Sponsors Link

17 Cara Mengembalikan Suara yang Hilang Karena Batuk Dalam Sehari

Sponsors Link

Ketika terserang batuk, baik itu batuk kering maupun batuk berdahak tentunya cukup membuat kita kurang nyaman. Batuk karena flu tersebut juga dapat menimbulkan gejala lainya yang cukup menganggu, yaitu timbulnya suara serak bahkan hingga suara menjadi hilang. Batuk yang berkaitan dengan kondisi tenggorokan yang mengalami peradangan karena virus dan bakteri, rupanya mengganggu pita suara di dalamnya, sehingga mengalami infeksi dan menyebabkan suara serak karena batuk pilek  yang juga disertai sakit tenggorokan.

ads

Suara merupakan suatu hal yang penting dalam aktifitas kita, untuk berbicara dan berkomunikasi tentang segala hal. Namun, ketika seseorang terkena batuk, sakit tenggorokan dan flu, suara yang dihasilkan pita suara kita ini menjadi serak atau parau, gejala seperti ini juga disebut laringitis. Suara serak dan bahkan suara hilang sebenarnya bukan gejala penyakit yang berbahaya, karena bisa dideteksi sendiri dan bahkan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, jika melakukan penanganan dengan tepat cara mengobati batuk karena kecapean  tersebut bisa sembuh dengan lebih cepat.

Cara Mengembalikan Suara Hilang Karena Batuk Dalam Sehari

Batuk yang terjadi selama kita mengalami flu, juga memunculkan gejala lain seperti perubahan suara yang menjadi serak hingga suara menjadi hilang untuk beberapa waktu. Hal tersebut mengindikasikan, kondisi tenggorokan dan area pita suara yang mengalami peradangan cukup parah. Konsumsi obat yang dapat meredakan infeksi atau peradangan tersebut tentunya harus dilakukan segera mungkin agar cepat pulih. Umumnya, suara yang hilang bisa kembali normal setelah memasuki fase ke-7 hari. Namun, Anda bisa memulihkanya dengan lebih cepat, cukup sehari saja,  melalui beberapa cara berikut:

  • Minum Air Jahe

Tanaman jahe yang efektif untuk pengobatan alami berbagai penyakit, cukup ampuh untuk mengatasi suara serak bahkan suara hilang ketika batuk. Sensasi hangat yang diciptakan ketika meminum air jahe, akan membuat pita suara menjadi lebih rileks dan kembali berfungsi. Minum air jahe dalam kondisi hangat setiap hari.

  • Makan Permen Mint

Selain jahe, suara serak atau suara hilang ketika batuk juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi permen mint. Perlu Anda ketahui, sebaiknya pilih permen mint yang memiliki kandungan gula 0%. Permen yang terlalu banyak mengandung gula, bahkan lebih memicu tenggorokan menjadi gatal, batuk dan semakin meradang.

  • Berisitirahat dengan Cukup

Ketika batuk dan mengalami gejala suara yang serak dan hilang, sebaiknya kita lebih banyak berisitirahat. Tidak usah terlalu banyak berbicara terlebih dulu, karena akan membuat kondisi pita suara menjadi memburuk. Jika memang ada sesuatu yang penting untuk dibicarakan, Anda bisa melakukanya dengan berbisik. Ini juga salah satu cara mengobati radang tenggorokan dengan jeruk nipis yang ampuh.

  • Menghangatkan Tubuh dengan Sauna dan Yoga

Suara yang serak dan bahkan menjadi hilang untuk sementara waktu, merupakan akibat dari kondisi pita suara kita yang terinfeksi dan menegang. Dengan membuat keadaan tubuh menjadi lebih rileks, otomatis pita suara kita juga akan ikut menjadi lebih rileks. Lakukan kegiatan sauna untuk menghangatkan tubuh atau olahraga yoga yang cenderung ringan dan dapat dilakukan secara rileks dan berulang kali. Coba untuk keluarkan suara ketika yoga, usahakan suara keluar bukan dari tenggorokan namun dari diafragma.

  • Minum Banyak Air Putih

Untuk mengatasi suara yang hilang karena serak dan batuk dengan cepat, Anda harus rajin untuk minum air putih setiap hari. Konsumsi air putih dalam suhu normal (bukan air putih dingin) dengan teratur sebanyal 12 gelas perhari. Selain membantu metabolisme Anda, cara menyembuhkan sakit kepala akibat sinusitis juga dapat diatasi dengan air putih, untuk mengatasi suara yang serak agar segera normal kembali.

Sponsors Link

  • Berkumur Air Garam

Air garam biasanya dapat digunakan sebagai pengobatan alami, terutama yang berkaitan dengan gangguan penyakit di area saluran pernafasan dan mulut. Garam berfungsi untuk memberantas virus serta bakteri yang masuk ke tubuh melalui tenggorokan, sehingga membuat pita suara terinfeksi dan memicu batuk. Kumur air garam secara rutin, khususnya saat bangun tidur dan sebelum tidur.

  • Minum Teh Hangat Kayu Manis

Kayu manis yang mudah ditemukan saat kita belanja di supermarket atau pasar tradisional ini, memiliki fungsi sebagai anti inflamasi, anti septic serta anti bakteri, terhadap suatu penyakit. Jika dikonsumsi ketika batuk cara mengobati batuk dengan bawang putih dan suara yang hilang dapat memulihkan infeksi yang terjadi. Cukup tambahkan satu sendok makan bubuk kayu manis dalam satu cangkir teh panas, aduk rata dan minum maksimal 3 kali sehari dalam keadaan hangat. Hindari minuman ini, jika Anda memiliki riwayat penyakit lambung.

  • Minum Air Lemon dan Madu

Madu juga dapat dicampurkan dengan air lemon untuk dijadikan ramuan minuman ketika batuk disertai suara serak dan hilang. Kedua bahan ini memiliki sifat antibakteri serta membantu meringankan infeksi yang terjadi di area pita suara. Jika ada penyumbatan lendir dalam tenggorokan, ramuan minuman ini juga dapat mempermudah lendir tersebut untuk dikeluarkan. Konsumsi hingga 4 sendok madu dalam sehari, tidak menjadi masalah. Hindari minuman ini jika Anda memiliki riwayat penyakit lambung.

ads
  • Minum Air Hangat

Selain minum air putih pada suhu normal harus banyak, Anda juga bisa membantu mengatasi suara serak atau hilang dengan cepat, cukup dengan meminum air dalam suhu hangat. Air teh hangat maupun air putih hangat dapat menjadi pilihan minuman hangat yang akan membantu pita suara Anda berfungsi kembali. Minum air putih hangat secara rutin pada anak makan es krim saat batuk pilek juga diberikan agar hasilnya maksimal.

  • Berkonsultasi ke Dokter

Saatnya berkonsultasi dengan dokter, jika Anda sudah mengalami suara serak hingga cenderung menghilang selama lebih dari 7 hari. Umumnya, ketika sedang batuk, suara menjadi serak dan menghilang dalam waktu yang tidak lama. Setelah 3 hari pengobatan, umumnya pita suara akan lebih pulih. Namun, jika seteleh 7 hari, gejala tersebut masih dirasakan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk perawatan yang lebih baik.

  • Minum Obat Herbal dari Apotek

Beberapa obat yang terbuat dari bahan alami, untuk membantu kesehatan orang-orang yang memiliki penyakit tertentu. Salah satu obat yang baik untuk mengatasi suara serak dan hilang tersebut,  ???

  • Terapi Uap

Uap panas ternyata mampu melegakan masalah yang terjadi di tenggorokan. Cara untuk membuat terapi uap dapat dilakukan sendiri. Letakan handuk di atas kepala, kemudian siapkan air yang sudah dipanaskan (sudah mendidih) dan masukan beberapa tetes minyak esensial, dapat membantu melegakan pernafasan, tenggorokan, hingga menenangkan pita suara.

  • Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat anti mikroba dan mampu mengatasi infeksi yang terjadi pada pita suara, yang menyebabkan suara yang hilang ketika batuk. Untuk mengobati pita suara lebih cepat dalam waktu sehari, siapkan cuka apel dan madu. Siapkan 2 sendok cuka apel, 1 sendok madu dan campurkan dengan ½ cangkir air. campurkan minuman, minum dua kali sehari.

  • Makan Permen Pelega Tenggorokan

Saat suara serak dan suara menjadi hilang ketika batuk, tidak usah bingung, cukup konsumsi permen pelega tenggorokan atau manfaatkan khasiat bodrex flu dan batuk dengan mengkonsumsi obat tersebut. Permen ini akan membantu kita lebih hangat dan bersifat melegakan tenggorokan serta menenangkan pita suara yang terinfeksi. Pastikan permen pelega tenggorokan ini adalah yang mengandung 0% gula.

  • Konsumsi Cranberri

Mungkin cukup sulit menemukan buah cranberry yang berasal dari Amerika ini. namun, buah ini ternyata memiliki manfaat antioksidan yang tinggi, dan dapat membantu menyehatkan serta kondisi tenggorokan dan pita suara yang sedang meradang. Proses penyembuhan suara yang hilang akan lebih cepat.

  • Licorise

Obat alami lainya yang dapat mengembalikan suara yang hilang karena batuk dalam sehari adalah dengan mengkonsumsi licorise. Bahan alami ini juga memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mengurangi infeksi pada pita suara penyebab suara serak dan hilang. Licorise juga bersifat ekspektoran, yang dapat membersihkan lendir di tenggorokan yang juga menjadi penyebab suara serak hingga suara menjadi hilang.

Sponsors Link

  • Mengkonsumsi Obat Tertentu

Gejala suara yang serak bahkan suara yang hilang ketika batuk, sebenarnya dapat segera diobati dengan mengetahui penyebab utamanya. Jika penyebab sudah terdeteksi, maka akan mudah untuk segera meredakanya. Sebagian orang yang mengalami suara serak dan suara hilang, disebabkan oleh penyakit GERD hingga alergi. Jika penyebabnya adalah kedua hal tersebut, maka Anda bisa mengkonsumsi obat yang sesuai, sehingga suara hilang karena batuk tersebut bisa kembali normal.

  • Eukaliptus

Daun herbal eukaliptus ini juga dapat menjadi obat herbal yang membantu mengatasi suara yang hilang karena batuk. Daun ini dapat diseduh dan dibuat sebagai obat kumur saja. Hindari menjadikan daun eukaliptus untuk diminum langsung.

Batuk yang dialami sebagian besar orang termasuk gejala penyakit yang tidak berbahaya, karena umumnya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang dari satu minggu. Jika batuk yang dialami disertai dengan suara yang parau, maka beberapa cara mengembalikan suara yang hilang karena batuk dalam sehari dapat dilakukan agar suara kita bisa kembali normal, sekalipun sedang batuk.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan