Sponsors Link

34 Cara Mengobati Bersin-Bersin yang Berkhasiat Terampuh

Sponsors Link

Kondisi seseorang mengalami bersin biasanya merupakan ciri – ciri influenza yang paling umum terjadi. Akan tetapi hal ini terjadi berulang – ulang dalam kurun waku lama dan menjadi bersin menahun. Hal ini yang membuat banyak orang merasa terganggu untuk melakukan aktifitas fisik. Pada dasarnya bersin merupakan reaksi tubuh terhadap zat atau partikel kotor atau asing di dalam rongga hidung.

ads

Adakalanya orang bersin dikareakan dia alergi pada kondisi tertentu semisal kondisi dingin dan berdebu. Ketika bersin ini tidak kunjung sembuh dari pengobatan yang tepat maka Anda harus memeriksanya lebih lanjut jangan sampai terjadi bersin keluar darah. Penyebab bersin keluar darah memang sangat sulit diketahui tetapi sebaiknya kita awali dengan pencegahan dengan memeriksakan sedini mungkin ketika bersin yang tak kunjung sembuh.

Bagi Anda yang mengalami bersin – bersin sekarang, jangan khawatir artikel ini akan membahas secara lengkap dan mendalam tentang cara mengobati bersin -bersin. Kondisi ini biasanya bersin – bersin setelah minum obat batuk. Terkadang bersin tidak keluar dari hidung melainkan bersin keluar lendir dari mulut. Berikut ini cara mengobati bersin –  bersin :

  • Terapi Uap

Terapi uap dengan mengunakan aromaterapi memang dinilai sangat bermanfaat untuk mengurangi bersin – bersin yang disebabkan oleh virus, alergi atau penyebab lainnya. Penderita disarankan menghirup uap dari minyak aromaterapi yang dapat merangsang rongga hidung lebih hangat dan membersihkan zat atau partikel kotor atau asing yang berada di rongga hidung. (baca juga : penyebab sering flu)

Cara menggunakannya:

  1. Sediakan minyak aromaterapi yang berbahan dasar mentol
  2. Siapkan air panas dan baskom.
  3. Teteskan beberapa bagian minyak aromaterapi pada baskom berisi air panas
  4. Letakkan lubang hidung diatas uap yang akan muncul diatas baskom
  5. Hirup dalam-dalam dengan pernapasan panjang
  6. lakukan secara rutin sampai bersin terhenti
  • Minyak Mint 

Minyak mint atau dikenal sebagai minyak esensial merupakan minyak yang mengandung zat aktif anti bakteri sehingga dapat mengatasi bersin – bersin atau alergi pernapasan lainnya. Hal ini dikarenakan dapat membuka saluran udara dalam rongga hidung.

Cara menggunakannya:

  1. Sediakan 1 baskom air panas
  2. Teteskan minyak esensial mint secukupnya
  3. Oleskan juga minyak esensial mint pada bagian bawah hidung
  4. Hirup uap dari minyak esensial tersebut dengan bernapas dalam
  5. Sambil menghirup uap tersebut, tutuplah kepala dengan handuk untuk mencegah uap keluar percuma
  6. Lakukan selama 10 menit atau hingga air sudah tidak beruap
  • Jahe

Bahan masakan satu ini memang memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia khususnya dalam hal hangat menghangatkan badan. Jahe dapat menyembuhkan alergi pernapasan seperti bersin – bersin dikarenakan dalam jahe terdapat zat anti inflamsi dan anit viral.

Cara menggunakannya:

  1. Sediakan 1 ruas jahe yang matang
  2. Kupas dan cuci jahe kemudian geprak atau pukul untuk menghasilkan seratnya
  3. Masukan jahe pada air panas dan tambahkan madu secukupnya
  4. Minum hangat-hangat sebelum menjelang tidur
  5. Ulangi cara diatas secara rutin sampai sembuh
Sponsors Link

  • Bawang putih

Bawang putih selain digunakan buat masakan, bawang putih juga digunakan untuk mengobati bersin – bersin. Hal ini dikarenakan dalam kandungan bawang putih terdapat zat yang dikenal sebagai anti hipertensi yang bermanfaat untuk membunuh bakteri jahat penyebab bersin – bersin.

Cara menggunakannya:

  1. Sediakan 5 siung bawang putih
  2. Cincang bawang putih sampai halus
  3. Masukkan bawang cincang dalam air panas
  4. Hirup uap air panas tadi
  5. Lakukan dalam waktu lebih dari 10 menit
  • Ekstrak Jelatang

Ekstrak jelatang atau yang dikenal sebagai teh jelatang dipercaya dapat mengobati bersin – bersin yang tak kunjung sembuh. Hal ini dikarenakan dalam teh jelatang mengandung kalsium, zat besi, mangan dan astringent serta zat antihistamin yang dapat meredakan alergi penyebab bersin – bersin.

Cara menggunakannya:

  1. Jelatang bisa didapatkan dalam bentuk teh atau ekstrak yang sudah dikemas dalam kapsul
  2. Jika Anda memilih dalam bentuk teh, maka seduhlah teh jelatang dengan dicampur 2 sendok makan madu murni
  3. Sambil meminum ramuan tersebut, hirup aromanya atau uapnya dalam-dalam untuk melegakan pernapasan Anda
  4. Jika Anda membelinya dalam bentuk kapsul, maka konsumsi kapsul tersebut sesuai anjuran dokter maupun dosis yang tertera
  5. Lakukan hal tersebut secara rutin selama tiga hari untuk mengembalikan kondisi Anda seperti semula
Sponsors Link

  • Vitamin C

Vitamin C memang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Hal ini dikarenakan vitamin C memiliki khasiat berupa membantu memperlancar saluran pernapasan. Vitamin C dapat diperoleh dengan mengkonsumsi minuman, buah, sayuran atau tablet.

  • Makanan pedas

Cara mengobati bersin – bersin satu ini memang sangat terbukti manjur yaitu mengkonsumsi makanan pedas. Hal ini dikarenakan ketika kita mengkonsumsi makanan pedas maka organ tubuh secara tidak langsung memicu bersin atau mengeluarkan benda asing dalam rongga hidung.

  • Buah masam

Cara alami mengobati bersin – bersin dengan mengonsumsi buah-buahan yang berasa asam seperti anggur atau berry-berryan, jeruk nipis, mangga muda, kedondong dan sebagainya. Hal ini disebabkan rasa asam yang sampai di mulut dapat merangsang saluran pernapasan khsususnya hidung untuk menggeluarkan bakteri maupun benda asing yang terdapat pada rongga hidung.

Nah, seperti itu cara mengobati bersin – bersin secara praktis, ekonomis dan non medis. Bagi Anda yang sedang mengalami bersin – bersin yang tak kunjung sembuh, silahkan dicoba cara -cara diatas. Selamat mencoba dan semoga berhasil. (baca juga : cara mengatasi bersin saat bangun tidur )

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan