Sponsors Link

25 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Cepat

Sponsors Link

Saluran pernafasan merupakan salah satu sistem dalam tubuh yang harus terjaga kesehatannya. Karena dari saluran pernafasan itulah tubuh mendapatkan oksigen. Namun seringkali saluran pernafasan terganggu. Penyebab yang paling sering terjadi adalah pilek atau flu. Dan salah satu gejala dari pilek atau flu yang paling membuat jengkel adalah hidung tersumbat.

ads

Saat hidung tersumbat, tentunya pernafasan tidak bisa dilakukan dengan baik, sehingga kemungkinan penderitanya akan lebih sulit untuk tidur. Bernafas pun harus dilakukan melalui mulut. Padahal mulut tidak memiliki penyaring layaknya hidung, sehingga seringkali flu malah lebih lama sembuhnya. Maka dari itu hal ini perlu diatasi. Berikut 25 cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat yang bisa dilakukan.

1. Melakukan terapi uap

Terapi uap merupakan salah satu terapi sederhana dan bisa dilakukan sendiri di rumah dengan cukup mudah. Uap yang masuk ke dalam saluran pernafasan diharapkan bisa melegakan hidung tersumbat. Terapi uap ini juga cukup aman untuk dilakukan pada bayi, terutama bayi yang belum bisa membuang ingus atau lendirnya sendiri. Adapun cara melakukan terapi uap ini antara lain sebagai berikut.

  • Siapkan air panas yang baru saja mendidih dan masukkan ke dalam wadah besar seperti baskom.
  • Untuk hasil maksimal, teteskan minyak esensial yang aromanya paling disukai. Namun jika tidak ada, gunakan saja minyak kayu putih. Teteskan hingga aroma minyak tersebut benar-benar tercium.
  • Hirup uap yang muncul dari air panas tersebut. Bisa juga dengan mendekatkan wajah ke arah baskom, namun pastikan bahwa wajah tidak akan terkena efek panas dari air tersebut.
  • Lakukan cara ini beberapa menit. Untuk hasil terbaik, tutupi kepala dengan handuk agar uap tidak banyak yang hilang sia-sia.
  • Lakukan terapi uap ini di tempat tertutup seperti kamar mandi agar hasilnya lebih maksimal.

2. Mandi dengan air hangat

Cara kedua yang lebih mudah dilakukan namun tetap memiliki fungsi yang sama dengan terapi uap adalah mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat akan memberikan efek relaksasi pada tubuh. Selain itu uap yang keluar dari air hangat bisa juga menjadi terapi uap sederhana sehingga hidung yang tersumbat bisa lebih mudah menjadi lega. Mandi air hangat juga bisa dilakukan dengan meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih di air mandi. Hal ini bisa membantu melegakan tenggorokan. (baca juga: Gejala Influenza)

3. Memanfaatkan rice cooker / magic com

Cara berikutnya untuk meredakan gejala dari hidung tersumbat adalah dengan memanfaatkan rice cooker atau magic com. Mekanismenya masih sama dengan terapi uap dari poin nomor 1 di atas, yaitu terapi uap yang dilakukan dengan peralatan masak agar lebih praktis. Cara yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut.

  • Siapkan rice cooker dan isi dengan air
  • Dengan cara yang sama, teteskan minyak kayu putih ke dlaam rice cooker
  • Masak air tersebut dengan menyalakan rice cooker seperti ketika saat memasak nasi.
  • Uap yang tercipta dari proses pemasakan ini akan membuat ruangan terisi dengan bau-bauan minyak kayu putih. Hal ini akan membantu meredakan gejala hidung tersumbat.
  • Lakukan kegiatan ini hanya selama 30 menit. Jika sudah melewati 30 menit, maka matikan rice cooker.
  • Ulangi cara yang sama sampai 3 kali dalam sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Banyak-banyak mengonsumsi air putih

Saat hidung terasa tersumbat akibat pilek atau flu, tentunya akan banyak lendir yang keluar dari dalam tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh bisa saja mengalami dehidrasi dari dalam. Walau kita tidak menyadarinya. Maka dari itu, imbangi selalu dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Mengonsumsi air putih yang cukup juga bisa mencegah adanya penyumbatan pada hidung dan juga sinus. Untuk hasil terbaik, konsumsi air minum yang hangat agar lebih mudah beradaptasi dengan metabolisme dan suhu di dalam tubuh.

5. Mengoleskan minyak kayu putih

Selain dengan menjadikan minyak kayu putih sebagai salah satu sarana terapi uap, cara untuk melegakan hidung tersumbat berikutnya bisa juga dilakukan dengan mengoleskan minyak kayu putih ke tubuh. Oleskan minyak kayu putih di bagian dada, tenggorokan, dan juga bagian bawah hidung. Minyak kayu putih juga bisa dioleskan di punggung. Hal ini akan memberikan efek yang hangat pada tubuh. Selain itu, minyak kayu putih ini juga bisa membantu melegakan tenggorokan sedikit demi sedikit. Untuk hasil yang lebih efektif, pengolesan minyak kayu putih bisa dilakukan sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas dan nyenyak.

Artikel Terkait:

6. Memanfaatkan khasiat bawang merah

Sponsors Link

Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang kaya akan khasiat. Bawang merah mungkin lebih dikenal sebagai obat untuk demam, yaitu dengan menjadikannya obat kompres. Namun ternyata bawang merah ini bisa juga dijadikan bahan untuk melegakan hidung yang sedang tersumbat. Cara ini juga cukup aman untuk anak-anak maupun bayi. (baca juga: Cara Mengobati Pilek Pada Bayi)

Cara yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut.

  • Siapkan bawang merah yang sudah dikupas sebanyak 1 siung
  • Haluskan bawang merah tersebut dengan cara diparut
  • Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak telon dan aduk rata bersama bawang merah parut
  • Balurkan ramuan tersebut di ubun-ubun sebelum tidur
  • Cara ini akan bisa membantu memperlancar saluran pernafasan ketika tidur, sehingga hidung tersumbat bisa mereda gejalanya dan tidur bisa menjadi lebih berkualitas.
  • Namun hindarilah bagian wajah dan gunakan saja di bagian ubun-ubun.

7. Posisikan kepala selalu lebih tinggi

Salah satu penyebab dari hidung tersumbat adalah jika ada banyak tumpukan lendir yang mengganggu jalannya sistem pernafasan. Lendir ini sendiri bisa terjebak di dalam rongga hidung dan menjadi parah jika posisi tidur salah. Maka dari itu, selalu usahakan agar kepala selalu lebih tinggi saat tidur jika flu sedang menyerang. Cara ini akan membuat sirkulasi udara di hidung tetap bekerja maksimal. Selain itu lendir juga tidak akan terjebak di dalam rongga hidung. Dengan demikian, hidung tersumbat bisa segera mereda gejalanya. (baca juga: Penyebab Batuk Berdahak – Jenis-jenis Batuk)

8. Menggunakan pelembab udara (humidifier)

Humidifier atau alat pelembab udara pada dasarnya bekerja seperti terapi uap. Namun cara kerjanya tentu saja akan lebih praktis dan juga simple. Humidifier memiliki kemampuan untuk melembabkan udara yang kering. Dengan udara yang lembab, tentu saja hidung akan terbantu cara kerjanya karena hidung tidak perlu mengeluarkan cairan untuk melembabkan rongga hidung. Selain itu, humidifier ini bisa juga membunuh bakteri atau virus yang berkeliaran di udara dalam ruangan sehingga bisa mencegah flu bertambah parah.

Untuk menciptakan ruangan yang sehat, para peneliti sepakat bahwa kelembaban di dalam ruangan minimal 30% hingga 50%. Jika kelembaban kurang dari 30%, maka sudah bisa dipastikan akan ada banyak debu dan polusi yang berterbangan di dalam ruangan. Hal ini bisa memperparah kondisi flu atau pilek. Apalagi jika seseorang memiliki alergi terhadap debu atau asap dan juga polusi.

9. Mengonsumsi sup hangat

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat secara alami adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Salah satu makanan sehat yang disarankan adalah sup hangat atau kaldu hangat. Sup hangat ini bisa berisi ayam dan juga bahan sayuran lainnya. Selain suhu hangat yang akan membantu melegakan saluran pernafasan, bahan isian di dalam sup juga memiliki manfaat untuk memberikan nutrisi pada tubuh sehingga sistem imun meningkat dan bisa mempercepat penyembuhan dari flu dan pilek.

10. Memanfaatkan cabai

Cabai merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki rasa pedas. Seringkali memang seseorang yang mengidap flu atau pilek akan merasakan manfaat hidung terasa lebih lega jika mengonsumsi makanan pedas. Ternyata hal ini memang benar, karena cabai rupanya memiliki kandungan capsicum yang baik untuk tubuh. Capsicum pada cabai ini bisa merangsang lencir untuk mencair, sehingga hidung akan terasa lebih lega. Dengan demikian ingus bisa menjadi lebih mudah dikeluarkan sehingga tidak menyumbat hidung lagi. Namun batasi konsumsi cabai jika memiliki riwayat sakit lambung karena hal ini bisa berakibat buruk pada lambung dan sistem pencernaan yang bermasalah.

11. Mengonsumsi minuman jeruk hangat

ads

Selain sup atau kaldu hangat, cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala hidung tersumbat adalah dengan mengonsumsi minuman jeruk hangat. Minuman jeruk seperti yang diketahui bersama adalah minuman yang baik untuk sistem imun tubuh karena memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk membantu melawan virus dan bakteri. Sementara suhu hangat akan bermanfaat bagi kesehatan karena lebih adaptif dengan suhu tubuh itu sendiri. Dengan mengonsumsi minuman jeruk hangat, maka hidung yang tersumbat akan mendapatkan efek yang positif, yaitu menjadi lebih lega. Untuk hasil maksimal, tambahkan juga dengan madu yang berkhasiat juga untuk memberikan kekuatan pada sistem imun tubuh.

12. Mengonsumsi teh herbal

Jenis minuman lainnya selain jeruk hangat yang bisa dikonsumsi untuk melegakan tenggorokan yang tersumbat adalah teh herbal. Teh herbal itu sendiri sudah cukup lama dijadikan bahan ramuan alami untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Teh herbal juga bisa membantu mengencerkan lendir di dalam saluran pernafasan, sehingga hidung menjadi lebih cepat lega dan bisa berfungsi dengan aman kembali. (baca juga:  Cara Mengobati Batuk Berdahak – Cara Ampuh Mengatasi Batuk)

13. Berkumur dengan air garam

Garam merupakan salah satu bahan alami yang tentunya selalu ada di dapur kita. Garam rupanya memiliki khasiat untuk membunuh bakteri (antiseptik alami). Kita bisa memanfaatkan manfaat dari garam tersebut untuk membantu melegakan hidung dan menyembuhkan flu atau pilek. Caranya yaitu dengan berkumur menggunakan air garam. Gunakanlah air yang hangat agar bisa lebih maksimal. Cara ini bisa membantu menghilangkan lendir yang menyumbat di hidung. Berkumurlah juga di pangkal tenggorokan, yaitu dengan mendongak ke atas untuk menghilangkan bakteri yang bersarang di tenggorokan, karena bakteri di tenggorokan juga berhubungan dengan sistem pernafasan.

14. Tetap aktif

Saat sedang pilek atau flu, tentunya mungkin kita lebih suka diam di tempat tidur atau duduk di atas kursi saja. Namun ternyata cara ini kurang baik diterapkan karena bisa menambah besar risiko dari tersumbatnya hidung. Maka sebaiknya tetaplah aktif. Walau tidak melakukan gerakan yang ekstrim dan melakukan pekerjaan berat, setidaknya tetaplah berjalan-jalan atau melakukan gerakan serta olahraga ringan. Cara ini bisa membantu melegakan hidung yang tersumbat.

15. Memanfaatkan bawang putih

Selain bawang merah, rupanya bawang putih juga merupakan salah satu bahan makanan yang ampuh juga untuk membantu menghilangkan gejala hidung tersumbat. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung senyawa alicin yang bisa membantu menyembuhkan beberapa gangguan di dalam tubuh, termasuk flu dan pilek. Bawang putih bisa juga membantu menghilangkan sumbatan di hidung. Caranya adalah dengan menghaluskan bawang putih dan menghirup aromanya. Bisa juga bawang putih digunakan sebagai bahan terapi uap pengganti minyak kayu putih.  (baca juga: Cara Menghilangkan Dahak – Penyebab Batuk Berdarah)

16. Membuang ingus sesering mungkin

Penyebab dari hidung yang tersumbat adalah jika ingus atau lendir di dalam hidung tidak bisa dikeluarkan. Selain itu, ada juga orang yang tidak suka mengeluarkan ingus dari dalam hidungnya, entah karena malu atau malas. Akhirnya lendir tetap dibiarkan berada di dalam hidung. Hal inilah yang sebaiknya tidak dilakukan. Ada baiknya ingus harus selalu dibuang jika memungkinkan. Karena ingus yang tidak dibuang akan berdampak buruk pada saluran pernafasan. Namun jangan membuang ingus dengan paksaan karena bisa berakibat buruk juga pada sinus. Buanglah ingus yang bisa dibuang, dan jangan memaksa hidung untuk mengeluarkan ingus jika memang tidak ada ingus yang keluar.

17. Menggunakan dekongestan

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan hidung tersumbat adalah dengan menggunakan dekongestan. Namun dekongestan ini sebaiknya hanya digunakan berdasarkan resep atau rekomendasi dokter. Fungsi dari dekongestan ini adalah untuk mencegah luka yang disebabkan oleh sinusitis atau membuang ingus yang terlalu keras. Bahan ini juga efektif untuk membantu menghilangkan gejala hidung tersumbat. Ada dua jenis dekongestan yang ada di apotek dan bisa didapatkan dengan resep dokter, yaitu jenis semprot dan juga jenis obat telan. (baca juga: Penyebab Sinusitis)

18. Menggunakan balsem

Balsem merupakan salah satu salep oles yang memiliki kemampuan untuk menghangatkan tubuh. Balsem sering kali digunakan untuk mengatasi nyeri otot. Namun ternyata kita juga bisa memanfaatkan balsem untuk membantu meredakan gejala hidung tersumbat. Salah satu caranya adalah dengan mengoleskannya di dada, tenggorokan, dan juga hidung. Balsem yang dioleskan akan memberikan efek yang hangat dan menghangatkan tubuh. Dengan demikian, saluran pernafasan akan mendapatkan efek yang positif juga. Ingus atau lendir bisa mengencer dan lebih mudah dikeluarkan. Dengan demikian hidung tersumbat akan menjadi lebih lega.

19. Melakukan pemijatan

Salah satu cara tradisional yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan melakukan teknik pemijatan. Cara ini juga cukup populer dilakukan di Jepang. Pemijatan bisa dilakukan di bagian ujung atas hidung yang dekat dengan mata. Cara ini akan memberikan efek relaksasi pada saluran pernafasan sehingga hidung tersumbat pun bisa menjadi lebih lega dan lendir bisa lebih mudah dikeluarkan.

20. Hindari mengonsumsi susu

Susu mungkin terlihat sebagai salah satu bahan minuman yang sehat dan bisa dikonsumsi saat flu sedang menyerang. Namun ada baiknya hindari susu selama flu atau pilek masih menyerang. Hal ini dikarenakan susu bisa merangsang produksi lendir di dalma tubuh, sehingga hidung tersumbat bukannya membaik, namun justru memburuk karena lendir yang ada. Maka dari itu hindari dulu konsumsi susu ketika pilek atau flu sedang terjadi. Ada baiknya konsumsi saja air putih hangat untuk membantu melegakan hidung dan saluran pernafasan. (baca juga: Cara Mengobati Tenggorokan Gatal – Obat Tradisional Batuk Kering)

21. Menggunakan neti pot

Sponsors Link

Neti pot merupakan salah satu alat yang bisa membantu mengencerkan ingus di dalam saluran pernafasan sehingga lebih mudah dikeluarkan. Hal ini akan berdampak pada hidung tersumbat yang bisa mereda gejalanya. Neti pot bentuknya mirip dengan teko air minum, namun ukurannya lebih kecil. Cara menggunakannya yaitu buat dulu larutan pembersih dari air hangat yang dicampurkan dengan garam. Kemudian masukkan larutan garal ke dalam neti pot. Gunakan alat tersebut sesuai dengan petunjuk penggunaan. Alat ini cocok untuk seseorang yang memiliki alergi karena bisa membersihkan rongga hidung agar pilek tidak sering terjadi dan hidung bebas dari sumbatan lendir.

22. Mengompres dahi / hidung dengan air hangat

Mengompres dahi merupakan salah satu alternatif pengobatan alami yang sering dilakukan jika demam terjadi. Ternyata mengompres dahi  juga bisa dilakukan untuk tujuan meredakan gejala hidung tersumbat. Caranya adalah dengan mengompres air hangat pada bagian dahi atau hidung. Efek hangat ini akan membuat seorang penderita flu menjadi lebih lega sistem pernafasannya. Lakukan pengompresan beberapa kali untuk hasil maksimal. Namun hindari air yang terlalu panas karena bisa berefek buruk pada wajah dan kulit wajah.

23. Mengonsumsi antihistamin (bagi penderita alergi)

Seringkali pilek atau flu terjadi jika seseorang mengalami alergi. Alergi itu sediri bisa kambuh jika ada zat alergen di sekitar penderita. Maka dari itu, untuk mengatasinya, tidak bisa dilakukan dengan cara apapun, kecuali alergen tersebut dihilangkan. Selain itu, obat anti alergi (antihistamin) bisa dikonsumsi untuk menghilangkan efek alergi dari tubuh. Dengan demikian pilek yang disebabkan oleh alergi bisa sembuh dengan cepat, dan hidung tersumbat pun akan hilang gejalanya.

Selain itu, ingatlah selalu untuk menghindari zat alergen yang bisa memicu alergi. Karena percuma melakukan pengobatan sebanyak dan seefektif apapun jika paparan alergen masih ada di sekitar si penderita. Tetap saja pilek akan tetap terjadi dan hidung akan tetap tersumbat. Maka dari itu gunakan masker untuk mencegah gejala alergi muncul.

Artikel Lainnya:

24. Menggunakan obat hirup kortikosteroid

Obat ini merupakan salah satu jenis dekongestan kuat. Biasanya dokter akan memberikan resep atau rekomendasi pengobatan dengan obat ini jika si pasien mengalami penyumbatan hidung yang parah atau serius. Namun sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan obat ini karena tidak semua orang cocok dengannya. Selain itu akan muncul efek samping lain yang wajib dihindari. Maka dari itu obat ini tidak boleh digunakan oleh sembarang orang. (Baca juga: Cara Mengobati Asma – Penyebab Hidung Tersumbat)

25. Meneteskan minyak eucalyptus di bantal

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan efek hidung tersumbat dengan cepat adalah dengan meneteskan minyak eucalyptus pada bantal sebelum tidur. Jika tidak ada, gunakan saja minyak kayu putih atau minyak semacamnya. Aroma dari bantal yang wangi ini akan memberikan efek terapi yang baik selama tidur. Dengan demikian, tidur akan menjadi lebih berkualitas karena hidung tersumbat tidak mengganggu. Selain itu, balurkan juga minyak tersebut di bagian atas guling agar hasil menjadi lebih maksimal.

Demikianlah 25 cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat yang bisa dilakukan untuk menghentikan gejalanya. Lakukan pengobatan dan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Gunakan juga bahan alami yang ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat. Jika gejala pilek atau flu tidak hilang walau pengobatan sudah dilakukan, maka segera hubungi dokter untuk mengetahui penyebabnya. Hindarilah bahan-bahan yang bisa menyebabkan alergi. Selain itu jaga selalu sistem imun tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat setiap hari. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan