Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Gangguan Telinga Saat Flu yang Aman dan Mudah

Sponsors Link

Ketika tubuh manusia mengalami flu ada beberapa gangguan yang mungkin akan dialami oleh penderita flu, antara lain sakit kepala, batuk , sakit tenggorokan atau gangguan telinga. Gangguan telingga saat flu ini sering dikenal sebagai telinga bindeng. Gangguan ini akan berdampak buruk bagi penderita karena fungsi utama telinga adalah menjaga keseimbangan tubuh. Apabila terjadi gangguan telinga maka penderita akan merasakan ketidaknyaman dalam tubuhnya.

ads

Perasaan ketidaknyamanan ini akan berakibat pada pendengaran yang kurang jelas, nafsu makan hilang, mudah tersingung, vertigo, sulit tidur terutama dalam kondisi berbaring, demam jika terdapat infeksi di dalam telinga. Kondisi telinga yang bindeng dikarekan flu dapat menghambat saluran eustachius tube yang berada di dalam telingan.  Pada artikel ini akan dibahas lengkap tentang cara mengatasi gangguan telinga saat flu. ( baca juga : flu disertai deman dan sakit kepala )

Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi gangguan telinga saat flu. Sebaiknya Anda mengetahui lebih dalam penyebab telingga bindeng. baca juga virus yang menyebabkan flu.

Penyebab telinga bindeng:

  • Kondisi telinga terdapat kotoran yang menumpuk dan menyumbat saluran telinga saat udara akan masuk
  • Terdapat eksim di bagian lubang telinga karena reaksi alergi pada saluran telinga
  • Bisul yang tumbuh di dalam telinga yang akan menutupi saluran telinga dikarenakan saluran telinga menjadi terhambat dan menyebabkan telinga bindeng
  • Terkena efek naik pesawat atau menyelam terlalu dalam yang mengubah tekanan udara di bagian dalam telinga ataupun luar telinga yang membuatnya tidak seimbang.
  • Akibat telinga kemasukan air yang menimbulkan cairan tersebut menumpuk di saluran telinga
  • Kondisi saraf telinga rusak yang juga bisa menimbulkan rasa nyeri pada telinga disertai dengan sakit kepala
  • Terjadi peradangan telinga
  • Kondisi telinga mengalami infeksi yang dalam istilah medis dikenal dengan otitis media atau otitis externa

Setelah mengetahui beberapa penyebab telinga bindeng, maka sebaiknya Anda harus mengetahu cara mengatasi ganguan telinga saat flu. Berikut ini cara mengatasi gangguan telinga saat flu.

Cara mengatasi gangguan telinga saat flu:

1.Gunakan manuver Valsava

Dengan menggunakan manuver valsava membantu membuka tabung eustachian Anda yang mengalami penyumbatan. Cara menggunakan manuver valsava ini yaitu dengan menarik napas dalam –  dalam dari hidung Anda dan perlahan – lahan hembuskan kembali napas dengan lembut melalui hidung Anda, dimana kondisi mulut Anda tertutup. Jangan meniup terlalu keras untuk menghindari kerusakan gendang telinga.

2. Terapi uap

Cara yang kedua yaitu melakukan terapi uap. Terapi uap untuk flu ini sangat cocok juga untuk mengatasi gangguan telinga saat flu. Cara melakukan terapi uap adalah siapkan air panas di sebuah wadah. Selanjutnya uap dari air panas tersebut jika Anda hirup akan membantu melonggarkan lendir dan cairan pada telinga.

3. Memasukkan jari ke telinga

Sponsors Link

Cara ini sangat praktis dan ekonomis yaitu Anda hanya perlu memasukkan kelingking ( karena ukurannya yang paling kecil) ke dalam telinga dan gerakan jari ke atas dan ke bawah. Hal ini berdampak baik untuk membuat area telinga menjadi sedikit longgar dan udara dapat masuk memberikan tekanan pada tabung eustachian untuk terbuka.

4. Menggunakan pengering rambut

Dengan bantuan penggering rambut atau bahasa kerennya hairdryer maka dijamin telinga bindeng anda akan sembuh. Cara melakukan ini yaitu dengan menyalakan penngering rambut dan setelah kondisi panas maka Anda bisa arahkan beberapa cm ke arah lubang telingga. Hal ini membantu mempercepat proses pengeringan cairan pada telinga.

5. Minum obat flu

Beberapa obat yang mengandung dekongestan atau antihistamin dipercaya dapat mengobati telinga tersumbat akibat sinus, flu, atau alergi. Sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca dan mengikuti aturan pakai pada label obat. (baca juga : obat flu disertai sakit kepala )

Seperti itulah cara mengatasi gangguan telinga saat flu dengan cara praktis, cepat dan tepat. Bagi Anda yang sekarang sedang merasakan gangguan telinga atau telinga bindeng disaat bersamaan Anda mengalami flu maka cara – cara diatas bisa dijadikan referensi untuk meredakan atau bahkan mengobati gangguan telinga tersebut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (baca juga : tanda – tanda flu akan sembuh )

 

, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan