Sponsors Link

5 Cara Mengobati Batuk dengan Daun Kemangi yang Ampuh

Sponsors Link

Daun yang memiliki aroma wangi ini disebut daun kemangi. Cara mengobati batuk dengan daun kemangi seperti apa? Kemangi umumnya digunakan sebagai sayuran pendamping ketika kita makan ayam goreng (lalapan). Kemangi memang enak untuk dimakan sebagai lalapan dan memiliki aroma yang khas. Selain itu, daun kemangi kabarnya dapat membantu menghilangkan bau mulut. Daun kemangi, seperti hal nya cara mengobati batuk dengan biji selasih juga bisa membantu menghilangkan bau amis.

Selain beberapa manfaat diatas, ternyata dalam dunia medis, daun kemangi juga memiliki manfaat untuk menghilangkan batuk kering maupun batuk berdahak. Sama hal nya seperti tanaman herbal lain, daun kemangi harus diolah terlebih dulu untuk bisa dijadikan obat batuk kering maupun berdahak. Cara mengolahnya juga cukup mudah, bahkan bisa dilakukan di rumah, semudah cara mengobati batuk dengan daun bidara  yang juga alami.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Dilansir dari kompasiana.com, daun kemangi terbukti memiliki manfaat yang maksimal untuk kesehatan. Salah satunya, memang bermanfaat untuk meredakan batuk. Apa saja manfaat dari daun kemangi, berikut ulasanya:

  • Mengatasi Penyakit Batu Ginjal, Penyakit batu ginjal, rupanya merupakan salah satu penyakit yang dapat disembuhkan dengan pengobatan alami daun kemangi.
  • Kesehatan kulit wajah, Anda ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih, daun kemangi juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan wajah secara alami. Khasiatnya bahkan bisa mengalahkan produk-produk kecantikan dan perawatan wajah yang ada di toko saat ini.
  • Untuk mengatasi flu, flu sering kali dialami oleh orang dewasa hingga anak-anak. Saat flu melanda Anda sebaiknya tidak perlu bingung lantas meminum obat antibiotik untuk pertusis, sebab daun kemangi dapat dimanfaatkan untuk meredakanya.
  • Mengobati demam dan meriang, saat flu telah melanda, terkadang meriang dan demam juga bisa rasakan. Salah satu demam yang dianggap parah adalah demam berdarah hingga malaria. Daun kemangi ini dapat mencegah penyebaran demam tersebut.
  • Untuk pemulihan kesehatan, Pasca sakit, kondisi tubuh kadang belum stabil sepenuhnya. Maka dari itu diperlukan pengobatan alami untuk pemulihan kesehatan dengan daun kemangi. Daun kemangi dapat membantu mempertajam memori otak dan menjaga kesehatan perut serta membantu mengatasi stress.
  • Untuk mengatasi batuk, cara mengobati batuk dengan daun kemangi ternyata menjadi solusi untuk meredakan batuk dengan lebih cepat. Daun kemangi berperan sebagai ekspektoran dan ayuverdic, seperti cara menghilangkan batuk karena sakit jantung. Dalam memindahkan lendir khususnya, pada pasien dengan penyakit asma dan bronchitis.

Cara Mengobati Batuk dengan Daun Kemangi

Batuk merupakan suatu kondisi dimana system imun tubuh kita sedang melemah. Kondisi imun tersebut membuat badan menjadi cepat lelah dan saat itulah, berbagai macam virus atau bakteri dengan mudahnya bisa menyerang tubuh kita. Batuk juga umumnya diawali dengan gejala pilek dan flu yang disebabkan oleh virus.

Daun kemangi dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit, termasuk batuk kering maupun batuk berdahak. Daun kemangi banyak mengandung beta karoten yang gunanya sebagai antibody tubuh yang dapat memperbaiki sel tubuh yang rusak.

Berikut ini beberapa cara mengobati batuk dengan daun kemangi yang bisa Anda lakukan:

  • Air Rebusan Daun Kemangi

Siapkan 5 lembar daun kemangi , Siapkan 500 ml air. Kemudian rebus air hingga mendidih ,Masukan daun kemangi dalam air yang mendidih lalu biarkan selama 10 menit. Angkat kemudian saring air rebusan kemangi tersebut. Minum air rebusan kemangi tersebut saat masih hangat. Minum minimal 2 kali sehari untuk hasil yang baik dalam mempercepat proses penyembuhan.

  • Dimakan Langsung

Daun kemangi sering kita jumpai sehari-hari, terutama saat kita mengkonsumsi makanan seperti ayam atau ikan goreng. Anda bisa mengkonsumsi daun kemangi dengan cara dimakan langsung, untuk membantu meredakan batuk yang sedang dialami.

  • Dicampur Kapulaga

Jika batuk yang muncul disertai dengan demam, maka Anda dapat menggunakan daun kemangi sebagai obat alami dengan cara dicampur kapulaga. Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah-rempah alami yang sering dijadikan obat herbal dan bumbu masak juga. Campurkan bubuk kapulaga dengan daun kemangi, lalu rebus dengan setengah liter air putih hingga mendidih. Agar air rebusan lebih berasa enak, campur dengan susu atau gula.

  • Dicampur Madu

Daun kemangi seperti hal nya cara mengatasi batuk dengan daun sirih, juga dapat diolah sebagai obat batuk alami dengan cara diblender bersama dengan bagian gagangnya (tangkai). Siapkan 6 daun kemangi dengan tangkai, lalu blender dan tambahkan madu 1- 2 sendok makan saja. Usahakan minum ramuan tersebut dengan rutin selama 6 bulan maksimal.

  • Dicampur Makanan

Mungkin Anda kurang merasa nyaman jika harus mengkonsumsi daun kemangi secara langsung. Solusinya, Anda dapat memotong daun kemangi yang sudah dibersihkan dalam ukuran kecil. Kemudian campurkan dengan makanan yang Anda suka (seperti topping). Selain mendapat nutrisi dari makanan, Anda juga mendapatkan manfaat alami dari daun kemangi untuk obat batuk.

Disamping daun kemangi sebagai cara mengobati batuk dengan daun kemangi, Anda juga perlu mengetahui efek samping yang bisa ditimbulkan oleh konsumsi daun kemangi. Pada dasarnya, daun kemangi tidak memiliki efek samping yang berbahaya untuk kesehatan, namun untuk itu, cara mengobati batuk dengan daun kemangi, tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal