Sponsors Link

5 Obat Penghilang Lendir di Tenggorokan yang Ampuh

Sponsors Link

Pernahkan Anda sering berdehem karena adanya lendir di tenggorokan? Kondisi ini membuat kita kurang nyaman, karena terasa ada yang mengganjal di area tenggorokan. Lendir tersebut menjadi menumpuk dan bertambah banyak. Jika Anda batuk, seperti batuk berdahak setiap cuac dingin-gejala-bahaya-dan-pengobatannyalendir tersebut seperti tertahan dan sulit untuk dikeluarkan. Kondisi seperti ini rupanya dapat diobati dengan beberapa alternatif obat yang akan kita bahas dalam artikel ini.

ads

Perlu Anda ketahui manfaat-semangka-untuk-batuk-berdahak serta tenggorokan merupakan percabangan saluran pernapasan serta saluran cerna. Lendir yang ada di tenggorokan juga diproduksi sendiri secara alami oleh tubuh. Lendir tersebut juga berfungsi sebagai pelumas yang dapat melembapkan dan juga sebabagai alat pertahanan tubuh dari beragam benda asing yang mengganggu pernapasan. Kondisi lendir yang menumpuk tentunya harus segera diatasi, agar proses bernapas kita menjadi kembali normal.

Produksi Lendir Berlebih dan Warna Lendir

Seseorang yang mengalami lendir berlebih di area tenggorokanya, dapat menunjukan bahwa kondisi pernapasanya memiliki gangguan tertentu. Salah satu penyebabnya bisa jadi benda asing yang sering masuk ke dalam tubuh. Agar menghindari benda asing masuk ke dalam tubuh, maka sebaiknya Anda menghindari kondisi cuaca saat sedang dingin hingga minum- minuman dingin.

Selain mengetahui mengapa lendir bisa jadi berlebih di area tenggorokan Anda, penting juga untuk mengenali warna lendirnya. Warna lendir yang kuning serta kehijauan, dapat mengindikasikan bahwa Anda mungkin terserang infeksi saluran pernapasan. Untuk menghindari penyakit yang lebih parah, sebaiknya segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Penyebab Lendir di Area Tenggorokan

Sama hal nya seperti beberapa keluhan penyakit seperti flu dan demam yang disebabkan oleh virus atau bakteri, maka lendir yang berlebih di area tenggorokan juga dapat muncul karena beberapa hal. Berikut ulasanya:

  • Kekurangan Cairan Tubuh

Tubuh memerlukan cairan setelah kita melakukan beberapa aktifitas sehari-hari. Kekurangan cairan tubuh, ternyata dapat menyebabkan lendir menjadi menumpuk di area tenggorokan.

  • Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok yang sudah menjadi candu bagi sebagian orang, ternyata bisa mengiritasi bagian dari system pernapasan internal. Akibatnya, lendir di produksi secara berlebih dan tentunya mudah memicu batuk.

  • Infeksi Kandidiasis

Candida merupakan jenis jamur yang ternyata dapat menyebabkan tenggorokan menjadi berlendir. Jamur tersebut akan menimbulkan infeksi sehingga lendir menjadi bertambah disertai bercak-bercak di area mulut lainya.

  • Alergi dengan Makanan

Seseorang yang memiliki alergi setelah mengkonsumsi makanan tertentu, dapat membuat area tenggorokanya menjadi gatal dan bahkan berlendir. Orang yang minum susu, biasanya mengalami hal seperti ini. Namun, beberapa makanan lain seperti telur, beras dan kedelai juga dapat menyebabkan tenggorokan menjadi lebih berlendir.

  • Bronkitis Akut

Penyakit berupa peradangan pada bagian tabung bronkial pada organ paru-paru, disebabkan oleh virus dan menyebabkan suara serak karena batuk berdahak dan tenggorokan menjadi berlendir dalam jumlah yang cukup banyak. Peradangan yang terjadi juga harus segera di obati.

Obat Penghilang Lendir di Tenggorokan

Sponsors Link

Mengalami kondisi tenggorokan yang berlendir, jika dibiarkan terus – menerus, akan membuat kita kurang nyaman. Maka dari itu, langkah sederhana pengobatan alami hingga mengkonsumsi obat khusus bisa dilakukan. Berikut ini uraian mengenai obat penghilang lendir di tenggorokan yang paling ampuh:

  • Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih yang umumnya dimiliki sebagian orang, dapat dimanfaatkan sebagai obat penghilang lendir di tenggorokan. Pastikan minyak kayu putih Anda memiliki kandungan esensial eucalyptus, yang ampuh untuk meredakan batuk hingga melonggarkan lendir di area tenggorokan agar mudah dikeluarkan.

  • Obat Dekongestan

Beberapa jenis obat dengan kandungan dekongestan, di jual bebas di apotek. Jenis obat ini dapat membantu mengurangi lendir , khususnya yang mengalir dari area hidung. Lendir yang berlebihan bisa membuat dada sesak, sehingga obat ini akan bekerja untuk mengurangi infeksi atau pembengkakan di area hidung, kemudian membuka saluran udara.

  • Obat Ekspektoran

Obat dengan manfaat ekspektoran juga banyak dijual di apotek sekitar Anda. Umumnya, obat semacam ini tersedia dalam berbagai merek dan khusus digunakan untuk mengatasi batuk berdahak dan pilek berkepanjangan. Namun, masalah lendir di tenggorokan juga bisa diatasi, asalkan mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar.

  • Obat Luar (Balm Oles)

Merek obat luar oles seperti  Vicks Vaporub misalnya, juga bisa dimanfaatkan untuk membantu lendir di tenggorokan menjadi lebih cair dan mudah dikeluarkan. Oleskan dan gosokan balm ini di area dada serta leher hingga 3 kali setiap hari.

  • Obat Resep Dokter

Jika Anda merasa kurang nyaman dengan adanya lendir yang menumpuk di area tenggorokan Anda, sebaiknya segera periksa ke dokter. Dokter umumnya akan memberikan obat resep tertentu yang sesuai dengan keluhan Anda.

Selain beberapa obat penghilang lendir di tenggorokan di atas, Anda juga dapat memanfaatkan obat alami. Minum air putih hingga berkumur dengan garam juga dapat membantu mengencerkan lendir, sehingga mudah dikeluarkan. Sebaiknya Anda mengkonsumsi obat penghilang lendir di tenggorokan sesuai dengan anjuran yang berlaku, agar mempercepat proses kesembuhan.

, ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan