Sponsors Link

5 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Dengan Jeruk Nipis Berkhasiat Ampuh

Sponsors Link

Setiap tanaman pasti memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan umat manusia. Salah satu jenis tanaman yang memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan manusia yaitu jeruk nipis. Tanaman ini mengandung vitamin C yang berlimpah dan sangat baik untuk kesehatan manusia. Vitamin C berguna bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga virus, bakteri dan kuman tidak mudah masuk ke sistem dalam tubuh.

ads

Beragam penyakit dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi atau memenuhi asupan vitamin C dalam tubuh antara lain batuk, flu, pilek dan radang tenggorokan. Dalam menderita radang tenggorokan sangat tidak nyaman serta menyiksa pendeirtaya karena ketika mengalami radang tenggorokan pasti penderita susah dalam menelan makanaan serta dalam berbicara. Pada artikel ini akan dibahas secara tuntas tentang cara mengobati radang tenggorokan dengan jeruk nipis.

Artikel terkait:

Gejala Radang Tenggorokan

Dalam proses penyembuban, keadaan penyakit tersebut harus diidentifikasi secara tepat dan benar agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan proses pengobatan. Pada proses identifikasi atau mendiagnosa suatu penyakit harus terlebih dahulu diketahui tanda atau gejala penyakit tersebut. Sejalan dengan kondisi tersebut, dalam proses pengobata radang tenggorokan dengan jeruk nipis maka Anda harus memahami tentang gejala radang tenggorokan. Berikut ini beberapa gejala radang tenggorokan, antara lain:

1. Rasa nyeri pada tenggorokan dan leher

Radang tenggorokan pada umumnya mengalami nyeri disekitar area tenggorokan bahkan sampai di bagian leher. Keadaan ini bisa terjadi karena radang tenggorokan sudah berlangsung lama dan tak kunjung sembuh. Rasa nyeri pada leher akan menjadi parah dan berpotensi terjadi dampak atau gangguan kesehatan lainnya apabila radang tenggorokan tidak kunjung sembuh.

2. Leher menjadi bengkak

Keadaan ini dapat terjadi karena seperti yang dijelaskan diatas bahwa terdapat nyeri pada tenggorokan dan menjalar ke area leher. Kondisi rasa nyeri di leher ini tidak kunjung reda akan berdampak buruk berupa leher menjadi bengkak. Bengkak laeher ini disebabkan oleh otot leher terlalu berkontraksi sehingga mengalami penyembitan pembuluh darah dan akhirnya terjadi proses pembengkakan.

3. Rasa nyeri atau sakit saat menelan makanan

sakit saat menelan makanan memang hal yang wajar ketika Anda mengalami radang tenggorokan. Hal ini dikareakan tenggorokan Anda mengalami peradangan yang apabila terkena benda asing seperti makanan akan mengalami nyeri di area tenggorokan yang terkena radang tersebut.

4. Sakit kepala

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa radang tenggorokan akan berpotensi menghasilkan bengkak di leher. Otot leher mengalami kontraksi yang berleibih akan menyebabkan kondisi tersebut. Selain itu, otot leher yang berkontraksi tersebut juga menghasilkan rasa sakit di kepala. Oleh sebab itu, perlu adanya pengobatan dan secepatnya diobati ketika Anda mengalami radang tenggorokan agar tidak muncul penyakit lain seperti sakit kepala hebat. Baca juga obat flu disertai sakit kepala.

4. Tidak nafsu makan

Sponsors Link

Dampak dari rasa nyeri saat menelan makanan akan membuat penderita radang tenggorokan mengalami penurunan nafsu makan. Oleh sebab itu diperlukan makanan yang khusus ketika mengalami radang tenggrokan seperti bubur atau makanan lembut lainya. Apabila penderita radang makan makanan yang bertektur lembut maka tidak akan menyakiti tenggorokan yang mengalami peradangan tersebut sehingga nafsu makan tetap terjaga terutama kesehatan secara keseluruhan.

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis

Dalam mengobati suatu penyakit dengan obat tertentu terutama obat herbal maka Anda harus mengetahau kandungan nutrisi tanaman herbal tersebut. Sebagai contoh dalam mengobati radang tenggorokan dengan jeruk nipis maka Anda harus mengetahui kandungan nutrisi jeruk nipis tersebut. Berikut ini beberapa kandungan nutrisi jeruk nipis seperti dibawah ini.

  • Vitamain C

Kandungan vitamin C memang sangat banyak di jeruk nipsi. Jeruk nipis merupakan taanaman yang kaya mengandung vitamin C dibandingkan tanaman lainnya. Kandungan vitamin ini sangat baik untuk kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Apabila daya tahan tubuh meningkat maka mengurangi ancaman dari virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit. Baca juga vitamin untuk flu.

ads
  • Antioksidan

Keadaan ini sama seperti vitamin C karena antioksidan memiliki tugas dan fungsi yang ssama yaitu membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan mampu membunuh virus, bakteri dan kuman penyebab radang tenggorokan. Selain itu antioksidan juga mampu menghindari diri dari munculnya sel kanker.

  • Antiseptik

Kandungan pada jeruk nipis yang baik untuk kesehatan ini dapat seperti antioksidan yaitu membunuh bakteri atau kuman penyebab radang tenggorokan. Aantiseptik ini mampu melembabkan dan melumasi tenggorokan yang teriritasi.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan jeruk nipis

Dalam mengobati radang tenggorokan dengan jeruk nipis harus terlebih dahulu mengetahui cara pengobatannya. Cara mengobati radang tenggorokan dengan jeruk nipis ini berbeda dengan cara pengobatan radang tenggorokan dengan tanaman atau obat herbal. Berikut ini beberapa cara mengobati radang tenggoroak dengan jeruk nipis sebagai berikut. Kami sarankan Anda juga membaca  cara menghilangkan sakit tenggorokan karena flu..

1. Minum air perasan jeruk nipis langsung

lakukan aktifitas ini jika Anda terbiasa denga rasa masam. Rutin mengkonsumsi ari perasan jeruk nipis minimal 2 kali sehari akan membantu Anda mempercepat penyembuhan radang tenggorokan.

2. Minum air perasan jeruk nipis plus madu

apabila Anda tidak menyukai rasa masam pada perasan jeruk nipis maka Anda dapat menambahkan madu secukupnya agar terasa manis. Selain itu tambahan madu ini sangat baik untuk menambah stamin dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terkena serangan virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit radang tenggorokan.

3. Berkumur dengan perasan air jeruk nipis, madu dan cuka putih

campuran ketika bahan tersebut dipercaya ampuh dalam mengobati radang tenggorokan. Lakukan aktifitas berkumur tersebut minimal 3 kali sehari selam minimal 3 hari akan membuat radang tenggorokan Anda sembuh.

4. Minum campuran teh jahe panas, madu dan perasan jeruk nipis

komposisi campuran ini sangat lengkap karena ketiganya yaitu jahe, madu dan jeruk nipis memiliki peran dan fungsi yang sama yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi campuran minuman ini akan mempercepat proses penyembuhan raadang tenggorokan Anda apabila Anda rutin mengkonsumsi minuman ini minimal 3 kali sehari

5. Menggosok minyak perasan jeruk nipis

selain diminum atau pengobatan dari dalam, air jeruk nipis ini juga dapat digunakan untuk pengobatan dari luar yaitu sebagai minyak gosok. Minyak gosok dari perasan jeruk nipis ini dapat digosokan ke leher sehingga dapat mengurangi rasa gatal pada tenggorokan.

Demikian penjelasan singkat namun mendalam tentang cara mengobati radang tenggorokan dengan jeruk nipis. Jika Anda mengalami gangguan kesehatan berupa radang tenggorokan maka Anda dapat mencoba cara pengobatan radang tenggorokan dengnn jeruk nipis sesuai dengan penjelasan diatas. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan