Sponsors Link

Kenapa Setiap Habis Makan Keluar Dahak? Bagaimana Pengobatannya?

Sponsors Link

Terkadang saat batuk kita mengalami kondisi dimana setiap habis makan keluar dahak. Tentu hal ini kurang menyenangkan dan terasa tidak nyaman. Sehingga banyak yang bertanya-tanya apa sebenarnya penyebab hal tersebut terjadi. Lantas bagaimana cara yang tepat untuk mengobati kondisi ini, supaya kesehatan tubuh cepat pulih serta penyebab batuk berdahak disertai mengi berhenti menyerang. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini penjelasan yang lengkap mengenai kondisi setiap habis makan keluar dahak, termasuk penyebab dan cara pengobatannya yang paling efektif.

ads

Penyebab Batuk Berdahak

Ada beberapa penyebab yang menimbulkan batuk berdahak, terutama kondisi setiap habis makan maka akan keluar dahak yang terkadang bersamaan. Di antara penyebabnya yaitu sebagai berikut:

  • Infeksi saluran pernafasan, sehingga sistem pernafasan mengalami gangguan termasuk timbul dahak menggumpal dan berdarah di tenggorokan hingga paru-paru. Hal ini menimbulkan rasa kurang nyaman dan bisa jadi membuat dahak keluar setelah mengkonsumsi makanan tertentu.
  • Makanan yang digoreng, dimana minyak goreng berpotensi membuat tenggorokan terasa gatal dan dahak makin parah. Akibatnya setelah makan gorengan, maka akan keluar dahak secara bersamaan. Akibat tenggorokan terasa gatal dan batuk yang menyebabkan sesak nafas menyerang seketika untuk membersihkan tenggorokan dari rasa gatal.
  • Influenza, terkadang penyakit batuk pilek ringan sebagai gejala influenza dapat menjadi penyebab kondisi ini. Karena itu sebaiknya tidak perlu panik, karena ini hanya reaksi normal batuk pilek untuk mengeluarkan dahak yang berlebih dai tenggorokan.
  • Radang paru-paru, dimana inilah penyakit berbahaya yang diharapkan tidak terjadi. Karena gejalanya mirip flu biasa, namun disertai nyeri di dada. Umumnya pada saat menderita radang paru-paru maka tubuh akan mengeluarkan dahak yang berada pada paru-paru melalui tenggorokan dan kemudian mulut. Sehingga sangat mungkin terjadi kondisi dimana setiap habis makan keluar dahak.

Cara Mengobati

Untuk mengatasi dan mengobati kondisi yang kurang nyaman ini, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Terutama dengan melakukan pengobatan secara medis, sehingga dengan demikian batuk mereda dan dahak juga mereda dengan cepat. Adapun berikut ini cara pengobatan yang paling efektif untuk dilakukan:

  • Air jahe, yang bermanfaat sebagai antibiotik alami dan dapat meredakan infeksi pada tenggorokan. Dengan demikian dahak akan berkurang dan tidak timbul keluhan keluar dahak terus menerus.
  • Minum banyak air putih, minimal sehari delapan gelas. Karena inilah cara yang paling efektif untuk meredakan batuk maupun menyembuhkan infeksi dan radang pada tenggorokan gatal terus menerus. Dengan demikian maka penyakit akan mereda dengan cepat dan dahak dapat dihentikan.
  • Istirahat teratur, supaya tubuh bekerja maksimal dalam melakukan pemulihan dari berbagai macam penyakit termasuk batuk berdahak. Sehingga keluhan seperti dahak yang keluar terus menerus dapat berhenti dan batuk juga tidak berkelanjutan.
  • Sari kencur, merupakan cara alami penyembuh batuk yang telah digunakan sejak jaman dahulu kala. Selain murah juga mudah didapat di pasar tradisional. Manfaat kencur untuk batuk berdahak ini dapat membantu meredakan batuk serta mengobati kelebihan dahak pada tenggorokan untuk memberikan kondisi kesehatan yang lebih baik.

Demikian penjelasan singkat mengenai kondisi setiap habis makan keluar dahak. Termasuk juga penyebab kondisi tersebut dan cara mengobati dahak yang paling manjur. Dengan penjelasan yang tepat, maka penderita batuk berdahak memiliki pengetahuan yang jelas tentang cara menangani hal tersebut. Sehingga badan cepat pulih dan batuk berdahak disertai hidung tersumbat segera mereda secara cepat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan