Sponsors Link

27 Cara Mengatasi Batuk Pilek Pada Anak Tanpa Obat

Sponsors Link

Batuk pilek dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia, mulai dari orang dewasa hingga anak – anak. Akan tetapi jika batuk pilek sudah mulai menyerang buat hati anda, maka hal tersebut akan menjadi sangat menggangu akitfitas mereka sehari – hari. Batuk yang disertai pilek dan juga flu sebenarnya dapat dengan mudah di sembuhkan tanpa harus berkonsultasi dengan dokter atau pun meminum obat dari resep dokter. Berikut kami sampaikan berbagai cara untuk mengobati batuk pilek pada anak anda tanpa perlu untuk meminum obat, sebagai berikut:

ads

1. Beristirahat

Banyak penyakit yang dapat di sembuhkan hanya dengan beristirahat yang cukup, terutama pada anak – anak. Anak – anak selalu terkenal untuk lebih aktif dari pada orang dewasa, dan dengan mereka terserang batuk yang juga disertai oleh pilek, maka virus – virus penyebab batuk dan pilek tersebut telah menyerang sistem kekebalan tubuh sang anak. Dan jika anak – anak di biarkan untuk terus bermain atau melakukan aktifitas keseharian mereka maka yang ada adalah anak – anak anda akan menjadi lebih sakit sebelumnya karena sistem kekebalan tubuh mereka semakin menurun. Untuk dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh mereka seperti semula sehingga tubuh dapat memerangi virus – virus penyebab batuk dan pilek maka anak – anak anda harus beristirahat dengan cukup. (Baca juga : Gejala Flu Singapura –Pengobatan Flu Singapura)

2. Minum air putih

Batuk ada dua jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak, kedua jenis batuk tersebut dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh anak anda. Dan dengan adanya pilek, kemungkina besar ingus pada anak – anak akan sangat sulit untuk di keluarkan. Oleh sebab itu maka alangkah baiknya jika anak anda di biarkan untuk mengkonsumsi air putih yang banyak. Terutama air hangat. Air hangat dapat mencegah tubuh anak anda mengalami dehidrasi dan juga dapat mengurangi dan melegakan sakit tenggorokan yang di akibatkan oleh cara mengatasi batuk pilek pada anak tersebut. Air hangat juga dapat membantu anak anda untuk mengeluarkan ingus karena air hangat dapat mengencerkan ingus dan lendir sehingga akan lebih mudah untuk dikeluarkan. Khusus untuk bayi yang berusia kurang 6 bulan yang mendapat ASI disarankan untuk lebih sering menyusu sebagai pengganti air hangat. (Baca juga: Cara Mengobati Flu – Cara Pencegahan Flu)

Artikel Terkait:

3. Madu

Madu adalah salah satu penyembuh batuk pilek yang telah di akui oleh banyak dokter dan para peneliti. Di sebutkan bahwa dengan mengkonsumsi madu  maka hal tersebut dapat meredakan batuk terutama pada malam hari. Madua juga di nyatakan sebagai penyembuh batuk paling effektif pada anak – anak. Kandungan pada madu disebutkan untuk lebih efektif dari pada kandungan pada obat batuk modern. Berikut adalah tata cara untuk mengkonsumsi madu sesuai usia anak anda. (baca juga: Cara Mengobati Tenggorokan Gatal)

  • Untuk anak – anak usia 2 sampai 5 tahun dapat di berikan madu sebanyak 1/2 sendok teh.
  • Untuk anak – anaka usia 6 sampai 11 tahun dapat di berikan madu  sebanyak 1 sendok teh.
  • Untuk anak – anak usia di atas 11 tahun dapat di berikan madu sebanyak 2 sendok teh. (baca juga: Penyebab Ingus Berdarah
  • Penyebab Pilek Berkepanjangan Pada Anak)

4. Air garam

Sponsors Link

Garam yang biasa kita pakai untuk sebagai perasa makanan ternyata memilki kegunaan yang tidak pernah kita ketahui. Pada anak – anak yang masih kecil, larutan air garam dapat gunakan sebagai penyedot ingus yang susah keluar. Cara membuat nya pun lumayan mudah yaitu dengan mencampurkan setengah hingga satu sendok teh garak kedalam segelas air hangat lalu teteskan ke hidung anak anda sebanyak dua hingga tiga tetes. Pada anak – anak yang sudah mulai besar, laruta garam tersebut dapat digunakan untuk sebagai obat kumur yang dapat membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut anda dan dapat mengobati batuk.  (baca juga: Cara Mengobati Asma – Ciri-Ciri Batuk Kronis)

5. Sup Ayam

Selain rasa nya enak, sup ayam juga telah di buktikan oleh beberapa penelitian sebagai makanan dan juga obat penyembuh batuk. Sup ayam yang  hangat ternyata dapat meredakan batuk pilek terutama pada anak – anak. Untuk hasil yang lebih baik lagi anda dapat menambahakn rempah – rempah rumahan dan alami yang dapat mengobati batuk pilek dan juga meredakan radang dan iritasi pada tenggorokan. Rempah – rempah tersebut adalah seperti, jahe, lengkuas, bawang dan lain – lain. (baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Batuk – Obat Tradisional untuk Batuk Alergi)

6. Bawang Merah dan bawang putih 

ads

Bawang merah dan bawang putih sama – sama di kenal sebagai obat batuk pilek yang efektif pada anak – anak. Bawang merah yang telah di campurkan dengan minyak telon bayi dapat dioleskan pada tubuh anak untuk memberikan rasa hangat pada tubuh anak dan mengurangi batuk juga mengencerkan ingus dan lendir. Sedangkan bawang putih dapat di buat menjadi sirup, anda dapat menambahkan madu untuk memberikan rasa manis sehingga anak anda mau meminumnya. Bawang putih menurut para peneliti mengandung zat – zat yang dapat membunuh bakteri, zat itu adalah zat allicin. (baca juga: Minuman Penghilang Batuk Berdahak)

7. Jeruk Nipis dan Madu

Ramuan jeruk nipis dan madu adalah salah satu ramuan obat batuk pilek yang telah di gunakan sejak zaman nenek moyang kita dan telah terbukti sebagai cara mengatasi batuk pilek pada anak yang sangat efektif. Cara membuat ramuan jeruk nipis dan madu juga sangatlah mudah, yang anda perlukan hanya sari jeruk nipis yang telah diperas dan di campurkan ke dalam air hangat. Anda dapat menambahkan sedikit madu sehingga memberikan rasa manis dan seperti yang di sebutkan sebelumnya, madu juga adalah obat batuk alami yang sangat baik untuk anak – anak.  (baca juga: Jenis-jenis Batuk)

8. Susu Kunyit
Kunyit adalah rempah-rempah yang paling baik dan paling banyak mengandung manfaat. Kunyit telah di percaya oleh para leluhur kita sebagai salah satu anti bakteri dan penuh khasiat. Kunyi juga sangat efektif untuk digunakan sebagai pereda dan untuk megobati batuk pilek pada anak – anak. Cara membuat ramuan susu kunyit juga sangatlah mudah, yaitu hanya dengan mencampurkan bubuk kunyit kedalam susu hangat. Ramuan susu kunyit ini pada anda berikan pada anak anda untuk dikonsumsi sebanyak dua kali sehari. (baca juga: Gejala Influenza –Cara Penularan Influenza)

9. Minyak Zaitun

Seperti yang di sebutkan sebelumnya bawang merah dan minyak telon dapat memberikan rasa hangat dan juga meredakan batuk pada anak – anak, maka minyak zaitun juga memilki efek yang sama terutama pada bayi. Minyak zaitun adalah salah satu minyak essential yang dapat mempermudah bayi untuk bernafas, terutama ketika anak bayi anda mengalami hidung tersumbat akibat batuk pilek. Minyak zaitun dapat digunakan dengan oleskan pada tubuh bayi dengan pijatan lembut. Anda juga dapat membuat penggati minyak zaitun tersebut dengan mencampurkan kayu putih, minyak peppermint dan juga rosemary. (baca juga:  Cara Mengobati Batuk Berdahak)

10. Uap

Cara membuat uap untuk dihirup ketika anak anda mengalami batuk pilek adalah sangat mudah. Anda hanya perlu untuk mendidihkan air lalu menambahkan beberapa rempah – rempah seperti jahe, kunyit, lengkuas dan macam – macam rempah lainnya. Lalu anak anda dapat menghirup uap. Uap ini dapat melancarkan hidung tersumbat dan meredakan juga mengobati batuk. Ada baiknya jika anak anda melakukan terapi ini sebanyak dua kali sehari dan selama lima belas menit. (Baca juga: Obat Batuk Rejan)

Artikel lainnya:

Cara lain mengatasi batuk pilek pada anak, selain sepuluh cara di atas, di bawah ini adalah beberapa cara lain untuk mengatasi dan mengobati batuk pilek pada anak-anak anda sebagai berikut:

Sponsors Link

  1. Dengan meminum teh jahe. Cara membuat teh jahe ini pun lumayan mudah yaitu dengan mencampurkan irisan jahe kedalam teh hangat. (baca juga: Penyebab Influenza Berkepanjangan – Penyebab Hidung Tersumbat)
  2. Mengkonsumsi buah – buahan yang mengandung banyak air dan vitamin C seperti jeruk dan semangka.
  3. Meminum jus buah – buahan akan  tetapi tidak di tambah dengan gula atau pemanis buatan.
  4. Mengkonsumsi pisang.
  5. Banyak mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi.
  6. Dengan mengusapkan balsem pada tubuh anak. Balsem tidak boleh diusapkan di bawah hidung. Balsam yang mengandung campuran dari beberapa kandungan yang dapat meredakan dan cara mengatasi batuk pilek pada anak dan membantu anak anda untuk tidur nyenyak.
  7. Hindari untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat membuat batuk pilek pada anak semakin parah yaitu dengan mengkonsumsi es, permen, coklat, dan makanan berlemak. (baca juga: Cara Mengobati Pilek Pada Bayi)
  8. Jika anda adalah seorang perokok, maka hindari lah untuk merokok di depan anak anda ketika mereka sedang batuk pilek karena asap rokok hanya akan memperparah batuk.
  9. Banyak menambahkan bawang putih kedalam makanan
  10. mengkonsumsi teh elderberry. Cara membuatnya pun sangat mudah yaitu dengan mencampurkan ekstrak elderberry kedalam teh hangat. (baca juga: Penyebab Sinusitis – Obat Tradisional Batuk Kering)

Cara lain untuk mengobati batuk pilek sebagai berikut:

  • Menghirup aroma bawang merah.
  • Meminum air jahe yang telah di campur dengan madu.
  • Meminum air jeruk nipis yang telah di campur dengan madu murni.
  • Olahraga di pagi hari, mulai dari jam 5 pagi sampai dengan jam 6 pagi. Bisa dengan jogging ataupun jalan santai.
  • Konsumsi makanan berporsi kecil dengan nutrisi tinggi.
  • Tidur dengan menggunakan bantal yang tinggi
  • Berkumur dengan kemenyan dan air hangat.

Demikianlah cara – cara untuk mengobati batuk pilek pada anak – anak. Semoga list ini akan bermanfaat dan dapat anda coba ketika anak – anak mengalami batuk pilek.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan