Sponsors Link

10 Cara Mengobati Batuk Dengan Bunga Belimbing Wuluh Berkhasiat Ampuh

Sponsors Link

Keadaan tubuh yang mengalami batuk memang sangat tidak nyaman dalam melakukan sesuatu. Batuk merupakan kondisi tubuh yang diakibatkan oleh virus sebagai gejala dari munculnya penyakit lainnya yang lebih berbahaya. Meskipun batuk mudah datang dan mudah disembuhkan, maka batuk harus segara disembuhkan agar tidak lahirnya penyakit kronis. Cara mengobati batuk tidak boleh asal-asalan.

ads

Ada beragam cara dalam mengobati batuk dengan tepat dan benar. Adapun cara tersebut seperti pengobatan dengan cara tradisional. Salah satu pengobatan batuk dengan cara tradisional yaitu menggunakan bunga belimbing wuluh. Bunga belimbing wuluh ini telah dipercaya mampu mengobati batuk secara cepat dan tepat. Pada artikel ini akan dibahas cara mengobati batuk dengan bunga belimbung wuluh.

Artikel terkait:

Kandungan nutrisi di dalam bunga belimbing wuluh

Berikut ini beberapa nutrisi di dalam bunga belimbing wuluh  setiap 100 g belimbing wuluh antara lain:

  • Energi : 32 kal
  • Zat Besi : 1.0 mg
  • Protein : 0.4 g
  • Fosfor : 10 mg
  • Vitamin C : 52 mg
  • Karbohidrat  : 7 g
  • Kalsium : 10 mg.

Manfaat bunga belimbing wuluh untuk mengobati batuk

Sebelum membahas tentang cara mengobati batuk dengan bunga belimbing wuluh, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu manfaat dari bunga belimbing dalam mengobati batuk. Berikut ini beberapa manfaat bunga belimbing wuluh dalam mengobati batuk, antara lain:

1. Meredakan sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan memang erat kaitannya dengan batuk. Awal mula terjadinya batuk disebabkan oleh sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan ini bisa berupa radang tenggorokan atau gangguan tenggorokan lainnya. Apabila Anda mengkonsumsi bunga belimbing wuluh maka akan membantu meredakan sakit tenggorokan dan jika sakit tenggorokan sudah hilang maka batuk akan berangsur – angsur sembuh.

2. Membantu mengeluarkan dahak

batuk berdahak adalah salah satu jenis batuk yang sering dialami oleh penderita. Batuk ini disebabkan oleh produksi lendir yang berlebihan sehingga menggumpal dan menyumbat di tenggorokan. Kondisi ini sangat tidak nyaman dalam menjalankan aktifitas seperti berbicara dan menelan makanan. Dengan memanfaatkan bunga belimbing wuluh secara rutin maka dapat mengencerkan dahak dan membantu mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Apabaila dahak hilang dan produski lendir berkurang akan mengakibatkan batuk akan segera sembuh.

3. Mengurangi intensitas batuk

Batuk yang tidak segera disembuhkan akan menjadi batuk kronsi dan menahun artinya batuk yang tak kunjung sembuh karena sulit untuk disembuhkan. Batuk menahun ini akan terlihat dengan tingginya intensias batuk. Keseringan batuk akan mengakibatkan gangguan pernapasan, nyeri pada pinggang dan kepala pusing. Faktor keseringan atau intensitas batuk ini yang menjadi faktor utama timbulnya jenis penyakit kronis lainnya. Salah satu cara agar intensitas batuk berkurang yaitu dengan memanfaatkan bunga belimbing wuluh yang dipercaya ampuh dalam mengobati beragam jenis batuk termasuk  batuk kronis dan menahun.

Sponsors Link

Kami menyarankan Anda untuk membaca beberapa informasi, antara lain:

Pengobatan Batuk

Beragam cara dalam memanfaatkan bunga belimbing wuluh untuk mengobati batuk. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, ada pula dijadikan olahan atau campuran tertentu. Berikut ini beberapa cara mengobati batuk dengan bunga belimbing wuluh, seperti di bawah ini:

  • Pengobatan batuk anak

Anak memang memiliki tingkat sensitif atau kerentanan terdapat penyakit sangat tinggi. Kondisi ini terlihat anak mudah sekali tertular atau terkena penyakit. Hal ini dikarenakan anak masih memiliki sistem daya tahan tahan tubuh lemah sehingga virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit mudah menyerang dan masuk ke dalam tubuh anak – anak terutama batuk. Anak mudah sekali tertular batuk sehingga anak sangat rentan terkena batuk. Salah satu cara dalam mengobati batuk anak yaitu dengan memanfaatkan bunga belimbing wuluh, seperti ini caranya.

Sponsors Link

  1. Bersihakn bunga belimbing wuluh yang telah mekar dengan air yang mengalir
  2. Tuangkan 5 air gelas ke dalam wadah lalu rebus
  3. Tambahkan gula batu ke dalam air rebusan tersebut, lalu tunggu dan aduk air rebusan tersebut hingga airnya berwarna merah dan volume airnya berkurang setengahnya
  4. Setelah mendidih dan airnya berwarna merah lalu tunggu sampai dingin, setelah dingin maka saring air rebusan tersebut ke dalam suatu wadah
  5. Setelah disarang maka segeralah minum air rebusan tersebut dan ulangi minum air rebusan tersebut agar batuk anak Anda sehat
  • Pengobatan batuk dahak

Bunga belimbing wuluh ini sangat baik untuk mengobati batuk berdahak. Salah satu cara mengobati batuk berdahak ini dengan memanfaatkan bunga belimbing wuluh yaitu urutan pembuatan ramuan bunga belimbing wuluh untuk batuk berdahak ssama seperti dengan pengobatan batuk anak dengan bunga belimbing wuluh. Baca juga obat tradisional untuk batuk berlendir.

  • Pengobatan batuk kering

Salah satu jenis batuk ini yang mudah tertular yaitu batuk  kering. Batuk kering ini merupakan batuk yang tidak mengandung dahak atau lendir. Jadi batuk kering merupakan kebalikan batuk berdahak. Oleh sebab itu, cara pengobatan batuk kering dengan bunga belimbing berbeda dengan pengobatan batuk berdahak. Cara pengobatan batuk kering dengan menggunakan bunga belimbing, seperti dibawah ini.

  1. Siapkan dan bersihkan 5 bunga belimbing wuluh denga air mengalir
  2. Rebus 5 bunga belimbing wuluh dengan menambahkan air sebanyak 5 gelas
  3. Selagi menunggu air rebusan tersebut mendidih, tambahkan garam secukupnya lalu aduk hingga merata
  4. Setelah mendidih dan tunggu hingga air hangat, selanjutnya saring air rebusan tersebut ke dalam suatu wadah dan langsung minum selagi hangat

Demikian penjelasan singkat tentang cara mengobati batuk dengan bunga belimbing wuluh. Bagi Anda yang sekarang lagi batuk maka perhatikan penjelasan diatas agar Anda dapat mengobati dan menyembuhkan batuk Anda dengan memahami cara pengobatan batuk dengan bunga belimbungwuluh.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan