Sponsors Link

Bahayakah Batuk Karena Diabetes? Bagaimana Pengobatannya?

Sponsors Link

Batuk merupakan salah satu upaya pertahanan yang dilakukan tubuh yang ada di dalam saluran pernapasan yang disebabkan karena adanya suatu reaksi dari munculnya penyakit yang kemungkinan bisa membahayakan tubuh dan juga biasanya akan menyebabkan iritasi yang menyerang bagian tenggorokan. Iritasi tersebut biasanya akan disebabkan oleh suatu bakteri atau virus yang bisa masuk melalui makanan, maupun juga asap yang tidak sengaja terhirup. Baca tentang batuk berdahak hijau.

ads

Pada dasarnya memang batuk bisa sembuh dengan sendirinya meskipun anda tanpa melakukan usaha untuk mengobatinya. Namun dalam beberapa kasus diketahui bahwa batuk yang sedang dialami akan membutuhkan waktu yang relatif lama dan terkadang sampai tidak kunjung sembuh meskipun sudah dilakukan berbagai macam usaha untuk menyembuhkannya seperti misalnya mengkonsumsi obat batuk.

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, namun memang faktor penyebab umum yang menjadikan batuk tersebut tidak kunjung sembuh adalah karena sistem kekebalan tubuh yang dialami oleh seorang tersebut sedang menurun yang mana akan membuatnya rentan terserang berbagai penyakit. Ketika dia sudah terserang penyakit, maka tubuh akan mengalami kesulitan untuk menyembuhkannya dikarenakan sistem kekebalan tubuh orang tersebut sedang menurun.

Batuk memang bisa disebabkan karena berbagai faktor, termasuk juga diantaranya disebabkan oleh beberapa penyakit tertentu. Salah satu penyakit yang akan membuat penderitanya kemungkinan mengalami batuk adalah penyakit Diabetes Millitus atau yang lebih dikenal dengan istilah diabetes maupun juga biasanya akan dikenal juga sebagai penyakit kencing manis. Anda harus mengetahui tentang cara mengatasi hidung bayi tersumbat dan juga pilek menahun apa bisa sembuh atau tidak.

Adapun pengertian diabetes sendiri merupakan suatu kondisi yang menyebabkan tingginya kadar gula yang dimiliki oleh seseorang yang diakibatkan oleh adanya sekresi pada hormon insulin. Insulin sendiri merupakan suatu jenis hormon yang diproduksi oleh prankreas yang mana fungsi dari hormon insulin ini adalah untuk mengatur dan mengendalikan kadar gula yang terdapat di dalam darah.

Adapun penyebab dari penurunan hormon insulin ini biasanya akan disebabkan karena adanya kerusakan sel beta yang terdapat pada pankreas dan juga bisa disebabkan oleh resistensi pada insulin itu sendiri. Ketika seseorang diketahui mengalami penyakit diabetes, maka tubuh orang tersebut akan mengalami kesulitan untuk bisa merespon hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas yang mana akibatnya akan menyebabkan kadar gula yang dimiliki oleh tersebut akan meningkat.

Bahayakah batuk karena diabetes?

Seseorang yang mengalami diabetes tentunya akan menyebabkan dia juga bisa mengalami mual dan juga batuk. Dan tentunya ketika seseorang tersebut mengalami batuk karena diabetes maka hal ini akan berbahaya karena bisa saja hal ini juga bisa sebagai sebuah tanda bahwa seseorang itu kemungkinan sedang menderita penyakit lainnya, terlebih jika misalnya batuk yang dialami tersebut merupakan jenis abtuk basah atau batuk berdahak.

Oleh karena itu yang harus anda lakukan adalah anda harus segera melakukan pengobatan ketika anda sudah mengalami gejala atau tanda yang mengindikasikan bahwa anda sedang terkena penyakit diabetes. Hal ini sangat penting anda lakukan untuk menghindarkan anda dari kondisi lainnya yang pastinya sangat mengganggu seperti misalnya mual dan juga batuk.

Pengobatan batuk karena diabetes

Sponsors Link

Untuk pengobatan batuk karena diabetes biasa anda lakukan dengan berbagai cara dan hampir kesemua dari cara – cara tersebut mudah anda terapkan karena anda tidak membutuhkan sesuatu atau bahan yang sulit anda dapatkan. Berikut ini beberapa pengobatan yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi batuk karena diabetes.

1. Mengobati dengan jeruk mandarin

Cara pengobatan batuk karena diabetes yang pertama adalah dengan menggunakan jeruk mandarin. Jeruk mandarin memang salah satu jenis jeruk yang memiliki rasa yang sangat nikmat, selain itu di dalam jeruk mandarin terdapat beberapa zat yang bisa anda gunakan untuk membantu mengatasi batuk karena diabetes.

Ca yang nantinya anda lakukan tentunya sangat mudah. Anda hanya perlu merebus sebanyak kurang lebih 10 gram kulit jeruk mandarin yang sebelumnya sudah anda keringkan. Kemudian anda bisa menambahkan 25 gram kencur yang sebelumnya telah anda iris tipis – tipis.

Selanjutnya yang harus anda lakukana adalah dengan merebusnya di dalam air sebanyak kurang lebih dua gelas. Tunggu sampai airnya mendidih dan sampai air yang ada di wadah yang digunakan untuk merebus tadi berkurang hingga setengahnya. Anda saring airnya dan kemudian anda minum selagi hangat. Lakukan cara ini secara rutin untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Anda harus mengetahui tentang bagaimana cara menghentikan batuk di malam hari.

2. Menggunakan madu dan juga lada hitam

Sponsors Link

Cara pengobatan batuk karena diabetes yang kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan madu dengan mengkombinasikannya dengan lada hitam. Khasiat dari madu tentunya sudah tidak bisa terbantahkan lagi bahwa memang madu sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit yang umum dialami oleh seseorang, termasuk salah satunya adalah untuk membantu mengobati batuk karena diabetes.

Cara yang harus anda lakukan sangat sederhana, anda bisa mencampurkan madu sebanyak satu sendok dengan sejumpul lada hitam yang sebelumnya sudah dihaluskan. Anda aduk kedua campuran tersebut sampai merata dan yang terakhir adalah anda hanya perlu mengkonsumsi ramuan ini secara rutin untuk mendapatkan khasitnya secara maksimal.

3. Menggunakan jahe

Cara pengobatan batuk karena diabetes yang ketiga sekaligus yang terakhir adalah dengan menggunakan jahe. Jahe memang seperti madu bahwa manfaatnya akan sangat banyak sekali karena di dalam jahe terkandung suatu zat yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh serta meredakan rasa tidak nyaman yang ada di tenggorokan anda.

Cara yang perlu anda lakukan sangatlah mudah, anda iris jahe secukupnya dan kemudian anda masukkan ke dalam air hangat. Langkah terakhir adalah anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin. Jika misalnya anda masih merasa kurang nyaman mengenai rasanya, anda bisa menambahkan gula ataupun madu. Baca sinus karena gigi berlubang.

Demikian beberapa penyakit batuk karena adanya penyakit diabetes, yang bisa anda ketahui bahayanya dan juga ada pengobatannya yang bisa anda ketahui.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan