Sponsors Link

3 Cara Mengobati Batuk Menggigil Yang Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Pada dasarnya batuk bukanlah termasuk sebuah penyakit karena batuk merupakan sebuah respon yang dilakukan tubuh anda ketika merasakan ada benda atau zat asing yang dimungkinkan bisa membahayakan tubuh anda. Namun, jika batuk yang dialami tidak menunjukkan tanda – tanda akan kesembuhan, maka tentunya hal ini sudah bisa menjadi indikasi bahwa anda mengalami penyakit batuk.

ads

Batuk tersebut bisa disebabkan oleh dua hal utama, yakni virus maupun bakteri yang kemudian batuk tersebut bisa menjadi sebuah pemicu anda mengalami penyakit kondisi buruk lainnya seperti misalnya radang tenggorokan atau bahkan bisa menyebabkan anda menggigil.

Perlu anda tahu bahwa terdapat dua jenis batuk yang sering anda alami. Yang pertama disebut dengan batuk tidak berdahak dan yang kedua disebut dengan batuk berdahak. Batuk tidak berdahak merupakan sebuah kondisi dimana pada saat anda mengalami batuk, maka tidak akan disertai dengan keluarnya lendir atau yang disebut dengan dahak.

 

Cara Mengobati Batuk Menggigil

Sementara untuk batuk berdahak merupakan sebuah kondisi dimana ketika anda mengalami batuk maka akan disertai dengan keluarnya dahak atau lendir yang mana hal ini juga bisa menjadi sebuah indikasi bahwa pada waktu itu tenggorokan anda sedang mengalami peradangan. Banyak kondisi yang menyertai batuk seperti misalnya batuk yang disertai dengan menggigil. Untuk anda yang ingin tahu mengenai bagaimana cara mengobati batuk menggigil, maka tentunya anda harus menyimak baik – baik mengenai penjelasan dari kami. Kami sarankan anda untuk membaca informasi yang juga tidak kalah pentng seperti cara mengobati batuk berdahak, khasiat nanas untuk batuk, dan juga mengenai khasiat daun sirih untuk batuk bedahak maupun juga untuk batuk tidak berdahak.

Di bawah ini merupakan beberapa pengobatan yang bisa anda lakukan untuk membantu mengobati batuk menggigil yang anda alami. Pengobatan yang akan kami berikan cenderung kepada pengobatan herbal karena tidak akan menimbulkan efek samping apapun, berbeda dengan ketika anda mengkonsumsi obat – obatan yang mengandung bahan kimia yang mana akan menyebabkan anda mengalami efek samping akibat mengkonsumsi obat tersebut.

1. Teh Jahe

Cara mengobati batuk menggigil bisa anda lakukan dengan membuat ramuan teh jahe. Sudah tidak diragukan lagi bahwa teh mengandung banyak khasiat bagi tubuh kita karena di dalam jahe mengandung antihistamin yang mana zat tersebut memiliki kemampuan untuk meredakan segala hal yang menyebabkan anda mengalami batuk.

Dengan mengkombinasikan dengan teh, maka tentunya khasiat yang akan anda dapatkan juga semakin baik dan bukan tidak mungkin penyembuhan dari batuk menggigil yang anda alami bisa berlangsung dalam jangka waktu yang lebih cepat.

Namun anda harus ingat bahwa anda disarankan untuk meminum teh jahe tersebut secara rutin, minimal pada waktu pagi dan sore hari atau menjelang anda tidur untuk semakin meningkatkan khasiat serta keefektifan dari pengobatan yang anda lakukan tersebut.

2. Belimbing Wuluh

Cara mengobati batuk menggigil yang juga bisa anda lakukan adalah dengan membuat minuman dengan berbahan dasar belimbing wuluh. Belimbing wuluh juga merupakan salah satu bahan yang bisa anda manfaatkan untuk membantu mengatasi batuk menggigil yang sedang anda derita yang mana pengobatannya tidak jauh berbeda dengan khasiat belimbing wuluh untuk batuk.

Sponsors Link

Untuk cara membuat belimbing wuluh ini tentunya tidak terlalu sulit karena yang dimanfaatkan dari belimbing wuluh tersebut yaitu bagian bunganya. Adapun cara pengobatannya yaitu seperti di bawah ini:

  • Anda harus menyiapkan beberapa bunga belimbing wuluh yang sebelumnya sudah anda cuci sampai bersih menggunakan air yang mengalir.
  • Setelah itu, anda siapkan air sebanyak minimal 3 sampai 5 gelas dan kemudian anda rebus air tersebut menggunakan api yang sedang.
  • Ketika air tersebut sudah dirasa mulai masak, maka anda harus memasukkan bunga belimbing wuluh tadi dan kemudian anda aduk secara perlahan – lahan. Anda hanya tinggal menunggu sampai air tersebut nantinya berubah warna menjadi merah.
  • Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan menyaring air tersebut dan siapkan tempat untuk menyaringnya.
  • Yang terakhir adalah dengan meminum air hasil perasan belimbing wuluh tadi dan minum secara rutin minimal dua kali sehari untuk membantu mengobati batuk menggigil yang anda alami.

3. Bawang Merah

Sponsors Link

Pengobatan terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan bawang merah untuk membantu mengatasi batuk menggigil yang anda alami. Di dalam bawang merah juga mengandung beberapa zat yang bermanfaat untuk membantu mengobati batuk, baik itu batuk berdahak, batuk tidak berdahak, sampai batuk menggigil.

Adapun untuk cara atau teknik pengobatan menggunakan bawang merah adalah seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Pertama anda harus menyiapkan bawang merah yang sudah anda kupas dan anda cuci terlebih dahulu dengan menggunakan air yang mengalir.
  • Yang kedua adalah anda harus menyaipkan air untuk nantinya anda rebus sebanyak 3 sampai dengan 5 gelas.
  • Yang ketiga anda mulai memasak air tersebut dengan menggunakan api yang tidak terlalu besar dan tunggu sampai air sudah mulai mendidih.
  • Ketika air tersebut sudah mulai mendidih, maka yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan bawang merah yang sebelumnya sudah anda potong tadi kemudian anda minum air hasil perasan bawang merah tersebut.
  • Anda bisa menambahkan beberapa bahan untuk membuat rasa dari ramuan anda tersebut sedikit lebih enak.

Selain itu, anda bisa melakukan penyajian lainnya yang tentunya lebih simple namun tetap mendapatkan khasiat yang besar untuk membantu mengobati batuk mengggil tersebut. Adapun cara yang kami maksud adalah dengan menambahkan potongan bawang merah tadi ke dalam makanan yang akan anda konsumsi. Cara ini sama dengan khasiat bawang merah untuk batuk.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan