Sponsors Link

10 Antibiotik Untuk Batuk  dan Radang Tenggorokan Resep Dokter

Sponsors Link

Jika Anda sedang mengalami gejala batuk selama beberapa hari ini, kemudian disertai dengan radang tenggorokan, tentunya hal tersebut akan membuat saluran pernafasan menjadi sakit dan tidak nyaman. Kondisi seperti ini umumnya disebabkan oleh adanya infeksi yang disebabkan oleh virus yang masuk ke saluran pernafasan, khususnya bagian tenggorokan.

ads

Radang tenggorokan memang mungkin terjadi saat seseorang juga sedang mengalami batuk kering yang terus- menerus. Saat kita mengalami radang tenggorokan, biasanya kita akan merasa sakit saat menelan makanan atau minuman. Pengobatan yang terbaik pastinya harus segera dilakukan, agar radang tenggorokan ini tidak bertambah semakin parah. Radang tenggorokan biasanya dapat diatasi dengan obat tradisional batuk pilek dan radang tenggorokan mengkonsumsi antibiotik.

Antibiotik Untuk Batuk dan Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan bisa terjadi karena virus atau bakteri yang menyerang saluran pernafasan. Jika radang tenggorokan yang terjadi disebabkan oleh virus, maka obat antibiotic biasanya tidak diperlukan. Namun, jika radang tenggorokan yang dialami disebabkan oleh bakteri (streptococcus), sebaiknya segera mengkonsumsi obat antibiotic.

Berikut ini beberapa obat antibiotic yang banyak digunakan untuk mengatasi keluhan batuk dan radang tenggorokan yang dialami dan bisa kamu dapatkan secara cara mengobati batuk dengan bawang merah ampuh dan bebas di apotek :

  • Cefolosporin

Cefolosporin merupakan salah satu jenis obat antibiotic yang direkomendasikan untuk atasi radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Obat ini berfungsi untuk membantu meredakan sakit radang tenggorokan.  Sebelum mengkonsumsi obat antibiotic ini sebaiknya Anda mengecek keadaan diri sendiri dulu, apakah Anda memiliki alergi terhadapa antibiotic jenis Cefolosporin? Jika tidak, maka tidak masalah untuk mengkonsumsinya. Merek obat antibiotic ini juga dikenal dengan Cephalexin dan Cefadroxil.

  • Betalaktam

Radang tenggorokan yang penyebabnya adalah bakteri juga dapat diatasi dengan obat antibiotic betalaktam. Obat ini bermanfaat untuk redakan infeksi di tenggorokan karena bakteri. Betalaktam termasuk pada golongan penisilin, ampsillin dan amoksillin. Jika konsumsi betalaktam dilakukan selama dua minggu, ternyata tidak menunjukan hasil yang diinginkan, yaitu kesembuhan, maka ganti dengan khasiat bawang merah untuk flu yang ampuh antibiotic lain yang lebih baik.

  • Makrolida

Jenis antibiotic lainya adalah Makrolida seperti merek eritomisin, klaritomisin serta azithromicyn. Obat ini jika dikonsumsi akan memberikan keuntungan berupa dapat dikonsumsi dengan cukup sering, hingga lima kali. Sebaiknya, pemakaian tidak melebihi dari 5 hari. Obat antibiotic makrolida ini dapat menimbulkan efek samping yang cukup tinggi, berupa gangguan lambung. Obat antibiotic ini umumnya hanya diberikan sesuai resep dokter.

  • Degirol

Obat antibiotic selanjutnya adalah Degirol yang merupakan obat antibiotic dengan rasa jeruk dan lemon yang unik dan menyegarkan. Obat yang diproduksi oleh pabrik farmasi Darya Varia ini hadir dalam bentuk tablet hisap yang mudah dikonsumsi. Tablet ini memiliki kandungan Dequilinium chloride sebanyak 0.25 mcg. Selain itu, obat ini juga memiliki kandungan anti jamur serta anti bakteri yang ampuh untuk membunuh kuman. Obat ini tidak boleh dikonsumsi lebih dari 8 tablet sehari.

  • FG Troches

FG Troches merupakan obat antibiotic yang merupakan  batuk sebelum tidur dan mudah didapatkan di apotek dan termasuk yang ketat penggunaanya. Memiliki kandungan gramisidin dan fradiomisin yang ampuh sebagai antibiotic untuk radang tenggorokan. Bentuk tablet yang juga bisa dihisap langsung, memudahkan orang mengkonsumsi obat antibiotic ini. Obat yang memiliki rasa manis ini dan penggunaanya cukup satu tablet saja perhari.

Sponsors Link

  • SP Troches

Obat antibiotic untuk radang tenggorokan yang dikonsumsi dengan cara dihisap lainya adalah SP Troches. Obat hisap ini tersedia dalam beberapa pilihan rasa seperti kopi, melon dan strawberry. Obat ini juga cukup dikonsumsi 1 tablet per harinya.

  • Strepsils

Strepsils sering dikenal dengan sebutan permen pelega sakit tenggorokan. Padahal, strepsils juga merupakan obat antibiotic yang rasanya manis dan sering diberikan dengan resep dokter. Cara mengkonsumsi Strepsills adalah dengan memakanya 1 butir dan diamkan hingga larut dalam mulut.

  • Lemocin

Selanjutnya adalah obat antibiotic batuk dan radang tenggorokan yang disebut Lemocin. Tablet lemocin mengandung cetridium bromide, lidocaine dan tyrothicin. Obat antibiotic ini tidak bisa dikonsumsi sembaranganm terlebih oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Obat antibiotic ini terbilang obat keras sehingga hanya digunakan berdasarkan resep dokter dan tidak disarankan untuk ibu hamil.

  • Dexamethasone

Radang tenggorokan atau faringitis juga dapat diatasi dengan konsumsi obat antibiotic Dexamethasone.cukup mengkonsumsi obat ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam cara pencegahan flu burung  sehari untuk dewasa dan anak-anak dengan tingkat radang tenggorokan yang cukup parah.

  • Efisol Lozenges

Obat antibiotic ini memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk atasi anak batuk minum susu coklat dengan radang tenggorokan. Obat tablet ini juga cukup dikonsumsi dengan cara dihisap tanpa dikunyah. Obat antibiotic ini mampu meningkatkan sistem imun tubuh terhadap serangan bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan.

Radang tenggorokan yang bisa muncul setelah kita mengalami batuk, dapat menimbulkan rasa nyeri khususnya ketika menelan makan dan minuman.  Jika gejala radang tenggorokan sudah dirasakan, maka segera atasi dengan mengkonsumsi obat antibiotic untuk batuk dan radang tenggorokan.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan