Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Batuk Disertai Muntah Pada Anak yang Cepat dan Tepat

Sponsors Link

Batuk merupakan penyakit yang ringan dan mudah untuk disembuhkan. Selain itu batuk juga tidak pernah memandang bulu baik tua, muda , dewasa, atau bahkan anak – anak sering mengalami batuk. Batuk pada anak merupakan hal yang wajar, namun akan berdampak buruk jika batu tersebut menimbulkan muntah.

ads

Muntah merupakan kondisi dimana adanya makanan yang telah berada di dalam lambung yang tiba – tiba naik ke tenggorokan hingga keluar secara paksa atau spontan melewati mulut. Kondisi mual, muntah dan batuk merupakan bentuk responsif sistem imun manusia untuk menyerang virus yang akan masuk ke tubuh manusia. Banyak kasus yang timbul akibat batuk yang disertai dengan muntah. Pada artikel ini akan dibahas lebih dalam mengenai cara mengatasi batuk disertai muntah pada anak.

Artikel terkait:

Sebelum kita membahas cara mengatasi batuk disertai muntah pada anak sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu penyebab batuk disertai muntah pada anak.

Penyebab Batuk disertai Muntah

Pada dasarnya manusia sudah diberikan sistem atau benteng yang kuat dalam menanggulangi benda atau zat asing yang masuk ke sistem tubuh kita. Tujuan batuk adalah mengeluarkan benda atau zat asing tersebut akan tidak menjadi penyakit yang lebih parah lagi. Namun, tidak sedikit orang mengalami batuk yang terlalu kuat dapat menyebabkan muntah karena terdorong oleh otot perut. Salah satu penyebab timbul rasa mual atu muntah itu disebabkan oleh batuk parah yang tak terkendali. Secara medis, batuk disertai muntah pada anak dapat dibagi menjadi dua yaitu penyebab karena infeksi dan penyebab karena non infeksi. Berikut ini penjelasannya.

1. Penyebab karena infeksi

Salah satu penyebab batuk disertai muntah pada anak karena infeksi saluran pernapasan. Beberapa infeksi saluran pernapasan yang menyebabkan batuk disertai muntah sebagai berikut

  • Pertuis atau batuk rejan

Batuk ini terjadi karena infeksi saluran pernapasan yang diakibatkan oleh bakteri bordetella psertussis. Batuk ini dapat menyebabkan muntah yang berkelanjutan. Penyakit ini dapat dialami oleh orang dewasa bahkan anak – anak.

  • Tuberkulosis paru – paru

Penyakit ini merupakan infeksi paru – paru yang diakibatkanoleh bakteri mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini tergolong penyakit parah dan kronis yang dapat mengakibatkan pada kematian.

  • Bronkitiss akut

Penyakit ini merupakan infeksi saluran pernapasan yang secara umum terjadi bi bronkus yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Penyakit ini juga mengakibatkan batuk disertai muntah pada anak.

2. Penyebab karena non – infeksi

Selain penyebab karean infeksi, batuk disertai muntah pada anak dapat terjadi akibat beberapa penyakit non infeksi seperti:

Sponsors Link

  • Asma

Penyakit ini merupakan penyakit kronis yang diakibatkan adanya peradangan dalam saluran pernapasan. Kondisi ini terlihat ada pembengkakan pada  saluran pernapasan dan sangat sensitif.

  • Post nasal drip

Kondisi ini terjadi ketika ingus atau lendir yang berlebihan terkumpul pada bagian  tenggorokan sehingga menyebabkan ada rasa ingin muntah.

  • Penyakit paru obstuktif kronik (PPOK)

Penyakit ini terjadi disaluran pernapasan ireversibel karenan kebiasaan sering merokok. Penyakit ini lama kelamaan akan menimbulkan bronkitis kronis dan akan menyebabkan batuk disertai muntah. Setelah melihat dan memahami penyebab batuk disertai muntah pada anak, kita akan membahasa lebih mendalam cara mengatasi batuk diserai muntah pada anak.

Cara Mengatasi Batuk disertai Muntah Pada Anak

ads

Cara sederhana agar tidak terjadi atau sembuh dari batuk disertai muntah pada adalah istirahat yang cukup. Namun, hal ini tidak akan sembuh dengan cepat. Ada beberapa cara agar dapat mengobati batuk disertai muntah pada anak secara cepat dan tepat. Berikut ini caranya, antara lain:

1. Perbanyak minum air putih

Air putih memang sangat berkhasiat bagi tubuh. Selain menjaga kesehatan badan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, minum air putih juga dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih secara cukup minimal 8 gelas perhari akan secara tidak langsung membantu mengobati atau setidaknya mengurangi batuk disertai muntah pada anak

2. Gunakan uap air panas

Salah satu cara mengatasi batuk disertai muntah pada anak adalah terapi uap. Caranya sediakan air panas ke dalam wadah atau baskom dan dekatkan pada wajah anak ke arah baskom lalu menyuruh anak untuk menghirup uap air panas tersebut. Lakukan hal tersebut selama 10 hingga 15 menit.

3. Mandi dengan iar hangat

Selain digunakan sebagai terapi uap, air panas tersebut juga dapat digunakan untuk mandi anak. Hal ini dipercaya mampu memperlancar sistem aliran darah dan juga dapat melegakan pernapasan.

4. Gunakan pelembab udara

Batuk yang disebabkan oleh udara kering sering dialami anak – anak. Oleh sebab itu cara untuk mengurangi batuk dengan cara gunakan pelembab udara atau penyaring udara agar udara yang ada tidak menimbulkan batuk pada anak.

5. Konsumsi buah-buahan

Ada beberapa buah  yang mampu mengatasi batuk yang disertai muntah. Beberapa buah yang mengandung asam folat, fosfor, mineral dan vitamin mampu mengatasi batuk yang disertai rasa muntah. Beberapa buah tersebut antara lain nanas, lemon, dan anggur. Konsumsi buah tersebut secara rutin, maka batuk anak akan segera sembuh.

Artikel lainnya:

Nah, demikian penjelasan singkat namun mendalam tentang cara mengatasi batuk disertai muntah pada anak. Bagi Anda yang memiliki anak yang sekarang sedang batuk disertai muntah maka sebaiknya Anda melakukan cara mengatasi batuk disertai muntah tersebut kepada anak Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan