Sponsors Link

3 Cara Mengobati Batuk dengan Biji Selasih yang Alami

Sponsors Link

Anda sedang mengalami batuk, dan ingin mencoba cara mengobati batuk dengan biji selasih? Biji selasih merupakan biji yang didapat dari biji bunga kemangi yang sebelumnya telah dikeringkan. Biji selasih ini sering dikaitkan sebagai obat batuk yang alami dan ampuh. Sebagai bahan alami, tentu saja biji selasih memiliki manfaat untuk kesehatan seperti cara mengobati batuk dengan daun sirsak, salah satunya untuk mengatasi beberapa jenis batuk yang dialami pasien.

Bagi yang mungkin belum mengetahui seperti apa biji selasih itu, bijinya berwarna hitam serta berukuran kecil. Meski kecil, namun biji selasih banyak memiliki nurtrisi penting yang memang dibutuhkan oleh tubuh, seperti khasiat obat batuk transpulmin. Batuk sendiri merupakan suatu reaksi yang spontan dari dalam tubuh, dikarenakan adanya benda asing yang masuk ke dalam tubuh melalui tenggorokan. Namun, batuk yang dialami juga bisa disebabkan karena beberapa factor lain, seperti flu, alergi hingga bakteri.

Cara Mengobati Batuk dengan Biji Selasih

Seperti telah diulas sebelumnya, biji selasih merupakan tanaman sejenis basil atau kemangi, yang sering dimanfaatkan sebagai pengobatan alami. Seperti namanya, biji selasih memiliki ukuran biji yang kecil. Biji selasih ini juga memiliki selaput yang kenyal dan jika direndam dalam air. Selintas, bentuknya mirip dengan telur katak.

Sebelum kita membahas mengenai cara mengobati batuk dengan biji selasih , kita ketahui terlebih dulu mengenai beberapa manfaat dari biji selasih itu sendiri. Adapun manfaatnya untuk kesehatan sebagai berikut:

  • Mengurangi efek yang ditimbulkan oleh nikotin yang merupakan zat racun dalam rokok. Biji selasih membantu untuk meminimalisir efek negatifnya bagi perokok aktif.
  • Membantu untuk menguatkan imunitas tubuh, biji selasih ini dapat meningkatkan system kekebalan tubuh kita. Penyebabnya adalah vitamin C serta antioksidan yang terkandung di dalamnya.
  • Biji selasih dapat membantu mengobati sembelit atau konstipasi, karena memiliki efek karminatif dalam mengobati masalah pencernaan seperti kram perut, perut kembung hingga sembelit.
  • Meredakan stress, karena biji selasih ternyata memiliki kandungan efek menenangkan karena bersifat aromaterapi
  • Biji selasih yang dicampur dengan minuman jahe dan madu, dapat menjadi obat alami untuk meredakan gangguan pernafasan seperti penyakit asma dan bronchitis
  • Biji selasih juga baik untuk dier sehat karena mengandung banyak serat. Serat dapat membuat perut kenyang lebih lama, sehingga bisa menahan lapar dan membuat kita tidak makan secara berlebihan

Khusus untuk mengatasi batuk, biji selasih juga memiliki kandungan antispasmodic, dimana membantu mengobati batuk rejan. Selain itu, cara mengobati batuk dengan gula batu untuk batuk berdahak juga dapat diobati dengan biji selasih untuk mengencerkan dahak.

Batuk rejan ( Whooping cough) umumnya dialami sebagian orang karena adanya infeksi bakteri di organ paru-paru serta saluran pernafasan. Batuk rejan seperti ini bersifat menular dan harus segera diobati. Biji selasih yang memiliki bersifat antispasmodic tentunya dapat membantu membunuh bakteri penyebab batuk rejan.

Batuk berdahak yang juga sering dialami sebagian besar orang, umumnya disebabkan oleh sakit yang dialami seseorang sebelumnya, seperti pilek, sinusitis, pneumonia hingga beberapa kondisi penyakit yang parah seperti warna dahak batuk bronkitis kronis, asma dan gagal jantung.

Adapun cara mengobati batuk dengan biji selasih dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Untuk Batuk Berdahak
  • Buat air teh dan siapkan dalam gelas
  • Siapkan biji selasih kemudian campurkan ke dalam secangkir teh
  • Minum setiap pagi , akan lebih baik jika dalam keadaan hangat

  2. Untuk Batuk Rejan

  • Siapkan jahe dan biji selasih yang sudah bersih
  • Rebus kedua bahan tersebut dengan segelas air untuk beberapa menit
  • Dinginkan, kemudian saring airnya
  • Tambahkan sedikit madu dan minum secara teratur

3. Untuk Batuk yang dialami Anak-anak

  • Siapkan biji selasih yang sudah bersih
  • Jika biji selasihnya bertekstur kering, rendam dalam air
  • Setelah biji selasih menjadi empuk, campurkan ke dalam minuman atau makanan favorit anak-anak

Perlu Anda ketahui bahwa bagian-bagian dari tanaman selasih, tidak hanya biji selasih bisa menjadi cara mengobati batuk dengan biji selasih. Bagian lainya seperti daun, batang, tangkai hingga bunga serta bisa diolah menjadi minyak astiri, juga sering digunakan sebagai obat alami (herbal).

Selain cara mengobati batuk dengan biji selasih dan beberapa bagian lainya pada selasih, dilansir dari jitunews.com, bahwa beberapa penyakit lainya juga bisa diatasi dengan biji selasih. Biji selasih ini dapat merangsang penyerapan , peluruh keringat, peluruh kencing, menghilangkan sakit, membersihkan racun hingga melancarkan peredaran darah.

Batuk bisa dialami oleh siapa saja, baik pasien dewasa hingga anak-anak. Meski begitu, umumnya batuk yang dialami sebagian orang seperti batuk kering atau berdahak, bisa sembuh dengan sendirinya selama beberapa waktu (kurang dari seminggu). Beberapa jenis batuk yang cukup parah seperti batuk rejan, sebaiknya segera diobati dengan cara mengobati batuk dan biji selasih, sebagai  pengobatan alami.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan