Sponsors Link

Bahayakah Batuk Pilek Setelah Imunisasi DPT? Bagaimana Penanganannya?

Sponsors Link

Batuk atau pilek merupakan sebuah kondisi yang bisa dialami oleh siapa saja, tidak terkecuali anak – anak. Alasan mengapa anak – anak mudah terkena batuk maupun pilek adalah karena memang sistem kekebalan tubuh pada anak – anak masih belum sempurna sehingga hal ini kemudian akan menyebabkan ia mudah terkena berbagai macam kondisi yang tentunya sangat mengganggu seperti misalnya mengalami batuk maupun pilek.

ads

Pilek merupakan sebuah kondisi yang dialami seseorang dimana kondisi ini akan ditandai dengan keluarnya cairan atau lendir yang berwarna putih dan kemudian lendir atau dahak tersebut akan mengaami perubahan warna dalam kurun waktu satu sampai dengan dua mingu.

Sementara untuk batuk merupakan sebuah kondisi yang dikarenakan adanya zat atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh dimana zat atau benda tersebut kemungkinan akan berbahaya sehingga tubuh akan melakukan reaksi dan berusaha mengeluarkan zat atau benda asing tersebut melalui mekanisme batuk.

Penyebab Batuk dan Pilek

Ada banyak hal yang menyebabkan anak – anak mengalami batuk maupun pilek, salah satunya adalah disebabkan setelah ia melakukan imunisasi DPT. Apakah anda tahu apa itu imunisasi DPT? DPT sebenarnya merupakan singkatan dari difteri. Jadi definisi dari imunisasi DPT adalah sebuah imunisasi yang dilakukan untuk membantu serta mencegah penyakit difteri.

Adapun pengertian dari difteri merupakan sebuah penyakit yang menyerang selaput lendir maupun juga tenggorokan yang disebabkan oleh serangan bakteri yang kemudian akan menyebabkan anak sulit makan maupun juga akan sulit bernapas. Oleh karena itu, dibutuhkan pengobatan untuk penyakit difteri dan cara yang dilakukan adalah dengan memberikan imunisasi DPT.

Akan tetapi, masalah lain muncul setelah bayi atau anak – anak dilakukan imunisasi DPT. Masalah lain yang kami maksud adalah mereka akan mengalami batuk pilek setelah imunisasi DPT. Kondisi ini tentunya tidak boleh anda biarkan begitu saja karena jika misalnya dibiarkan begitu saja maka kondisi tersebut akan semakin parah.

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui seperti khasiat daun sirih untuk batuk, khasiat belimbing wuluh untuk batuk, obat tradisional batuk mengi.

Apakah Kondisi Ini Berbahaya?

Sebenarnya batuk pilek setelah imunisasi DPT merupakan kondisi yang umum terjadi dikarenakan memang sistem kekebalan tubuh pada anak tersebut masih belum sempurna sehingga efek ini akan timbul setelah dilakukan imunisasi DPT.

Namun, jika misalnya batuk pilek yang dialami tidak kunjung sembuh maka kemungkinan hal ini bisa menjadi pemicu anda mengalami beberapa kondisi seperti di bawah ini:

1. Demam

Batuk flu setelah imunisasi DPT bisa menjadi sebuah indikasi nanti anak anda akan mengalami demam. Demam merupakan kondisi dimana suhu tubuh anda akan naik melebihi kondisi normal, yaitu mencapai 30 sampai dengan 38 derajat celcius. Demam yang terjadi ini merupakan sebuah reaksi dari sistem kekebalan tubuh pada anak tersebut.

2. Sakit Kepala

Sponsors Link

Batuk flu setelah imunisasi DPT juga bisa menjadi sebab anak anda akan mengalami sakit kepala. Sakit kepala merupakan kondisi dimana kepala seseorang tersebut akan mengalami rasa sakit yang tidak kunjung hilang. Namun kondisi ini diketahui jarang terjadi karena memang umumnya hanya akan menyebabkan anak tersebut mengalami demam.

Meskipun begitu, anda harus tetap waspada dan jika misalnya anakk anda mengalami sakit kepala, maka anda harus segera membawanya ke dokter untuk segera dilakukan pengobatan segera agar kondisi yang dialami tidak semakin parah.

Cara Penanganan Batuk Flu Setelah Imunisasi DPT

Di bawah ini akan kami berikan beberapa informasi mengenai bagaimana cara penanganan batuk flu setelah imunisasi DPT yang harus anda ketahui.

1. Banyak Minum Air Putih

Cara penanganan batuk flu setelah imunisasi DPT bisa anda lakukan dengan memperbanyak minum air putih. Dengan memperbanyak minum air putih nanti diharapkan bisa membantu mengobati batuk yang sedang dialami serta juga efek air putih nantinya bisa membantu mengurangi dahak atau lendir yang bisa menjadi penyebab anak tersebut mengalami pilek.

Sponsors Link

Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk semakin meningkatkan kesembuhan yang akan didapatkan anak anda. Namun kami menyarankan agar anda mengkonsumsi air putih terlebih dahulu dan dilihat dulu perkembangannya apakah menunjukkan tanda – tanda kesembuhan atau tidak.

2. Membuat Ramuan Herbal

Cara penanganan batuk flu imunisasi DPT juga bisa anda lakukan dengan membuat ramuan herbal. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuat ramuan tersebut. Adapun ramuan herbal yang bisa anda coba adalah seperti khasiat nanas untuk batuk, khasiat bawang merah untuk batuk, atau juga dengan membuat ramuan dari khasiat jeruk nipis untuk flu.

Minumkan ramuan ini kepada anak anda secara rutin dan perlahan – lahan. Usahakan meminumnya sehari sekali atau anda juga bisa memberikan ramuan ini sebanyak dua kali dalam sehari tergantung seberapa parah kondisi yang dialaminya.

3. Membawanya Ke Dokter

Cara penanganan batuk flu imunisasi DPT yang bisa menjadi alternatif terakhri adalah dengan membawa anak anda untuk berkonsultasi dengan dokter. Beri tahu dokter mengenai kondisi yang dialami oleh anak anda agar nantinya dokter bisa melakukan diagnosa secepatnya dan kemudian akan memberikan anjuran serta kemungkinan juga akan memberikan obat.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan berkaitan dengan batuk flu setelah imunisasi DPT. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan