Sponsors Link

Sering Mengeluarkan Dahak Di Pagi Hari? Apa Penyebab dan Cara Mengobatinya?

Sponsors Link

Apakah anda sering mengeluarkan dahak di pagi hari? Sebenarnya dahak diperlukan oleh saluran pernapasan anda karena lendir atau dahak tersebut berfungsi untuk membuat saluran pernapasan anda tetap terjaga kelembapannya, namun jika misalnya dahak atau lendir tersebut terlalu banyak maka tentunya bisa menyebabkan saluran penasapan anda mengalami penyumbatan. Baca juga mengenai setiap habis makan keluar dahak.

ads

Umumnya seseorang yang sering mengeluarkan dahak di pagi hari lebih sering di alami oleh orang tua atau lansia, namun dalam beberapa kasus juga ditemukan bahwa kondisi ini bisa di alami oleh siapapun dan hal inilah yang menjadikan anda mengalami beberapa resiko terkena penyakit tertentu yang nanti akan kami bahas.

Adapun untuk penyebabnya sendiri bisa bermacam – macam, dan umumnya kondisi ini adalah sebuah refleks yang dialami karena terdapat penekanan pada saluran pernapasan anda ketika anda sedang tidur sehingga kemudian dahak atau lendir yang ada di saluran pernapasan anda akan mengalami penumpukan di pagi hari. Sehingga ketik anda bangun, maka akan ada banyak lendir yang biasanya akan dikeluarkan bersamaan dengan batuk.

Penyebab Sering Mengeluarkan Dahak Di Pagi Hari

Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai beberapa penyebab kemungkinan mengapa anda mengeluarkan dahak di pagi hari.

  1. Bronkitis Akus

Penyebab yang pertama dari sering keluar dahak di pagi hari adalah karena mungkin disebabkan oleh bronkitis akut yang mungkin anda alami. Kondisi ini mengacu pada terjadinya suatu pembengkakan bronkus atau saluran udara yang semakin lama akan semakin besar karena disebabkan oleh infeksi dari virus.

Ketika seseorang sudah mengalami infeksi pada saluran udaranya, maka otoamatis akan menyebabkan produksi lendir atau dahak akan mengalami peningkatan. Sehingga ketika anda bangun pada pagi hari, anda akan mengeluarkan dahak tersebut bersamaan dengan batuk, dan juga di dalam beberapa kasus dijelaskan bahwa orang yang mengalami kondisi ini juga akan disertai dengan batuk mengi dan juga merasakan sesak napas. Anda harus mengetahui tentang anak batuk setelah makan coklat.

2. Pneumonia

Penyebab yang kedua dari sering keluar dahak di pagi hari adalah karena disebabkan oleh penyakit pneumonia. Penyakit ini nantinya akan menyerang bagian kantung udara yang terdapat di dalam paru – paru. Berbeda dengan bronkitis akut, pneumonia lebih disebabkan karena infeksi bakteri, meskipun memang juga terdapat kasus yang mana pneumonia disebabkan oleh infeksi virus maupun jamur namun memang kasusnya masih tergolong jarang terjadi.

Seseorang yang mengalami pneumonia selain akan mengalami batuk, ia juga akan mengalami produksi dahak yang meningkat sehingga orang tersebut akan sering mengeluarkan dahak, terutama di pagi hari. Kondisi lain yang menyertai pneumonia adalah seperti mengalami demam, sesak napas, lemas, dan lain sebagainya.

3. Paru-Paru Basah

Paru – paru basah juga bisa menjadi sebab mengapa anda mengeluarkan dahak di pagi hari. Paru – paru basah atau yang juga disebut dengan edema ini akan menyebabkan penderitanya biasanya akan kesulitan bernapas. Namun dalam kasus yang lebih umum dijelaskan bahwa jika orang tersebut mengalami paru – paru basah, maka akan membuat tubuhnya memproduksi dahak yang lebih banyak dibandingkan dalam kondisi normal.

Hal ini yang akan menyebabkan penumpukan di saluran pernapasan sehingga akan sering mengeluarkan dahak tersebut bersamaan dengan batuk, terutama pada pagi hari.

Sponsors Link

Cara Mengobati Keluar Dahak Di Pagi Hari

  1. Teh Jahe

Pengobatan yang pertama yang bisa anda coba untuk membantu mengatasi keluarnya dahak di pagi hari adalah dengan meminum teh jahe. Perlu anda ketahui bahwa di dalam jahe, terkandung senyawa yang bernama antihistamin dan kemampuan decongestant  yang tentunya akan sangat bermanfaat membuat tenggorokan anda menjadi lebih enakan. Selain itu, dengan meminum teh jahe di pagi hari bisa membuat lendir yang ada di saluran pernapasan anda semakin berkurang karena sifatnya yang mengencerkan dahak.

Cara pembuatannya pun sangatlah mudah, anda hanya tinggal memasukkan potongan jahe ke dalam teh yang anda buat. Minum teh jahe secara rutin di pagi hari untuk membantu mengencerkan dahak di saluran pernapasan anda. Baca tentang jenis-jenis batuk maupun juga obat batuk berdahak tradisional.

2. Jeruk Nipis

Pengobatan yang kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan jeruk nipis untuk membantu mengencerkan dahak. Jika anda tidak suka rasa jeruk nipis yang terlalu asam, maka anda bisa mencampurnya dengan madu.

Cara pembuatannya pun sangatlah mudah, anda hanya tinggal mencampurkan jeruk nipis tersebut ke dalam air yang sebelumnya sudah dipanaskan. Anda bisa menambahkan madu jika anda tidak menyukai rasa asam yang ada di alam jeruk nipis tersebut.

Sponsors Link

3. Kunyit

Kunyit juga sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi kenapa anda mengeluarkan dahak di pagi hari. Di dalam kunyit memang terkandung zat yang sangat berguna untuk membantu mengencerkan dahak. Untuk cara pembuatannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menambahkan setengah sendok teh kunyit yang sebelumnya sudah ditumbuk dan kemudian anda campurkan dengan madu. Selanjutnya, anda hanya tinggal memasukkannya ke dalam 1 gelas susu.

4.  Campuran Madu dan Lada Putih

Cara selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan campuran dari madu dan juga lada putih untuk membantu mengatasi dahak berlebih yang sering anda alami di pagi hari. Rasa panas yang nantinya akan ditimbulkan oleh lada putih tentun akan membuat dahak yang ada di saluran pernapasan anda menjadi cair. Untuk cara pembuatannya pun sangat mudah, anda hanya tinggal mencampurkan lada putih ke dalam teh madu.

5. Daun Sirih

Pengoabatan terakhir yang bisa anda coba adalah dengan memanfaatkan daun sirih. Cara yang harus anda lakukan adalah yang pertama anda siapkan sebanyak kurang lebih 5 daun siri, cengkeh, kayu manis, kapulaga, dan juga kemukus. Rebus semua bahan tersebut dengan air sebanyak kurang lebih 2 gelas. Tunggu sampai mendidih sampai air tersebut berkurang hampir setengahnya. Kemudian anda saring, dan minum airnya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda juga perlu mengetahui mengenai cara mengobati pilek.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan