batuk dapat menjadi gerbang utama dalam masuknya virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit yang lebih berbahaya lagi. Oleh sebab itu, Apabila Anda terkena batuk sebaiknya segera diobati dengan cepat, tepat dan benar. Salah satu cara pengobatan batuk yang tepat dan benar yaitu dengan memanfaatkan daun saga.

Kandungan Nutrisi Daun Saga

Sebelum memanfaatkan suatu tanaman menjadi obat herbal maka sebaiknya Anda harus perhatikan terlebih dahulu kandungan nutrisi dari tanaman tersebut. Sejalan dengan kondisi tersebut maka dalam memanfaatkan daun saga sebagai obat batuk maka sebaiknya harus diketahui kandungan nutrisi daun saga yang baik untuk mengobati batuk. Berikut ini kandungan nutrisi daun saga, antara lain:

  • Antioksidan, yang befungsi untuk mencegah munculnya kanker
  • Alkoloid
  • Saponin
  • Polifenol
  • Flavonoid
  • Tanin
  • Kalium oksalat
  • Pentosan
  • Poligacturomic acid
  • Flisirzinat
  • Glisirizin
  • Protein
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B6
  • Vitamin C

 Manfaat Daun Saga Untuk Mengobati Batuk

Daun saga ini memang terbukti ampuh dalam mengobati batuk. Beagam jenis batuk dapat diobati dengan memanfaatkan daun saga. Berikut ini beberapa manfaat daun saga untuk mengobati batuk, antara lain:

  • Mengobati Batuk Berdahak

Secara medis batuk dibedakan menjadi dua yaitu batuk bedahak dan batuk kering. Batuk berdahak merupakan jenis batuk yang terdapat dahak atau lendir pada tenggorokan. Batuk jenis ini membuat ketidaknyaman penderita dalam beraktifitas seperti saat menelan makanan dan saat berbicara. Hal ini dikarenakan terdapat cairan atau yang lebih dikenal dahak di tenggorokan. Salah satu cara mengobati batuk berdahak dengan memanfaatkan daun saga. Daun saga dipercaya ampuh dalam mengencerkan dahak sehingga dahak dapat dikeluarkan secara mudah dari tenggorokan penderita.

  • Mengobati Batuk Kering
Sponsors Link

Batuk kering merupakan kebalikan dari batuk berdahak yaitu batuk yang tidak terdaapt dahak atau cairan di tenggorokan. Meskipun tanpa dahak, batuk ini juga sangat mengganggu penderita dalam berkatifitas sehari – hari. Salah satu cara dalam mengobati batuk kering yaitu dengan memanfaatkan daun saga. Dimana daun saga mampu melegakan tenggorokan dan rongga hidung sehingga akan mempermudah penderita dalam bernafas dan mampu menyembuhkan batuk kering. Anda juga mengobati batuk yang anda alami dengan khasiat belimbing wuluh untuk batukkhasiat jeruk nipis untuk flu, dan juga obat tradisional batuk berlendir.

Pengobatan Batuk Herbal

Dalam mengobati batuk dengan daun saga diperlukan treatment khusus dalam membuat ramuan hermal berbahan dasar daun saga. Seperti manfaat daun saga untuk mengobati batuk  maka cara mengobati batuk dengan daun saga juga dibedakan menjadi dua macam yaitu cara mengobati batuk berdahak dengan daun saga dan cara mengobati batuk kering dengan daun saga. Hal ini dibedakan karena memiliki cara yang berbeda untuk setiap jenis batuk. Berikut ini cara mengobati batuk dengan daun saga berdasarkan jenisnya, seperti dibawah ini.

  • Cara Mengobatai Batuk Berdahak dengan Daun Saga

Sebelum Anda membuat ramuan herbal daun saga maka Anda harus menyiapakan beberapa bahan seperti:

ads
  1. Beberapa helai daun saga
  2. Air sebanyak 2 hingga 3 gelas berukuran 240 mL
  3. Gula jawa atau gula pasir

Setelah menyiapkan beberapa bahan diatas, maka Anda dapat membuat ramuan herbal daun saga untuk mengobati batuk berdahak seperti dibawah ini.

  1. Cuci bersih beberapa helai daun saga tersebut dengan air mengalir
  2. Masukan daun saga tersebut ke dalam wadah yang berisi air
  3. Rebuss air dan daun saga tersebut hingga mendidih
  4. Setelah mendidih, diamkan beberapa menit agar lebih dingin
  5. Setelah dirasa dingin maka peras daun saga tersebut hingga keluar cairan hijau pekat kedalam suatu wadah lainnya
  6. Tambahan gula jawa atau gula pasir ke dalam air perasan daun saga tersebut dan aduk hingga merata
  7. Setelah dirasa sudah merata maka segera diminum
  8. Ulangi langkah tersebut dan konsumsi secara rutin sampai batuk Anda benar – benar sudah sembuh
  • Cara Mengobati Batuk Kering deengan Daun Saga

Seperti halnya pengobatan batuk berdahak, pengobatan batuk kering dengan daun saga harus dipersiapkan beberapa bahan seperti berikut:

  1. Beberapa helai daun saga
  2. Air putih sebanyak 2 atau 3 gelas ukuran 240 mL
  3. Garam

Bahan telah disiapkan maka Anda dapat melakukan pengobatan batuk kering dengan memanfaatkan daun saga seperti dibawah ini:

  1. Cuci bersih daun saga tersebut dengan air yang mengalir
  2. Masukan daun saga yang telah dicuci bersih ke dalam suatu wadah yang berisi air den kemudian rebus hingga mendidih
  3. Setelah mendidih maka diamkan dan tunggu beberapa menit agar lebih dingin
  4. Setelah dirasa dingin, Anda dapat menambahkan garam
  5. Minum segera ramuan daun saga tersebut dan lakukan pengobatan ini secara rutin minimal 2 kali sehari.  (Baca juga: batuk karena masuk angin)

Demikianlah penjelasan secara lengkap dan mendalam tentang cara mengobati batuk dengan daun saga. Bagi Anda yang sedang mengalami batuk baik batuk kering maupun batuk berdahak maka Anda dapat memanfaatkan daun saga sebagai obat herbal batuk. Anda dapat ikuti langkah dalam mengobati batuk dengan daun saga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan