Sponsors Link

Ingus Berdarah Saat Pilek: Gejala, Penyebab Dan Pengobatan

Sponsors Link

Apakah anda pernah mengalami ingus berdarah atau yang lebih dikenal dengan istilah mimisan? Seperti yang anda tahu bahwa ingus berdarah merupakan sebuah kondisi dimana hidung mengeluarkan darah yang disertai dengan ingus tanpa didahului dengan rasa sakit sedikitpun. Kondisi ini tentunya tidak ada yang menginginkannya dan harus segera diobati menggunakan beberapa obat yang telah dijelaskan pada obat tradisional untuk bayi.

ads

Pada dasarnya ingus berdarah atau mimisan dibagi ke dalam dua bagian, yakni:

1. Mimisan Anterior

Mimisan anterior merupakan sebuah kondisi dimana mimisan yang dialami berasal dari nasal septum pada bagian bawah. Nasal septum sendiri suatu dinding yang memisahkan antara rongga hidung kiri dan juga rongga hidung kanan.

Perlu anda tahu bahwa hidung kita terdapat banyak sekali pembuluh darah yang halus dan ketika salah satu dari pembuluh darah tersebut pecah, maka kemudian terjadilah apa yang disebut dengan mimisan atau ingus berdarah. Kondisi ini tentunya akan membuat panik sebagian orang karena memang mimisan terjadi tanpa ada rasa sakit yang dirasakan.

2. Mimisan Posterior

Mimisan posterior merupakan sebuah kondisi dimana ingus berdarah yang dialami disertai dengan merasakan pusing atau sakit kepala. Mimisan posterior ini terjadi karena adanya sebuah pendarahan yang terjadi pada bagian yang letaknya jauh di belakang dan bagian tersebut merupakan bagian hidung yang paling tinggi, yakni tempat arteri memasok darah menuju hidung.

Oleh sebab itu, pendarahan jenis posterior diketahui lebih parah jka dibandingkan dengan pendarahan anterior. Dan jika anda terindikasi mengalami pendarahan posterior, maka yang harus anda lakukan adalah segera mendapatkan penanganan medis karena tidak bisa hanya anda obati dengan pengobatan sederhana, yang ada malah kondisi ini semakin parah.

Penyebab Ingus Berdarah Saat Pilek

Di bawah ini merupakan beberapa penyebab ingus berdarah saat pilek yang jarang diketahui:

1. Bersin

Penyebab ingus berdarah saat pilek yang pertama adalah disebabkan karena pilek. Ketika seseorang yang menderita mimisan kemudian bersin, maka terjadi penekaran pada daerah hidung yang kemudian akan menyebabkan seseorang tersebut mengalami ingus berdarah atau mimisan.

Oleh sebab itu, disarankan bagi seseorang yang menderita pilek, untuk tidak bersin secara berlebihan karena jika ia tidak bisa mengontrol tekanan ketika bersin, besar kemungkinan orang tersebut akan mengalami pilek.

2. Menyentuh luka pada penderita difteri

Selain penyebab ingus berdarah saat pilek karena bersin, penyebab lain yang juga bisa timbul adalah karena orang tersebut telah menyentuh luka pada seseorang yang terindikasi menderita penyakit difteri. Jika misalnya ada orang menyentuh luka dari penderita difteri, maka kemudian kuman atau bakteri yang ada pada luka tersebut akan menular dan masuk melalui pori – pori kulit.

Oleh sebab itu, anda disarankan untuk menjaga diri agar supaya anda terhindar dari penularan tersebut yang malah hanya akan merugikan diri anda sendiri. Kami sarankan anda untuk membaca juga mengenai obat untuk ingus berawarna kuning dan juga ingus berdarah disertai pusing.

Sponsors Link

Pengobatan Ingus Berdarah Saat Pilek

Setelah mengetahui penyebab dari ingus berdarah saat pilek, maka selanjutnya anda harus tahu tentang bagiamana cara pengobatan yang harus anda lakukan agar supaya anda bisa cepat sembuh dari kondisi yang sangat mengganggu tersebut.

1. Istirahat yang cukup

Cara pengobatan ingus berdarah saat pilek yang pertama adalah dengan meluangkan waktu anda untuk bersistirahat. Alasan kami menyarankan agar anda beristirahat dengan cukup adalah supaya sistem kekebalan tubuh anda bisa kembali pulih karena pada dasarnya penyebab anda mengalami hal tersebut karena sistem kekebalan tubuh anda sedang menurun.

Jika sistem kekebalan tubuh anda sudah pulih, maka lama – kelamaan kondisi yang sedang anda alami tersebut akan semakin membaik dan anda bisa sembuh dari ingus berdarah atau mimisan. Selain itu, untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda, maka kami juga menyarankan agar supaya anda berolahraga secara teratur.

2. Menggunakan pengobatan herbal

Sponsors Link

Karena mimisan atau ingus berdarah yang anda alami disertai dengan pilek, maka langkah yang harus anda lakukan adalah dengan mengobati pilek tersebut. Ada banyak pengobatan yang bisa anda pilih untuk membantu mengatasi penyakit yang anda alami seperti misalnya dengan menggunakan pengobatan tradisional. Dan yang akan kami sarankan untuk anda adalah dengan menggunakan pengobatan tradisional seperti dengan menggunakan madu, bawang putih atau bawang merah, jahe, dan lain sebagainya.

Bahan – bahan tersebut memang terbukti akan memberikan rasa hangat serta mampu untuk membantu meredakan hidung anda yang sebelumnya mengalami pilek. Hal ini sudah dijelaskan pada manfaat khasiat bawang merah untuk batuk dan juga khasiat belimbing wuluh untuk batuk yang mana kedua bahan tersebut juga bisa anda gunakan untuk membantu meredakan pilek karena akan memebrikan efek atau rasa hangat di hidung dan tenggorokan.

3. Banyak Minum Air Hangat

Cara selanjutnya yang juga bisa anda lakukan adalah dengan banyak minum air hangat. Air hangat memang terbukti mampu mengatasi berbagai macam kondisi yang berhubungan dengan masalah tenggorokan maupun juga saluran pernapasan seperti hidung.

Maka dari itu, anda bisa mencoba dengan meminum air hangat sebanyak minimal dua kali sehari yakni pada pagi hari dan juga menjelang tidur. Lakukan pengobatan tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan