Sponsors Link

Apakah Bagus Pijatan Untuk Meredakan Batuk Pada Anak? Bagaimana Caranya?

Sponsors Link

Jika batuk, salah satu metode penyembuhan yang dapat dilakukan yaitu berupa pijatan untuk meredakan batuk pada anak. Cara ini bisa jadi salah satu cara yang jarang digunakan oleh orang tua untuk meredakan penyakit batuk karena amandel pada anak-anak. Karena tidak banyak orang tua yang memahami tekniknya dan bagaimana cara untuk melakukan teknik pemijatan yang benar. Terutama karena tidak banyak informasi yang tersedia untuk memberikan pengetahuan tentang hal tersebut. Oleh sebab itu supaya dapat memberikan informasi yang lengkap, berikut ini sedikit penjelasan mengenai pijatan untuk meredakan batuk pada anak.

ads

Keuntungan melakukan Pijatan Saat Batuk

Jika anak tiba-tiba terserang batuk kering disertai muntah, sebaiknya jangan panik dulu. Tidak perlu langsung mencari obat di apotik atau berencana pergi ke dokter. Lakukan cara yang sederhana ini namun cukup manjur, yaitu dengan memberikan pijatan pada tubuh anak. Umumnya teknik ini tidak banyak digunakan, namun tanpa disadari ternyata memijat anak yang sedang batuk dapat memberikan manfaat, antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Membantu melegakan bagian tubuh yang terganggu karena batuk, terutama otot tubuh yang berkontraksi maksimal saat sedang mengalami batuk. Dengan pijatan maka otot menjadi lebih relaksasi dan tidak terasa sakit berkelanjutan.
  • Pijat di titik tertentu dapat membantu meredakan batuk yang mengganggu. Terutama di saat malam hari. Dengan memberikan pijatan sebelum tidur, maka batuk dapat dihindari dan anak dapat tidur dengan nyenyak.
  • Pijatan merangsang rasa lega pada sistem pernafasan sehingga dapat membantu mengencerkan dahak dan mengeluarkan lendir jika dilakukan dengan tepat. Dengan memberikan pijatan maka tubuh menjadi lebih relaks dan dapat membantu pemulihan batuk yang lebih optimal.

Cara Memijat

Melakukan pijatan untuk menyembuhkan batuk ketika tidur telentang tidak dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa teknik pijat tertentu yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi batuk pada anak. Untuk lebih jelasnya, berikut ini teknik dan cara pijatan untuk meredakan batuk pada anak yang tepat dan efektif:

1. Pijat Refleksi Di Kaki

Untuk mengetahui titik pijat refleksi si kaki, gunakan petunjuk gambar pijat refleksi yang benar. Terutama titik untuk meredakan batuk yang paling tepat. Umumnya pada titik pijatan di kaki yang paling manjur yaitu dengan menekan telapak kaki di area di dekat ibu jari dan di tengah telapak kaki. Itu merupakan titik pijat refleksi kaki yang dipercaya dapat meredakan batuk sekaligus melegakan pernafasan yang tersumbat oleh dahak. Sehingga dengan memijat area tersebut maka gejala batuk berdahak disertai hidung tersumbat dapat berangsur-angsur berkurang.

Cara memijat area ini dengan menekan titik tersebut dengan bantuan alat pijat refleksi. Atau minta terapis yang berpengalaman untuk menekan titik tersebut selama beberapa saat. Ulangi untuk beberapa kali supaya pijatan dapat memberikan hasil yang maksimal. Dengan demikian maka batuk dapat berkurang dengan sendirinya secara perlahan.

2. Pijat Di Badan

Selanjutnya dapat pula dengan cara melakukan pijatan di area badan. Terutama di area punggung dan dada untuk memberi rasa nyaman. Jika perlu sebaiknya berikan juga olesan minyak kayu putih yang dicampur irisan bawang merah. Balurkan dan pijat seluruh area dada dan punggung anak dengan perlahan. Dengan demikian biasanya pernafasan anak menjadi lebih lega dan lendir yang mengganggu dapat dikeluarkan. Sehingga batuk disertai demam tinggi yang umumnya menyertai juga dapat turun secara alami.

3. Pijat Telapak Tangan

Sponsors Link

Langkah selanjutnya yaitu dengan menekan titik pijat refleksi di tangan. Pijat bagian dalam ujung ibu jari kanan dan kiri. Lantas pijat bagian telapak tangan di bagian bawah ibu jari. Dengan memijat bagian tersebut maka aliran darah akan menjadi lancar dan batuk kering dapat mereda.

Kelemahan Teknik Pijatan

Menggunakan pijatan dalam meredakan batuk memang merupakan cara alami yang tanpa efek samping. Namun demikian ada beberapa kelemahan jika menggunakan metode ini. Sebenarnya kelemahan tersebut tidak berbahaya, untuk lebih jelasnya berikut ini kekurangan menggunakan pijat dalam mengatasi batuk:

  • Sembuh lebih lama, karena pijatan hanya membantu mengurangi gejala batuk namun tidak mengatasi sumber penyakitnya. Karena itu sebaiknya tetap kombinasikan dengan obat pereda penyebab batuk kronis supaya dapat memperoleh kesembuhan yang maksimal.
  • Perlu dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian atau kompeten dalam hal ini. Karena jika tidak maka bisa saja terjadi salah pijat dan malah berakibat fatal seperti misalnya salah urat atau sakit pada otot tubuh makin parah.
  • Tidak semua jenis pijat dapat dilakukan begitu saja, namun perlu teknik yang benar untuk membantu kesembuhan batuk yang lebih maksimal. Sehingga sebaiknya pelajari dahulu teknik pijatan yang benar sebelum melaksanakannya.

Itulah tadi beberapa informasi tentang pijatan untuk meredakan batuk pada anak. Sebagai salah satu cara yang alami tentunya pijatan ini minim efek samping dan lebih banyak manfaatnya dibanding memakai pengobatan medis yang bisa jadi memiliki banyak efek samping lainnya ke tubuh anak. Dengan memahami cara memijat yang benar, tentunya akan cukup mudah untuk memberikan pijatan pada anak di kala anak terserang batuk karena minum es, baik itu batuk kering maupun batuk berdahak. Sehingga akitivitas anak tidak lagi terganggu dan prestasi belajar anak dapat tetap maksimal.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan