Sponsors Link

Redakan Batuk! 4 Khasiat Obat Batuk OBH Combi yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link
Khasiat Obat Batuk OBH Combi

Berbicara mengenai batuk ada banyak jenis-jenis batuk yang biasanya ditandai dengan batuk berdahak atau batuk kering saja. Begitupun untuk pengobatannya, ada banyak obat-obat untuk batuk yang dijual bebas di apotek, khususnya batuk berdahak. Salah satunya ialah obat batuk OBH Combi. Meski demikian, OBH Combi bisa dikatakan salah satu obat yang telah konsisten dan melalang buana sejak tahun 1972 ini faktanya masih terus dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu obat batuk dengan bahan alami sebagai obat batuk hitam. Obat batuk OBH Combi ialah obat batuk yang bisa direkomendasikan untuk Anda yang mengalami batuk berdahak yang biasanya diikuti dengan gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin, dan hidung tersumbat. Obat ini bisa menjadi pilihan sebagai salah satu cara ampuh mengatasi batuk khushsnya pada batuk berdahak dan pilek berkepanjangan juga, loh.

Khasiat Obat Batuk OBH Combi

Komposisi yang terkandung dalam obat batuk OBH Combi kurang lebih sama dengan obat batuk pada merk lainnya yakni mengandung ekspektoran, anthistamin, dekongestan, dan analgesic-antipiretik. Khasiat obat batuk OBH Combi yang utama tersebut berasal dari bahan alami yaitu  succus liquiritiae dimana terkandung di dalamnya ialah sebagai berikut.

  • Ekspektoran berkhasiat untuk mengeluarkan dahak yang ada pada tenggorokan
  • Anthistamin berkhasiat mengurangi gejala alergi yang mungkin diderita selama batuk berlangsung
  • Dekongestan berkhasiat melonggarkan saluran pernapasan sehingga nafas menjadi lega dan hidung tak tersumbat
  • analgesic-antipiretik berkhasiat untuk menurunkan demam dan sakit kepala sebagai gejala flu yang mengiringi batuk

Selain itu, kualitasnya pun dipercaya sebab menggunakan teknologi Water Treatment Plan (WTP) sehingga kandungan air dalam OBH Combi terjaga kebersihannya. Begitupun dengan dengan pengisian OBH Combi dalam kemasan menggunakan mesin-mesin berkualitas tinggi sehingga kesterilan obat ini terjaga. Obat batuk OBH Combi perannya sama seperti paracetamol pada umumnya dalam berntuk kemasan sirup dengan berat satu botol ada yang 60ml dan ada juga yang 100ml. Rasa yang ditawarkan yaitu rasa menthol, ginger, dan honey. Pun dengan cara pemakaian obat tersebut juga bisa dibilang sama dengan beberapa merk obat batuk lainnya seperti kocok dahulu kemasan obat sebelum diminum dan silahkan minum obat tersebut sebanyak tiga kali saja dalam sehari. Jangan melebihi dosis yang dianjurkan. Secara rinci, dosis yang dianjurkan ialah sebagai berikut.

  • Dewasa sebanyak 3 sendok takar yang setara dengan 5 ml diminum 3 kali dalam sehari
  • Anak-anak di atas 12 tahun sebanyak 3 sendok takar yang setara dengan 5ml diminum 3 kali dalam sehari

Cara Mengkonsumsi Takaran OBH Combi

Apabila anda melewatkan satu dosis yang dianjurkan segeralah minum obat selagi Anda ingat. Akan tetapi apabila Anda baru ingat saat waktu untuk dosis selanjutnya, abaikan saja dosis yang terlewat dan lanjutkan konsumsi obat sesuai jadwal, serta jangan gunakan obat tersebut dengan dosis double. Perhatikan pula untuk menyimpan obat batuk OBH Combi di suhu ruangan atau suhu yang tidak lebih dari tiga puluh derajat Celcius, jauhkan obat dari jangkauan anak-anak, perhatikan tanggal kadaluwarsa yang berlaku jangan meminumnya jika telah melebihi batas tanggal aman yang telah ditentukan. Selain itu, jangan buang obat ke saluran pembuangan air atau disiram ke toilet agar tidak mencemari lingkungan yang ada. Berikut ini beberapa yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi obat batuk OBH Combi:

  • OBH Combi tergolong dalam obat keras, maka bacalah aturan pakai terlebih dahulu
  • Jika sedang mengonsumsi obat batuk OBH Combi jangan mengendarai kendaraan bermotor dan mengendarainya
  • Tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak usia di bawah 6 tahun, wanita hamil, dan menyusui. Kalaupun dikonsumsi sesuai dengan resep yang dianjurkan oleh dokter
  • Jangan meminum obat ini dengan obat lainnya sebab akan menimbulkan reaksi yang bermacam-macam dan bisa saja berbahaya bagi tubuh Anda
  • Tidak dianjurkan untuk pengidap penyakit tertentu seperti hipertensi berat, gangguan jantung, diabetes mellitus, gangguan fungsi hati yang berat, serta hipersensitif dengan komposisi yang terkandung dalam obat batuk OBH Combi tersebut sebab akan menimbulkan efek samping yang berdampak buruk bagi kesehatan Anda

Obat-obatan yang tidak boleh digunakan bersamaan dengan OBH Combi yaitu obat-obatan yang dapat menekan susunan saraf pusat (SSP), juga makanan yang dilarang saat batuk dimakan saat meminum OBH, obat anti depresan seperti MAO inhibitor sebab dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan hipertensi, apabila berlanjut akan berpotensi mengalami stroke terutama pada penderita dengan obesitas, metoclopramide sebab dapat meningkatkan efek analgetic paracetamol, Carbamazepine, fenobarbital dan fenitoin dapat meningkatkan potensi kerusakan hati, Kolestiramin dan lixisenatide karena mengurangi efek farmakologis paracetamol, serta Antikoagulan warfarin karena paracetamol meningkatkan efek koagulansi obat ini sehingga meningkatkan potensi resiko terjadinya perdarahan.

Selanjutnya ialah mengenai efek samping penggunaan obat batuk OBH Combi ini antara lain ialah mengantuk, gangguan ringan pada pencernaan, insomnia atau susah tidur, gelisah, eksitasi, tremor, takikardia, mulut kering, dan kerusakan hati yang tinggi apabila Anda mengonsumsinya dalam dosis yang besar dan dalam jangka panjang. Efek samping paling fatalnya yaitu efek pada kulit atau dalam medis disebut dengan syndrome Stevens-Johnson dan nekrolisis epidermal toksis yang diakibatkan pemakaian obat dengan kandungan paracetamol. Namun tenang saja, efek samping yang satu ini sangat jarang terjadi. Selain itu anda juga bisa mencoba obat batuk berdahak tradisional untuk cara yang aman dan tepat untuk pengobatan batuk.

, , ,