Sponsors Link

7 Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Garam Terbukti Langsung Ampuh

Sponsors Link

Batuk berdahak ada baiknya diatasi dengan cara mengeluarkan dahak dengan garam. Dengan memilih cara yang alami seperti ini, tentunya batuk pilek disertai bintik merah akan segera mereda dengan sendirinya tanpa efek samping yang berbahaya bagi tubuh penderitanya. Oleh sebab itu ini merupakan pilihan kebanyakan orang yang tidak ingin memakai obat resep dari dokter. Berbagai cara tradisional salah satunya memakai garam telah terbukti selama bertahun-tahun dapat membantu kesembuhan batuk yang maksimal. Jika merasa penasaran dengan khasiat garam pada batuk berdahak, simak berikut ini beberapa penjelasan tentang cara mengeluarkan dahak dengan garam. Termasuk apa saja manfaatnya, bagaimana caranya serta kira-kira efek samping apa yang mungkin terjadi.

ads

Cara Mengeluarkan Dahak

Mungkin banyak yang bertanya-tanya sebenarnya di mana peran garam untuk menyembuhkan suara hilang karena batuk berdahak. Karena tidak banyak orang yang mengetahui manfaat garam tersebut. Oleh sebab itu berikut ini beberapa manfaat minum air garam untuk menyembuhkan batuk terutama pada batuk yang berdahak:

  • Air garam akan membantu melarutkan serta mengencerkan dahak di tenggorokan supaya masuk ke dalam sistem pencernaan tubuh dan dikeluarkan melalui air seni.
  • Air garam juga meningkatkan daya tahan tubuh penderita batuk berdahak setelah tertawa supaya makin cepat pulih dengan sendirinya.
  • Dengan menggunakan air garam maka bakteri maupun virus dalam tubuh akan sembuh dengan sendirinya karena manfaat garam yang juga dapat menjadi antibiotik alami tubuh dalam mengusir kuman.

Jika ingin mencoba mengeluarkan dahak berwarna putih kental menggunakan air garam, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Umumnya lakukan beberapa langkah berikut ini untuk hasil yang lebih maksimal:

  • Panaskan sepanci air hingga dan rebus air hingga mendidih.
  • Jika air terlihat sudah mendidih segera matikan kompor dan tunggu hingga beberapa saat.
  • Tuangkan air pada gelas sebanyak kurang lebih 200-300ml dan tunggu hingga air rebusan menjadi hangat dan suam-suam kuku.
  • Campurkan kurang lebih 2-3 sendok teh garam hingga air larutan terasa asin.
  • Tambahkan madu atau perasan jeruk lemon untuk membantu memberikan rasa yang lebih segar pada larutan air garam.
  • Segera berikan larutan air garam pada anak dalam keadaan hangat terutama pagi dan sore hari untuk hasil yang lebih optimal.
  • Alternatif lain letakkan satu baskom air mendidih yang ditaburi beberapa sendok makan garam dan kemudian biarkan anak menghirup uap air garam tersebut. Cara ini juga diketahui dapat membantu mengeluarkan dahak secara alami dengan perlahan sehingga membantu meredanya ciri-ciri batuk berdahak akan sembuh.

Efek Samping Garam

Menggunakan air garam untuk batuk memang banyak manfaatnya, namun bukan berarti tidak ada efek samping yang tidak terjadi jika digunakan jangka panjang. Untuk melengkapi informasi pada artikel ini, berikut efek samping yang mungkin terjadi jika menggunakan air garam berlebihan:

  • Air garam jika diminum terlalu banyak dapat menimbulkan resiko tekanan darah tinggi. Karena itu berikan larutan air garam secukupnya maksimal 3 kali dalam sehari. Jika penyebab batuk kronis tidak kunjung sembuh sebaiknya bawa ke dokter untuk pengobatan yang lebih maksimal.
  • Penggunaan air garam terus menerus juga memicu timbulnya iritasi pada tenggorokan yang dapat menyebabkan luka dan radang tenggorokan.

Itulah penjelasan singkat tentang cara mengeluarkan dahak dengan garam yang diminati banyak orang. Dengan cara alami ini maka batuk karena minum es diharapkan dapat segera sembuh dan tidak mudah kambuh lagi. Sehingga daya tahan tubuh kembali normal seperti semula dan penyakit batuk menghilang dengan sendirinya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan