Sponsors Link

4 Cara Mengobati Ingus Berwarna Coklat Terbukti Berkhasiat Ampuh

Sponsors Link

Sebelum kita membahas mengenai bagaimana cara mengobati ingus bewarna coklat, tentunya anda harus mengetahui terlebih dahulu definisi atua pengertian dari ingus. Perlu anda tahu bahwa ingus merupakan sebuah lendir kental yang diproduksi di dalam mukosa. Ingus sebenarnya merupakan lendir yang dibutuhkan oleh hidung untuk tetap menjaga kelembapannya.

ads

Akan tatapi, jika produksi ingus tersebut berlebihan tentunya akan menjadi sebuah masalah karena akan semakin lama semakin mengental dan menumpuk di dalam rongga hidung. Ketika ingus tersebut sudah mulai menginfeksi dan menyebabkan peradangan, maka bisa berubah warna seperti yang telah dijelaskan pada penyebab ingus berwarna kuning.

Maka dari itu, kondisi ini tidak bisa dianggap remeh begitu saja karena akan semakin fatal dan bisa mengakibatkan anda mengalami berbagai macam penyakit. Selain itu, ingus yang semakin lama tidak diobati maka akan semakin menginfeksi sehingga kemudian akan berubah warna menjadi kecoklatan.

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara mengobati ingus berwarna coklat, Di bawah ini merupakan beberapa penyakit yang bisa anda alami yang berhubungan dengan ingus berwarna coklat:

1. Sinusitis

Penyakit yang bisa anda alami ketika anda menderita ingus berwarna coklat adalah sinusitis. Sinusitis atau yang juga dikenal dengan penyakit sinus merupakan sebuah penyakit dimana terjadinya sebuah peradangan yang terdapat pada rongga sinus dikarenakan adanya bakteri maupun virus yang telah menginfeksi.

Perlu anda tahu bahwa sinusitis merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan penderitanya meninggal jika lendir atau ingus yang sudah menumpuk di rongga sinus tidak segera diobati.

2. Rhinitis

Penyakit yang juga kemungkinan bisa anda alami karena masih ada kaitannya dengan ingus bewarna coklat adalah rhinitis. Jika sinusitis merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada bagian rongga sinus, maka untuk rhinitis peradangan atau inflamasi yang terjadi adalah terletak di selaput hidung.

Faktor utama yang menyebabkan seseorang menderita rhinitis adalah karena infeksi dari bakteri maupun terkena alergi yang tidak kunjung diobati sehingga akan menyebabkan lendir berubah warna menjadi kecoklatan dan mempunyai tekstur yang lebih kental.

3. Polip Hidung

Penyakit lainnya yang masih ada kaitannya dengan ingus berwarna coklat adalah polip hidung. Perlu anda tahu bahwa polip hidung merupakan sebuah penyakit yang hampir mirip dengan kanker (namun bukan kanker) dimana terjadi benjolan yang membesar dan tumbuh di dalam hidung sehingga kemudian bisa mengakibatkan terganggunya sistem pernapasan.

Meskipun kondisi ini tidak terlalu berbahaya karena memang bukan termasuk kanker, namun seseorang yang menderita akan mengalami gejala atau kondisi seperti ia sedang menderita pilek atau flu serta akan mengeluarkan lendir atau ingus berwarna coklat untuk kasus yang lebih parah.

Cara Mengobati Ingus Berwarna Coklat

Setelah kita mengetahui tentang apa saja penyakit yang mungkin bisa menyebabkan anda mengalami ingus berwarna coklat, maka selanjutnya anda harus mengetahui tentang bagimana cara mengobati ingus berwarna coklat.

Sponsors Link

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Cara mengobati ingus berwarna coklat yang pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih. Seperti halnya ingus pada umumnya, air putih juga bisa anda gunakan untuk membantu mengobati ingus berwarna coklat karena kandungan yang ada di dalam air putih tersebut dipercaya mampu meredakan serta mencairkan lendir yang menumpuk di dalam rongga hidung anda.

Usahakan untuk meminum air putih sebanyak kurang lebih 7 gelas dalam sehari secara rutin agar supaya lendir yang menjadi sebab anda mengalami berbagai masalah bisa semakin mereda sehingga anda tidak kesulitan untuk bernapas.

2. Menggunakan Ramuan Herbal

Cara mengobati ingus berwarna coklat yang kedua adalah dengan membuat sebuah ramuan herbal. Tentu anda sudah tahu bahwa dengan menggunakan ramuan herbal, maka anda tidak akan sampai mengalami efek samping seperti ketika anda mengkonsumsi obat – obatan yang mengandung bahan kimia.

Ada banyak pengobatan herbal yang bisa anda lakukan seperti dengan jahe yang anda campurkan dengan bahan lainnya seperti madu atau lemon. Jahe memiliki sifat untuk menghangatkan serta juga akan membuat lendir atau ingus berwarna coklat akan mencair karena jahe maupun juga madu memiliki efek anti inflamasi atau anti peradangan yang sangat berguna untuk menyembuhkan ingus anda. Anda juga bisa mendapatkan tentang pengobatan lainnya dengan membaca khasiat bawang merah untuk batuk dan khasiat nanas untuk batuk.

Sponsors Link

3. Melakukan Terapi Uap Air

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengobati ingus berwarna coklat adalah melakukan terapi uap air. Adapun cara yang harus anda lakukan untuk melakukan terapi uap ini adalah sebagai berikut:

  • Siapkan air sebanyak dua sampai dengan tiga gelas
  • Kemudian anda masukkan ke dalam panci dan anda masak menggunakan api yang tidak terlalu besar. Jangan lupa untuk menutup pancinya.
  • Jika sudah mendidih, matikan kompor dan kemudian anda buka tutup panci tersebut.
  • Nanti anda akan melihat banyak uap yang keluar dan anda harus langsung menghirupnya.

4. Meminum Obat – Obatan Medis

Jika ketiga cara mengobati ingus berwarna coklat masih belum menunjukkan tanda – tanda kesembuhan, maka cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsusmi obat – obatan medis. Minum obat tersebut secara rutin dan disarankan pada waktu yang sama untuk semakin meningkatkan khasiatnya.

Selain itu, anda juga harus menghindari beberapa makanan yang dihindari saat flu dan makanan yang dilarang saat batuk agar tidak sampai membuat kondisi yang anda alami tidak kunjung sembuh.

Demikian informasi dari kami tentang cara mengobati ingus berwarna coklat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semuanya. Terimakasih.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan