Sponsors Link

5 Cara Mengobati Batuk GERD Sampai Sembuh dan Tuntas

Sponsors Link

Penyakit GERD atau penyakit Gastroesophagela Refluks Disease adalah jenis penyakit yang terjadi pada saluran pernafasan, penyebab utama dari timbulnya penyakit GERD ini yaitu akibat naiknya cairan asam lambung hingga mencapai ke kerongkongan dan esofagus atau refluks. Penyebab lainnya yang dapat memicu penyakit GERD ini dapat berupa otot antara kerongkongan dan lambung menjadi lemah, kandungan tertentu dalam makanan yang dikonsumsi yang dapat melemaskan otot kerongkongan dan lambung, dampak dari kehamilan, tubuh yang mengalami penyakit hernia hiatus, stress berlebih hingga dampak dari penyakit diabetes melitus dan darah tinggi.

ads

Penyakit GERD yang diakibatkan oleh naiknya cairan asam lambung ini dapat membuat tubuh mengalami beberapa gejala seperti mual, muntah, mulut merasakan asam dan dada yang terasa terbakar. Sebenarnya cairan asam lambung yang naik hingga mencapai kerongkongan ini dapat membuat permukaan kerongkongan menjadi terbakar dan iritasi karena sifat dari cairan itu sendiri yang bersifat asam yang korosif. Istilah penyakit GERD ini masih terasa asing dikalangan masyarakat kerena biasanya mereka menganggap penyakit ini sebagai gejala dari penyakit maag. Penyakit GERD dapat menimbulkan beberapa gejala yang cukup memiliki ciri khas dari penyakit GERD ini, beberapa diantaranya yaitu :

  • Dada akan terasa terbakar atau yang biasa disebut sebagai heartburn, rasa panas dan terbakar ini terkadang dapat menyebar hingga ke tenggorokan dan dapat menyebabkan batuk sesak nafas.
  • Menjadi lebih sulit untuk menelan makanan atau minuman.
  • Timbulnya gejala batuk kering dan batuk berdahak hijau.
  • Suara cenderung menjadi lebih serak karena tenggorokan yang sakit dan nyeri.
  • Seperti ada yang mengganjal dalam tenggorokan.
  • Tubuh akan mengalami mual dan muntah tanpa sebab dan terkadang akan mengeluarkan cairan asam lambung.

Sebenarnya bagaimana pengaruh naiknya cairan asam lambung terhadap melemahnya otot pada kerongkongan dan lambung? GERD cenderung terjadi pada perbatasan antara esofagus dan lambung yang diantaranya terdapat sebuat otot melingkar yang bekerja dengan cara mengencang dan mengendur yang disebut sebagai Sphincter. Sphincter ini bekerja ketika tubuh menelan makanan ataupun minuman yang mana ketika masuk melalui tenggorokan sphincter ini akan melonggar agar makanan dan minuman tersebut dapat masuk ke lambung dan akan mengencang kembali setelahnya. Gangguan pada sphincter ini seperti melemahnya otot yang dapat membuat sphincter bekerja secara abnormal akan menyebabkan cairan asam lambung dengan mudag keluar dan baik hingga ke kerongkongan.

Cairan asam lambung yang terus menerus mengiritasi permukaan kerongkongan akan menyebabkan peradangan atau inflamasi pada kerongkongan dan tenggorokan sehingga akan membuat tubuh mengalami radang tenggorokan. Pada kasus penyakit GERD yang telah akut akan menimbulkan berbagai komplikasi seperti pendarahan dan kerongkongan yang menyempit. Selain itu umumnya penyakit GERD mampu menimbulkan bebeapa gejala lainnya seperti tenggorokan yang terasa gatal dan perih yang biasanya disertai dengan keluarnya lendir saat batuk parah.

Kondisi dimana penyakit GERD telah dapat dikatakan sebagai penyakit akut akibat tidak ditangani dengan segera dapat menyebabkan esofagus barret yang mana terjadinya perubahan pada sel bagian dinding kerongkongan dan dapat meningkatkan penyakit kanker esofagus. Oleh karena ada baiknya jika penyakit GERD dapat dengan segera diatasi ketika beberapa gejalanya mulai terasa, beberapa cara mengobati batuk GERD yang sederhana yaitu seperti :

  1. Meminum air putih yang cukup

Cairan tubuh yang hilang selama tubuh mengalami sakit GERD perlu untuk dipulihkan kembali agar dapat membantu tubuh mempercepat proses pemulihan dari penyakit yang sedang dideritanya. Pemenuhan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh dapat membantu mengembalikan daya tahan tubuh yang menurun akibat berbagai gejala sebagai dampak dari penyakit GERD. Air putih merupakan cairan yang wajib untuk diminum setiap harinya, selain itu dengan meminum air putih juga dapat meredakan gejala yang terjadi akibat dampak dari penyakit GERD seperti tenggorokan yang meradang yang terkadang disertai dengan timbulnya rasa nyeri dan mengganjal.

Sponsors Link

  1. Menjaga kelembapan udara ruangan

Udara yang kering akibat suhu ruangan yang terlalu tinggi dapat memperparah batuk GERD yang sedang diderita, secara tidak langsung kondisi udara yang seperti ini akan membuat lapisan atau permukaan tenggorokan menjadi lebih mudah kering sehingga radang dan iritasi akan semakin parah akibat makanan yang bergesekan langsung dengan tenggorokan. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan guna melembapkan udara ruangan seperti menggunakan sebuah alat uap yang berasal dari air, biasanya ruangan seperti kamar tidur merupakan tempat yang paling tempat untuk digunakan alat ini karena biasanya gejala batuk sering akan terjadi saat sedang tertidur di malam hari.

  1. Menjaga pola dan waktu makan

Seperti yang diketahui bahwa batuk GERD disebabkan oleh cairan lambung yang naik hingga ke kerongkongan dengan kata lain batuk GERD ini secara langsung ada hubungannya dengan lambung itu sendiri. Cairan asam lambung yang meningkat dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya oleh karena itu untuk melakukan cara mengobati batuk GERD ini haruslah menjaga agar jumlah cairan asam lambung tetap terkontrol. Beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai cara mengobati batuk GERD ini seperti membiasakan mengkonsumsi makanan dalam porsi yang kecil serta bukan jenis makanan yang menyebabkan batuk, makan dengan tidak berlebih, mengatur jam makan agar tidak terlalu sering, memakan makanan yang sehat seperti buah dan sayuran hijau, menghindari makanan yang dilarang saat batuk.

Sponsors Link

  1. Hindari makanan dan minuman yang dapat memperparah GERD

Beberapa jenis makanan dan minuman dapat menyebabkan batuk GERD semakin parah karena biasanya jenis makanan dan minuman ini dapat memperberat sistem kerja lambung. Contoh dari makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat sedang mengalami batuk GERD seperti coklat, teh, kopi, alkohol, makanan pedas serta minuman bersoda.

  1. Hentikan merokok

Rokok yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama tidak hanya berbahaya bagi kesehatan saluran pernafasan seperti paru-paru tetapi juga dapat membuat permukaan tenggorokan yang meradang akibat cairan asam lambung menjadi semakin parah. Cara mengobati batuk GERD yang berkepanjangan akibat asap rokok yang terus menerus masuk dapat diatasi dengan efektif apabila perokok mulai untuk membiasakan dirinya untuk tidak terus menerus mengkonsumsi rokok, walau terbilang sulit hasil dari cara ini juga tidak hanya berdampak pada batuk GERD yang sembuh namun juga berdampak bagi kesehatan tubuh dalam jangka waktu panjang.

Cara mengobati batuk GERD yang telah dijelaskan diatas merupakan sebagian cara yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dan tergolong sebagai cara yang sederhana. Penyakit atau gejala batuk GERD yang masih tergolong ringan ada baiknya segera diatasi dengan cara yang tepat seperti menggunakan obat tradisional batuk kering agar proses penyembuhannya tidak membutuhkan waktu yang lama dan tidak berdampak buruk bagi kesehatan dimasa yang akan datang.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan