Sponsors Link

3 Penyebab Batuk Berdahak Disertai Mengi Dan Pengobatannya

Sponsors Link

Batuk merupakan suatu hal yang wajar yang diseabkan karena tubuh bereaksi yang bertujuan untuk menghilangkan lendir, maupun benda asing seperti debu, asap, dan atau serbuk sari yang berada pada saluran pernapasan. Batuk pun juga diketahui memiliki dua jenis, yang pertama batuk kering atau yang biasa disebut dengan batuk tidak berdahak, sementara yang kedua yaitu batuk basah atau yang disebut dengan batuk berdahak.

ads

Adapun untuk batuk mengi sendiri adalah suatu kondisi dimana ketika batuk maka akan mengeluarkan bunyi seperti “ngiik”. Hal ini dikarenakan terjadinya penyempitan yang ada di saluran pernapasan yang disebabkan adanya suatu infeksi atau inflamasi yang mulanya karena terkena penyakit batuk. Baca flu disertai sakit gigi.

Batuk, memang sebenarnya tidak berbahaya namun jika dibiarkan terus menerus maka bisa menjadi pemicu akan terjadinya penyakit yang lebih parah. Maka dari itu anda harus waspada dan jika sudah terkena batuk lebih dari tiga hari, maka segeralah mengobatinya dengan cara meminum obat atau anda bisa langsung pergi ke dokter.

Tak hanya itu saja, penyebab batuk mengi diketahui karena seseorang mengalami kekurangan oksigen yang mana terdapat penyempitan pada saluran pernapasan.

Penyebab

Di bawah ini beberapa hal yang dapat mengakibatkan anda terkena batuk berdahak disertai mengi.

  1. Infeksi Saluran Pernapasan Bagian Bawah

Batuk berdahak disertai mengi yang pertama yaitu karena sebenarnya anda mengalmi infeksi di saluran pernapasan bagian bawah. Infeksi yang dimaksud adalah seperti bronkitis dan juga pneumonia. Bronkitis merupakan suatu infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan utama dari paru – paru yang menyebabkan terjadinya suatu peradangan yang terjadi di saluran tersebut.

Sementara pneumonia adalah seuatu infeksi yang menyerang saluran pernapasan terutama paru – paru yang bisa dikategorikan sebagai penumonia ringan maupun juga pneumonia berat. Orang yang mengalami pneumonia akan mengalami sesak nafas, menggigil, batuk yang terus menerus dan jika tidak segera diobati maka bukan tidak mungkin penyakit ini bisa mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang. Adapun gejala yang dialami orang yang terkena batuk mengi hampir mirip dengan gejala ketika seseorang tersebut mengalami pneumonia, seperti demam, sesak napas, sakit kepala, dan juga hidung mampet.

2.  Alergi

Batuk berdahak disertai mengi yang kedua yaitu karena disebabkan oleh alergi. Alergi merupakan suatu reaksi yang dilakukan oleh sistem kekebalan tubuh manusia untuk mengusir atau menghindarkannya dari berbagai hal atau zat yang dianggap berbahaya, meksipun pada dasarnya sistem kekebalan tubuh tersebut tidak mengetahui apakah zat yang dihindari itu berbahaya atau tidak. Seseorang yang mengalami batuk berdahak disertai mengi karena alergi biasanya akan mengalami sesak napas, demam tinggi, hidung mampet, dan juga bisa mengakibatkan mata serta hidung seseorang tersebut menjadi berair.

3. Asma

Batuk berdahak disertai mengi yang ketiga yaitu karena diakibatkan oleh penyakit asma. Asma merupakan suatu penyakit yang dikategorikan sebagai penyakit jangka panjang yang terjadi pada saluran pernpasan dimana penyakit tersebut ditandai dengan adanya penyempitan yang terjadi di saluran pernapasan seseorang.

Penyakit ini bisa menyerang siapapun, tidak memandang usia, jenis kelamin, dll. Orang yang mengalami penyakit asma, saluran pernapasannya akan terasa lebih sensitif dibanding dengan kondisi saluran pernapasan orang pada umumnya.

Sponsors Link

Adapun gejala penyakit asma hampir mirip seperti gejala – gejala yang disebutkan sebelumnya seperti batuk, nyeri dada, dan juga akan mengalami sesak atau kesulitan bernapas.

Pengobatan

Memang sudah banyak obat – obatan yang dijual di toko yang berguna untuk mengatasi batuk berdahak karena mengi. Namun anda tetap disarankan untuk mengkonsumsi obat tradisional terlebih dahulu karena alam memang menyediakan beberapa tanaman yang sangat berguna untuk mengatasi berbagai penyakit yang kita derita. Berikut ini beberapa obat tradisional yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi penyakit batuk berdahak disertai mengi. Baca cara membuat air garam untuk batuk.

  1. Bunga Kenanga

Siapa sangka bahwa bunga kenanga memiliki khasiat yaitu mampu mengobati penyakit batuk yang disertai mengi. Bunga ini memang dikenal sangat ampuh digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang menyerang saluran pernapasan. Cara yang harus anda lakukan sangatlah mudah, yang pertama siapkan beberapa bunga kenanga, kemudian siapkan air. Rebus air tersebut bersamaan dengan bunga kenanga sampai mendidih. Kemudian yang terakhir anda minum sari dari bunga kenanga tersebut sebanyak sekali sehari. Adapun sebagai penambah rasa, anda bisa memasukkan campuran madu ke dalamnya. Baca cara mengolah kencur untuk batuk berdahak.

Sponsors Link

2. Menggunakan Campuran Madu dan Kayu Manis

Cara pengobatan yang kedua yaitu anda bisa menggunakan campuran kayu manis dan juga madu. Seperti yang telah dijelaskan oleh beberapa ahli kesehtan bahwa campuran dua bahan alami ini mampu untuk mengobatai berbagai macam penyakit, terutama untuk penyakit yang terdapat di saluran pernapasan.

Cara yang harus anda lakukan tidaklah suli. Siapkan 2,5 gram kayu manis, dan juga setengah gelas air panas. Kemudian anda bisa menambahkan madu secukupnya. Yang terkahir, aduk semua bahan – bahan tersebut sampai merata dan kemudian minum. Lakukan pengobatan ini secara rutin dua kali sehari yaitu setiap pagi dan sore. Baca mengenai cara meredakan pilek pada bayi.

3. Menggunakan Jeruk Nipis

Bukan hal yang aneh lagi jika bahan alami yang satu ini sangat bermanfaat bagi masakan ibu-ibu dan juga berguna sebagai pengobatan batuk. Siapkan jeruk nipis kemudian anda potong dan peras, lalu kemudian anda bisa menambahkan bawang putih yang sebelumnya sudah dihaluskan, kemudian tambahkan gula aren kira-kira satu sendok. Seduh dengan air panas, dan minumlah sebanyak sehari sekali yaitu pada pagi hari. Baca juga mengenai cara mengobati batuk alergi.

Demikianlah info dari artikel ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan