Sponsors Link

Dosis Nipe Drop untuk Pilek Bayi 1 Bulan yang Tepat

Sponsors Link

Bunda, tahukah Anda mengenai nipe drop? Nipe drop merupakan jenis obat kombinasi yang umumnya digunakan sebagai obat yang ampuh untuk mengatasi sakit kepala, sakit punggung,demam, pilek, sakit otot dan keluhan yang cenderung terhadap penyakit flu lainya. Obat tetes hidung tersumbat pada bayi  ini biasanya diberikan berdasarkan resep dokter karena tergolong dalam kategori obat keras. Nipe drop diperuntukan bagi anak-anak dengan batas usia tertentu, untuk bayi biasanya diberikan ketika sudah memasuki usia 4 bulan lebih.

ads

Seperti hal nya obat flu lain, Nipe drop juga memiliki beberapa kandungan zat aktif penting seperti Isothipendyl, hidroklorida, acetaminophen dan lain sebagainya. Obat ini akan bekerja dengan cara mengurangi rasa sakit, bengkak serta menghilangkan rasa tersumbat pada telinga dan hidung. Nipe drop diberikan untuk pasien anak-anak dengan cara di teteskan. Bagaimana dengan bayi yang masih berusia 1 bulan, apakah hidung tersumbat saat tidur dapat disembuhkan dengan menggunakan nipe drop?

Dosis Nipe Drop Untuk Pilek Bayi 1 Bulan

Sakit flu seperti demam, hidung tersumbat hingga pilek dapat dialami orang di berbagai usia, termasuk pada bayi. Bayi yang berada di usia kurang dari 2 bulan tentunya masih rentan dengan konsumsi obat yang mengandung zat aktif tertentu. Jika kita melihat kandungan dari obat Nipe drop yang diklaim untuk ana-anak berusia lebih dari 2 tahun serta obat pengencer ingus bayi  ini, memiliki kandungan beberapa zat aktif seperti :

  • Acetaminophen
  • Isothylpendyl hcl
  • Phenylephrine

Menurut medis, jika melihat dari kandungan zat aktif yang terdapat pada nipe drop, beberapa zat tersebut sebetulnya kurang disarankan untuk diberikan pada bayi berusia kurang dari 2 bulan atau berusia tepat 1 bulan. Seperti zat phenylephrine yang dikhawatirkan dapat menimbulkan efek stimulant pada bayi tersebut, serta zat Isotiphendyl juga dikhawatirkan dapat menimbulkan efek kejang pada bayi yang baru lahir.

Sebaiknya lakukan cek kesehatan pada dokter terlebih dulu. Jika memang dokter memberikan resep nipe drop dengan kandungan bahan tersebut pada bayi Anda, mungkin dokter sudah mempertimbangkan takaran serta efek samping yang lebih ringan pada bayi yang baru lahir atau berusia 1 bulan. Untuk dosis umum dari nipe drop sendiri sebagai berikut :

  • Untuk pasien anak usia > 6 tahun, diberikan 3 hingga 4 kali sehari sebanyak 2 – 4 mL
  • Untuk pasien anak berusia 2 hingga 6 tahun, diberikan 3 – 4 kali sehari sebanyak 1 – 2 mL

Dosis yang tertera tidak menunjukan adanya dosis khusus untuk anak-anak yang baru lahir atau berusia 1 bulan. Oleh sebab itu, terkait dosis memang harus dikonsultasikan dengan pihak dokter anak, agar di dapatkan takaran yang paling pas untuk cara mengobati pilek pada bayi 3 bulan  serta pilek bayi 1 bulan.

Tips Obat Pilek Bayi 1 bulan

Untuk menghindari resiko bayi yang baru lahir akan terkena efek samping dari kandungan zat aktif yang terdapat dalam nipe drop, sebaiknya bunda gunakan obat luar saja. Salah satunya adalah Transpulmin BB atau biasa disebut baby balm. Penggunaanya untuk obat luar, maka akan aman jika digunakan sebagai obat pilek untuk bayi 2 bulan  serta pada bayi yang berusia 1 bulan.

Sebaiknya, mengurangi resiko efek samping akan lebih baik, dibandingkan menggunakan dosis nipe drop untuk pilek bayi 1 bulan, namun setelahnya dapat menimbulkan efek samping yang cukup berbahaya untuk bayi. Selamat mencoba!

, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan