Sponsors Link

4 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Bernanah Terbukti Berkhasiat Ampuh

Sponsors Link

Radang tenggorokan ini berkaitan erat dengan batuk terutama batuk berdahak. Hal ini dikarenakan batuk berdahak menyebabkan dahak yang mengumpal dan mengesek dinding tenggorokan sehingga dengan berjalannya waktu terjadi inflamasi atau peradangan pada tenggorokan. Kondisi radang tenggorokan ini membuat penderitanya mengalami kesulitan meelan makanan karena penderita akan merasakan sakit atau nyeri saat menelan makanan.

ads

Selain rasa sakit atau nyeri, radang tenggorokan juga sering muncul nanah. Kondisi seperti inilah yang membuat penderita mengalami ketidaknyamanan dalam beraktifitas sehari – hari. Artikel ini akan membahas secara lengkap dan mendalam tentang cara mengobati radang tenggorokan bernanah.

Artikel terkait:

Gejala Radang Tenggorokan Bernanah

Setiap penyakit pasti mengalami tanda – tanda munculnya penyakit tersebut. Kondisi ini juga berlaku di radang tenggorokan. Gejala atau tanda ini kerap muncul sesat sebelum munculnya radang tenggorokan bernanah. Berikut ini gejala radang tenggorokan bernanah seperti dibawah ini.

  1. Demam, mayoritas penderita mengalami gejala naiknya suhu tubuh. Penderita radang tenggorokan sering mengalami demam tinggi sesaat sebelum munculnya radang tenggorokan.
  2. Kesulitan bernafas, kondisi ini erat katiannya dengan adanya dahak atau lendir di tenggorokan. Tenggookan berhubungan erat dengan kerongkongan sehingga akan membuat gangguan pada sistem pernapasan. Dahak ini akan menghambat aliran udara keluar masuk dari dan ke paru – paru.
  3. Batuk, salah satu gejala ini memang dialami oleh setiap orang karena berhubungan dengan dahak yang menyebabkan radang tenggorokan. Batuk berdahak akan membuat gesekan pada dinding tenggorokan dan berujung pada terjadiya peradangan. Baca juga timun penyebab batuk.
  4. Keluarnya nanah disertai dengan darah, gejala radang tenggorokan bernanah yaitu keluarnya nanah disertai darah ini memang menjadi gejala utama pada penyakit ini. Peradangan yang tidak segera diobati akan menyebabkan nanah dan berujung menjadi darah.
  5. Pembengkakan di area leher, akibat peradangan di tenggorokan membuat leher tampak bengkak dan terasa tidak nyaman.

Penyebab Radang Tenggorokan Bernanah

Dalam proses mencegah suatu penyakit harus mengetahui penyebab dari tumbuh dan berkembangnya penyakit tersebut. Seperti halnya dengan radang tenggorokan, dalam mencegah munculnya radang tenggorokan bernanah harus paham tentang faktor pemicunya. Berikut ini beberapa penyebab radang tenggorokan bernanah, antara lain:

  • Infeksi Virus

Penyebab utama dari munculnya radang tenggorokan bernanah adalah terjadina infeksi virus. Menurut lembaga keseahatan dunia menjelaskan hampir 90 %  penyebab radang tenggorokan bernanah terjadi karena infeksi virus. Ada beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan radang tenggorokan bernanah seperti virus influenza ( virus penyebab flu), dan vius mononukleosis (EBV).

  • Infeksi Bakteri

Selain virus, microorganisme lainnya yaitu bakteri juga dapat menjadi penyebab radang tenggorokan bernanah. Jenis bakteri penyebab radang tenggorokan bernanah yaitu bakteri streptococcus type A dan strephytococcus.

  • Alergi

Salah satu penyebab radang tenggorokan bernanah lainnya yaitu penderita memiliki alergi terhadap alergen ( penyebab alergi ) tertentu. Orang yang memiliki alergi suhu dingin, debu, bulu binatang, dan serbuk sari akan mudah terkena batuk terutama batuk berdahak. Sepeti yang dijelaskan diawal dahak dapat menyebabkan radang tenggorokan bernanah.

  • Asam lambung naik
Sponsors Link

Asam lambung naik ini secara medis dikenal sebagai gerd ( gastroesepalogus reflux). Keadaan ini menunjukkan asam lambung naik ke tenggorokan dan menyebabkan asam lambung menggesek dinding tenggrokan. Karena asam lambung bersifat korosif maka akan menimbulkan peradangan pada tenggorokan dan berujung pada radang tenggorokan bernanah. Peradangan di tenggoorkan ini akan menimbulkan luka sehingga muncul nanah disertai darah. Kami sarankan Anda juga membaca radang tenggorokan setelah operasi amandel.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Bernanah

Pengobatan radang tenggorokan bernanah ini memerlukan cara yang tepat dan benar agar terhindar dari efek samping. Salah satu cara pengobatan radang tenggorokan bernanah yang tanpa efek samping dan terbukti ampuh yaitu dengan pengobatan non medis alias pengobatan dengan cara herbal. Berikut ini beberapa cara mengobati radang tenggrorokan bernanah, antara lain:

  • Berkumur dengan air hangat dicampur garam

Air garam memang sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri atau kuman penyebab batuk berdahak. Apabila bakteri tersebut mati maka akan dapat mengurangi dahak sehingga dapat meredakan radang tenggorokan. Selain itu, dengan menggunakan air hangat akan mampu melegakan tenggorkat dan menghangatkan tenggorokan sehingga akan memperlancar pernapasan.

Sponsors Link

  • Perbanyak mengkonsumsi air putih

Salah satu cara praktis dalam mengobati radang tenggorokan bernanah yaitu rutin minum air putih minimal 2 liter perhari. Hal ini dimaksudkan dengan mengkonsumsi air putih maka tubuh akan tidak terkena dehidrasi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Apabila sistem kekebalan tubuh meningkat maka tubuh akan melawan virus atau bakteri penyebab radang tenggorokan bernanah.

  • Mengkonsumsi buah atau sayuran

Dalam mengobati radang tenggorokan bernanah diperlukan asupan viamin C yang banyak agar sistem kekebalan tubuh meningkat. Vitamin C ini dapat diperolah dengan mengkonsumsi buah atau sayuran yang mengandung vitamin C. Untuk mengobati radang tenggorokan bernanah sebaiknya rutin mengkonsumsi buah atau sayauran yang mengandung vitamin C seperti buah jeruk.

  • Mengkonsumsi permen pelega tenggorokan

Salah satu cara yang terkesan sepele namun sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan akibat peradangan yaitu mengkonsumsi permen pelega tenggorokan. Permen ini mampu melegakan tenggorokan, menghangatkan tenggorokan dan mampu melegakan pernapasan. Baca selengkapnya obat tradisional batuk pilek dan radang tenggorokan.

Demikian penjelasan secara lengkap dan mendalam tentang cara mengobati radang tenggorokan bernanah. Apabila Anda dan keluarga Anda mengalami radang tenggorokan disertai nanah maka sebaiknya Anda dapat mencoba cara pengobatan seperti yang dijelaskan diatas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan