Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Batuk Saat Tidur Paling Berkhasiat

Sponsors Link

Jika batuk terasa sangat mengganggu, ada baiknya mengetahui cara menghilangkan batuk saat tidur. Karena tentu hal ini membuat penderita harus terjaga semalaman dan malah sakit makin parah karena kurang istirahat. Hal ini juga merupakan sesuatu yang sangat wajar bahwa batuk terjadi malah semakin berat di saat malam hari. Akhirnya penderita batuk sering kesusahan saat malam hari tiba. Selain mengganggu orang lain, penyakit jadi semakin sulit sembuh, dan waktu istirahat semakin sedikit.

ads

Sayangnya tidak banyak orang yang tahu bagaimana menghadapi situasi ini. Beberapa orang menyerah begitu saja saat batuk hebat di malam hari dengan alasan batuk adalah penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya. Atau berpikir nantinya juga akan reda. Sekalipun ini adalah hal yang benar, namun sebaiknya jangan disepelekan. Jika batuk-batuk malam hari sebaiknya segera ambil langkah yang tepat untuk mengatasinya. Sehingga waktu tidur malam dapat membuat penderita tidur dengan nyenyak tanpa gangguan. Jika merasa penasaran bagaimana caranya, berikut ini beberapa cara menghilangkan batuk saat tidur yang cukup efektif:

1. Minum Air Putih

Jika sedang batuk sebisa mungkin minum banyak air putih. Usahakan lebih dari 2 liter atau delapan gelas dalam sehari. Sehingga batuk serta dahak yang mengganggu dapat segera reda dan tidak mengganggu lagi. Terutama menjelang malam hari dimana batuk bisa saja makin parah dan mengganggu. Sebaiknya sebelum tidur minum air putih segelas penuh. Bila perlu minum lagi air putih saat terbangun tengah malam.

Dengan demikian maka batuk dapat mereda dan tidak mengganggu waktu tidur lagi. Air putih tentunya dapat bekerja secara efektif dalam mengencerkan dahak yang biasanya menyebabkan batuk tidak kunjung berhenti. Sehingga minum air putih bermanfaat maksimal dalam menghilangkan dahak penyebab batuk yang dapat membuat susah tidur.

2. Terapi Uap

Langlah berikut yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan terapi uap. Cobalah untuk meletakkan minyak kayu putih dan air panas di dalam baskom. Hirup hingga semua dahak dan lendir bersih keluar. Setelah itu barulah tidur dengan nyenyak. Jika dahak dan lendir telah dikeluarkan semua maka otomatis saluran pernafasan lebih lega dan batuk tidak banyak mengganggu di malam hari saat penderita sedang tidur nyenyak.

Ini merupakan salah satu cara tradisional alami yang telah dilakukan sejak lama. Sejak jaman dahulu terapi ini digunakan oleh banyak orang terutama untuk mengatasi lendir dahak pada anak yang sedang batuk berat. Selain praktis dan alami juga tanpa efek samping.

3. Minum Obat Batuk

Cara menghilangkan batuk saat tidur berikutnya yang juga sangat efektif yaitu dengan minum obat batuk tepat sebelum tidur malam. Hal ini karena obat batuk biasanya mengandung ekspetoran pereda dahak supaya berhenti bekerja di malam hari. Selain itu obat batuk mengandung obat tidur yang membantu penderita tidur nyenyak dan beristirahat dengan cukup.

Karena itu perhatikan jenis obat batuk yang diresepkan dokter. Sebaiknya minta yang dapat membuat mengantuk di malam hari. Karena hal itu sangat bermanfaat menambah kualitas waktu tidur penderita batuk yang butuh lebih banyak waktu istirahat supaya batuk dapat segera pulih.

4. Sari Jahe

Sponsors Link

Cara lain yang dapat dicoba yaitu dengan minum sari jahe. Ini juga merupakan cara alami yang telah dikenal sejak dahulu kala. Menyiapkan sari jahe juga tidak susah. Cukup ambil seruas jahe dan cuci hingga bersih. Selanjutnya memarkan dan rebus bersama air hingga mendidih. Tambahkan madu untuk daya tahan tubuh yang lebih optimal. Selanjutnya minum sari jahe di malam hari tepat sebelum tidur. Rasakan efek jahe yang hangat dalam membantu encernya dahak dan menciptakan pernafasan yang lega. Sehingga dengan demikian tidur malam akan lebih nyenyak tanpa batuk.

5. Udara Hangat

Jika ingin tidak terganggu batuk saat tidur malam, sebaiknya pastikan suhu ruangan tempat istirahat tidur malam cukup hangat. Untuk sementara waktu hindari penggunaan pendingin ruangan supaya tidak menyebabkan dahak makin parah. Dengan suhu yang cukup hangat tentunya radang tidak akan bertambah parah. Sehingga batuk dapat diatasi dengan lebih baik.

Sponsors Link

Apabila udara sangat dingin walau tanpa pendingin ruangan, sebaiknya gunakan selimut hangat supaya tubuh tidak kedinginan. Intinya yaitu memastikan suhu badan tetap hangat dan tidak kedinginan supaya batuk dapat mereda. Jika batuk berhenti di malam hari, maka waktu tidur juga otomatis akan lebih berkualitas.

6. Hindari Begadang

Selanjutnya jika ingin batuk hilang di malam hari sebaiknya hindari begadang menonton televisi atau bermain hingga larut malam terutama saat sedang batuk. Karena jika demikian maka kondisi batuk akan makin parah. Sebaiknya ambil waktu tidur malam lebih awal supaya waktu istirahat dapat lebih panjang. Dengan demikian maka resiko batuk makin parah dan terjadi di malam hari tentunya akan lebih mengecil.

Itulah beberapa cara menghilangkan batuk saat tidur yang dapat efektif membantu supaya batuk tidak terus menerus terjadi di malam hari. Dengan cara mengatasi yang tepat maka serangan batuk tentunya dapat dihindari dengan baik. Oleh karena itu jangan ragu untuk mencoba cara-cara di atas supaya mendapat kesembuhan yang lebih maksimal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan