Sponsors Link

5 Tips Agar Anak Tidur Nyenyak Saat Batuk yang Paling Efektif

Sponsors Link

Seperti yang kita ketahui bahwa kondisi batuk, pilek, maupun juga flu bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja dan kondisi – kondisi tersebut akan semakin parah ketika pada malam hari. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena udara pada malam hari akan lebih dingin jika dibandingkan dengan di pagi apalagi jika kita bandingkan dengan siang hari. Sehingga hal inilah yang akan menyebabkan iritasi pada hidung maupun tenggorokan anda yang tentunya kemudian akan menyebabkan batuk maupun juga pilek yang anda alami akan semakin parah.

ads

Kondisi tersebut bisa di alami oleh siapa saja, meskipun memang akan lebih berat terjadi pada anak – anak. Anak – anak yang mengalami batuk, terutama di malam hari akan membuat mereka semakin terganggu dan semakin sulit tidur.

Maka dari itu di bawah ini kami akan memberikan beberapa tips agar anak tidur nyenyak saat batuk. Sebenarnya juga tips yang akan kami berikan di bawah ini juga bisa digunakan untuk orang dewasa. Namun, anda sebelumnya juga perlu mengetahui penyebab sering flu dan juga ciri-ciri influenza.

1. Minum Teh Hangat dan Madu

Tips agar anak tidur nyenyak saat batuk yang pertama adalah dengan meminum teh hangat maupun juga madu. Ketika anak anda mengalami kesulitan tidur yang disebabkan oleh batuk, maka salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan membuatkan teh hangat yang bisa anda campur dengan madu. Hal ini bertujuan untuk membantu memberikan rasa nyaman pada tenggorokan serta membantu untuk mengurangi lendir yang terdapat di tenggorokan yang merupakan sebab anak anda mengalami batuk.

Madu memang juga sudah diketahui akan manfaatnya karena dapat digunakan untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk juga di dalamnya membantu untuk meredakan batuk yang anda maupun anak anda alami. Yang harus anda lakukan adalah cukup menambahkan madu sebanyak kurang lebih satu sampai dengan dua sendok teh ke dalam teh yang sudah hangat. Namun perlu anda ketahui bahwa jika anak anda masih berusia di bawah satu tahun, maka anda disarankan untuk tidak memberikan madu kepada anak anda karena dikhawatirkan nantinya bisa mengakibatkan infeksi botulism.

2. Minum Teh Jahe

Tips agar anak tidur nyenyak saat batuk adalah dengan memberinya minuman teh jahe. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa jahe merupakan salah satu rempah – rempah yang sudah dikenal dan digunakan sejak zaman dahulu. Jahe sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi beberapa hal yang berkaitan dengan masalah pada tenggorokan kita. Serta dengan mengkonsumsi minuman yang menggunakan campuran jahe, maka akan membuat tubuh anak anda terasa hangat.

Cara yang harus anda lakukan sangatlah mudah, anda hanya perlu membuat teh hangat dan kemudian ditambahkan dengan beberapa potongan jahe. Jahe juga sudah dikenal karena di dalamnya terkandung senyawa yang dapat digunakan untuk membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh dan juga jahe sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan sirkulasi darah. Anda juga perlu untuk mengetahui cara mengobati flu tanpa obat dan juga obat batuk berdahak tradisional.

3. Mengatur Posisi Tidur

Posisi tidur pada anak anda juga akan sangat mempengaruhi kenyamanannya ketika ia tidur karena jika posisi anak anda salah, maka yang ada malah akan membuat dia semakin tidak bisa tidur dengan nyenyak. Ketik anak anda tidur dalam posisi terlentang maka akan menyebabkan lendir atau dahak yang terdapat pada saluran pernapasan anak anda nantinya akan naik lagi menuju tenggorokan. Hal inilah yang kemudian bisa menyebabkan anak anda akan mengalami batuk.

Jika anda tidak memperhatikan hal ini maka tentunya akan sangat mengganggu anak anda karena tidak akan bisa tidur dengan nyenyak. Iritasi yang dialami oleh anak anda akan semakin parah ketika malam hari, terlebih lagi jika anak anda posisi tidurnya kurang tepat.

Sponsors Link

Maka ketika anak anda ingin tidur, maka disarankan untuk memakai bantal yang empuk dan disarankan untuk diatur menjadi agak lebih tinggi sehingga dapat mengurangi lendir atau dahak agar supaya tidak kembali amsuk ke tenggorokan anak anda. Hal ini sama dengan ketika anda ingin mengatasi gejala Flu Singapura.

4. Mandi Air Panas

Tips agar anak tidur nyenyak yang nomer empata adalah dengan mandi air panas. Disarankan bagi anak anda yang mengalami batuk untuk mandi air panas terlebih dahulu sebelum mereka ingin tidur, terutama ketika anak anda ingin tidur pada malam hari karena udara di malam hari seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa lebih dingin. Disarankan juga untuk menghirup uap air yang keluar dari air panas tersebut.

Namun jika misalnya anda atau anak anda terkena asma, maka disarankan untuk tidak menggunakan cara ini karena dikhawatirkan dapat menyebabkan asma yang dialami akan semakin parah.

5. Minum Obat Batuk

Untuk tips yang terakhir ini juga seharusnya menjadi cara terakhir yang harus anda lakukan jika cara – cara sebelumnya sudah tidak menunjukkan tanda apapun untuk kesembuhan anak anda. Namun, anda harus menyesuikan dosis dari obat batuk yang akan anak anda konsumsi. Oleh karena itu, anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk bisa menentukan dosis yang tepat sesuai dengan kondisi yang sedang dialami oleh anak anda.

Demikianlah yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan