Sponsors Link

7 Cara Mengobati Sinus Paranasal Secara Alami Maupun Medis

Sponsors Link

Para penderita penyakit sinus sebaiknya memahami dengan tepat apa cara mengobati sinus paranasal yang paling sesuai. Hal ini supaya kondisi tersebut dapat segera ditangani dan tidak membawa efek yang lebih buruk pada kesehatan penderita. Karena jika dibiarkan berlarut-larut, maka dapat timbul efek lain yang lebih berat seperti misalnya terjadi batuk pilek disertai bintik merah panjang yang tidak kunjung sembuh. Termasuk resiko terjadi demam tinggi, kejang maupun rasa sakit kepala yang berat hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

ads

Melihat pada efek-efek di atas, ada baiknya untuk mengetahui berbagai cara pengobatan yang sesuai. Baik secara alami maupun medis yang dapat dilakukan sesuai dengan pilihan yang diinginkan penderita. Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Karena itu butuh pertimbangan matang dalam memilih cara yang tepat. Jika ingin tahu lebih lanjut, simak berikut ini beberapa cara mengobati sinus paranasal, secara alami maupun juga secara medis sesuai resep dokter.

1. Pengobatan Alami

Ada berbagai jenis dan macam dari pengobatan alami yang dapat dipakai untuk menyembuhkan penyakit bahaya sinusitis frontalis. Semua tergantung dari pilihan yang diinginkan. Bisa dengan berbagai macam terapi alami ataupun dengan pengobatan herbal yang sekarang makin populer. Pastikan untuk mengetahui cara pengobatan terlebih dahulu supaya tidak salah dalam memilih metode yang paling diinginkan. Berikut ini beberapa cara pengobatan alami untuk terapi sinusitis akut yang banyak dipilih sebagian besar penderitanya.

  • Pijat refleksi

Dimana ini merupakan cara terapi yang cukup aman dan mampu membantu meredakan gejala sinus. Pastikan untuk melakukan pemijatan dengan tenaga terapis profesional supaya dapat benar-benar memberikan manfaat yang maksimal. Saat ini banyak sekali tenaga pijat refleksi kesehatan yang bersertifikat resmi dan bahkan dengan mudah dapat dipanggil ke rumah.

  • Obat herbal

saat ini juga banyak jenis obat-obatan herbal yang tersedia di pasaran. Oleh sebab itu tidak ada salahnya mencoba. Seperti misalnya menggunakan habbatussauda, propolis, ekstrak manggis, dan lain sebagainya. Pastikan obat memiliki ijin resmi dan tidak mengandung efek yang berbahaya.

  • Bahan alami seperti jeruk nipis

madu, kencur, sari lohan dan lain sebagainya. Inilah alternatif paling mudah untuk mengatasi gejala sinus paranasal yang paling ringan. Selain dapat diperoleh dengan sangat mudah juga dapat diracik sendiri di rumah tanpa bantuan orang lain atau membeli di toko obat.

Melakukan pengobatan alami umumnya memiliki beberapa kelemahan dan kelebihan masing-masing. Kelemahannya yaitu sebagai berikut:

  • Harus dilakukan oleh terapis yang handal untuk hasil maksimal. Jika asal dilakukan maka tidak berguna maksimal.
  • Memerlukan jangka waktu yang cukup lama dalam memulihkan bahaya sinusitis ke otak karena tidak langsung mengatasi akar masalah secara cepat.

Untuk kelebihan pengobatan alami yaitu sebagai berikut:

  • Tanpa efek samping sehingga dapat menghindari resiko seperti overdosis atau alergi yang berbahaya bagi tubuh penderita.
  • Harganya lebih murah karena proses produksi yang sederhana. Bahkan karena mudah diperoleh dapat juga mengolah obat sendiri di rumah.
Sponsors Link

2. Pengobatan Medis

Selain memakai pengobatan yang alami, maka cara selanjutnya yang dapat dipilih dengan melakukan konsultasi pada tenaga medis dan mendapatkan resep pengobatan yang sesuai. Sebagian besar orang juga lebih memilih cara ini supaya tidak terlalu lama melakukan penanganan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa macam pengobatan medis yang umumnya diresepkan sebagai cara mengobati sinus paranasal.

  • Obat semprot hidung, biasanya dokter akan memberikan resep berupa semprotan di hidung untuk membantu menguraikan hidung tersumbat sebelah serta membantu melegakan pernafasan kembali. Biasanya jenis obat ini dapat dipakai beberapa kali dalam sehari untuk hasil yang lebih maksimal.
  • Antibiotik, diresepkan dokter apabila terlihat ada reaksi infeksi sekunder baik karena bakteri maupun virus yang membuat kondisi sinus makin parah. Sehingga perlu pengobatan antibiotik untuk menyembuhkan infeksi secepatnya.
  • Vitamin, yang mana fungsi dari vitamin untuk memperkuat daya tahan tubuh supaya penyakit sinus segera pulih dan cepat diatasi dengan mudah.
    Sponsors Link

  • Pereda demam, umumnya dokter akan memberikan parasetamol yang berguna untuk meredakan batuk disertai demam tinggi ringan selama sinus termasuk meredakan sakit kepala yang mengganggu akibat gejala penyakit tersebut.

Memakai pengobatan dari dokter memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan juga. Untuk lebih jelasnya berikut ini kelemahan penggunaan obat medis:

  • Memiliki efek samping yang dapat menimbulkan alergi pada pemakainya dan beresiko mengalami overdosis jika digunakan melebihi dosis dari dokter. Sehingga dosis harus tepat dan tidak dapat dipakai sesukanya.
  • Harga yang lebih mahal karena proses produksi yang tidak mudah dalam menghasilkan obat tersebut.

Sementara beberapa kelebihan jika memilih pengobatan medis yaitu sebagai berikut:

  • Lebih cepat sembuh karena bekerja langsung di pusat penyakit dan meredakan gejala yang terjadi dalam waktu singkat atau hitungan hari.
  • Mudah diperoleh di berbagai macam toko obat maupun apotik.

Itulah beberapa cara mengobati sinus paranasal dengan cara alami maupun medis. Pastikan untuk memilih yang paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang dimiliki. Terutama perhatikan efek samping yang mungkin terjadi. Sehingga resiko penyakit ciri-ciri sinusitis kambuh makin parah dapat dihindari. Dengan pengobatan yang sesuai maka gejala sinus seperti pilek dan sakit kepala dapat segera diatasi. Sehingga aktivitas dapat berjalan normal kembali seperti sedia kala.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan