Sponsors Link

Batuk Disertai Darah Sedikit – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Batuk memang merupakan penyakit yang relatif ringan dan hampir semua orang pernah mengalaminya. Jarang dari kita yang menganggap batuk sebagai kondisi penyakit serius yang bisa menjalar pada symtomps lain. Batuk sejatinya merupakan reaksi dari dalam tubuh terutama pada sistem pernafasan bila adanya gangguan. Tujuan dari batuk ini sebenarnya adalah membersihkan saluran pernafasan dari penyebab batuk itu sendiri, seperti debu dan asap atau lendir yang bisa disebabkan oleh bakteri maupun virus.

ads

Meskipun bukan sebuah penyakit yang berat, batuk bisa menjadi kondisi atau symtomp awal menuju penyakit lanjutan yang bisa terbilang berbahaya. Kondisi ini terjadi misalnya ketika batuk dengan lendir berbusa atau dahak yang mengandung sedikit darah. Jika kasusnya batuk disertai dahak biasa, kami punya alternatif 6 cara mengolah kencur untuk batuk berdahak. Batuk disertai darah sedikit ini harus segera diselidiki penyebabnya untuk mendapatkan penanganan sesuai dengan masalah intinya.

Kemungkinan Terjadinya Batuk disertai Darah Sedikit

Ada banyak jenis batuk yang disertai dengan darah ketika mengeluarkan lendir. Pertama adalah murni batuk berdarah, dikenal dengan sebutan Hemoptisis atau Hemoptoe. Pada kemungkinan pertama ini, penderitanya akan mengeluarkan lendir disertai darah yang berwarna merah segar, raut wajah terlihat pucat, mengalami demam, keringat dingin (bisa diselesaikan dengan alternatif obat batuk berdahak disertai keringat dingin), nafsu makan berkurang, sampai pada mengalami sesak nafas. Hanya saja, jenis batuk ini mungkin saja membuat penderitanya mengeluarkan darah dalam jumlah banyak. Mungkin jumlahnya setara dengan lendir yang keluar.

Kemungkinan kedua adalah ketika batuk disertai dengan munculnya sedikit darah pada saat mengeluarkan lendir. Pada kemungkinan ini, belum bisa dipastikan apakah penderitanya murni mengalami Hemoptisis atau merupakan gejala lanjutan dari penyakit yang terhubung dengan gejala batuk dengan sedikit darah. Tentunya pengobatan terhadap kondisi penyakit ini tidak bisa dengan obat tradisional batuk pilek. Ada banyak sekali kemungkinan penyebab munculnya symtomp batuk disertai darah sedikit. Beberapa kemungkinan penyebab itu antara lain:

1. Bronkitis

Bronkitis merupakan kondisi infeksi pada saluran pernafasan yang merupakan bagian dari paru-paru, yaitu bronkus. Inflamasi yang terjadi mengakibatkan efek dan gejala yang salah satunya adalah batuk disertai lendir. Untuk kasus ini, kami punya alternatif obat tradisional batuk bronkitis yang bisa Anda coba buat.

2. Bronkiektasis

Ini adalah penyakit yang hampir mirip dengan Bronkitis. Bronkiektasis adalah kondisi saluran bronkus mengalami kerusakan baik dalam bentuk penebalan atau pelebaran yang sifatnya permanen. Kondisi ini mampu membuat bakteri serta cairan mukus yang lebih mudah terkumpul di bronkus sehingga menimbulkan penyumbatan. Gejala yang cukup umum untuk penyakit ini adalah batuk dengan darah atau lendir yang tercampur dengan darah.

3. Edema Paru

Kondisi ini merupakan saat mengumpulnya cairan pada kantung udara di paru-paru. Efeknya, penderita menjadi kesulitan bernafas. Penyebab Edema Paru pun bermacam-macam, mulai dari paparan asap rokok, karena tenggelam, paparan racun, infeksi virus, dan lain-lain. Salah satu gejala penderita Edema Paru adalah mengalami batuk berdahak dengan lendir yang bercampur darah.

4. Emboli Paru

Yaitu penyumbatan pembuluh darah dari jantung ke paru-paru. Gumpalan dalam ukuran kecil mungkin tak akan menjadi masalah, namun ketika bertumpuk dan menjadi gumpalan besar tentunya bisa menimbulkan kematian karena menghentikan aliran darah ke paru-paru. Emboli Paru juga termasuk dalam daftar penyakit yang memiliki symtomp berupa batuk berdahak yang bercampur dengan darah.

5. Tuberkulosis (TBC)

Penyebab satu ini merupakan kondisi infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis terhadap organ paru-paru. TB ini biasanya ditandai dengan batuk yang tidak kunjung sembuh selama 3 minggu berturut-turut. Gejala lanjutan dari TBC ini bisa berupa batuk hingga mengeluarkan darah, turunnya nafsu makan dan berat badan, mengalami keringat dingin di malam hari, nyeri dada, sampai tubuh yang terasa lemas.

6. Kanker Paru (stadium akhir)

Layaknya kanker yang menyerang bagian tubuh lainnya, kanker paru-paru merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel tidak terkontrol dan letaknya berada di jaringan paru-paru. Kasus ini banyak disebabkan oleh kebiasaan merokok penderitanya. Kanker paru-paru juga menyebabkan gejala seperti batuk berdarah.

7. Pendarahan di area tenggorokan

Kemungkinan selanjutnya yang bisa menjadi alasan mengapa Anda mengalami batuk disertai darah sedikit adalah karena adanya pendarahan di area tenggorokan, sehingga ketika hendak mengeluarkan dahak atau lendir batuk, darah yang muncul di area tenggorokan ikut terbawa keluar.

Penanganan Mengatasi Kondisi Batuk disertai Darah Sedikit

Batuk disertai darah sedikit sejatinya harus diitangani setepat mungkin. Hanya saja, ini menjadi indikasi yang tidak jelas terhadap suatu penyebab pasti. Maka dalam menanganinya, Anda tentu harus melibatkan peran dokter ahli untuk mendiagnosis secara pasti penyakit apa yang sedang Anda derita dan mengatasinya dengan terapi obat. Beberapa penangan yang bisa dijadikan alternatif untuk Anda menangani kondisi batuk disertai darah sedikit ini antara lain:

1. Tes Hemoptisis

Seperti yang sudah disebutkan tadi, hemoptisis adalah suatu kondisi penyakit batuk berdarah. Ini bisa jadi salah satu penyebab Anda mengeluarkan darah ketika batuk. Untuk memastikannya, akan lebih baik jika Anda melakukan pemeriksaan kemungkinan hemoptisis.

2. CT-Scan

Cara kedua yang bisa ditempuh untuk menangani batuk disertai darah sedikit yang berpotensi pada munculnya penyakit lain adalah dengan CT-Scan. CT-Scan ini dilakukan dengan harapan mengetahui apakah terdapat gangguan di area pernafasan yang menyebabkan dahak Anda mengandung darah. Gangguan di area pernafasan ini bisa berupa infeksi atau penyebab lain yang sudah disebutkan di atas.

3. Bronkoskopi

Ini adalah langkah pemeriksaan menggunakan selang dengan kamera dan dimasukkan melalui mulut untuk melihat apakah ada kesalahan di area saluran pernafasan Anda sehingga dahak batuk mengandung darah.

Penanganan yang kami sarankan ini merupakan beberapa solusi standar untuk mengatasi kondisi batuk disertai darah sedikit. Tentu saja sebelumnya Anda harus tetap berkonsultasi pada dokter ahli karena ini merupakan ranah profesi dokter. Jangan biarkan batuk dengan darah ini Anda biarkan begitu saja tanpa penanganan dari ahlinya. Bukan hanya untuk menghindarkan penyakit yang mungkin menular ke orang-orang tersayang Anda, tetapi juga menjaga tubuh Anda agar tidak mengalami komplikasi penyakit yang mungkin terjadi karena sistem imunitas yang lemah.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan